Self Reward Itu Penting, Ini Alasannya!

Self Reward Itu Penting, Ini Alasannya!

Self reward, salah satu bahasa dari mencintai diri sendiri | Sumber: Unsplash (Jackson David)

Akhir-akhir ini, istilah “self reward” sering terdengar di kehidupan sosial, apakah SohIB juga sama? Diambil dari dua kata bahasa Inggris, self adalah diri, sedangkan reward berarti hadiah. Sehingga, bila digabungkan, self reward mempunyai arti kegiatan yang memberikan penghargaan pada diri sendiri. Apa sih, tujuannya?

Kenapa Self Reward Penting?

Bagi seorang pekerja, sudah seharusnya mendapatkan gaji sebagai hak dan imbalan dari kantornya. Namun, tidak semua orang rupanya cukup bahagia ‘hanya’ dengan menerima salary-nya. Bisa jadi, ia memiliki prioritas yang cukup banyak, sehingga tidak sempat memberikan kesenangan pada diri sendiri.

Bentuk kebahagiaan orang memang masing-masing ya, SohIB! Namun, yang terpenting adalah jangan lupa untuk memikirkan diri sendiri. Self reward bisa menjadi reminder bagi kita, bahwa kamu telah bekerja dengan tekun, karena itu perlu apresiasi pada diri. Hati yang senang tentunya akan melahirkan dampak yang positif, seperti bekerja lebih giat, bersemangat, dan kepercayaan diri tumbuh

Ini juga salah satu cara seseorang melakukan self love. Kepuasan batin untuk memenuhi kewajiban dan terpenuhi haknya merupakan sesuatu yang penting dan mahal bagi jiwa kita. Mental SohIB akan lebih sehat dan juga lebih menghargai proses dalam mendapatkan sesuatu. Oleh sebab itu, bila kita membeli suatu barang dari hasil kerja keras kita sendiri, tentu rasanya akan berbeda, bukan?

Oh iya, btw, self reward tidak hanya ditujukan untuk pekerja saja, ya! Ibu rumah tangga, orang tua, pelajar, dan siapapun berhak membahagiakan dirinya. 

Baca juga: Work Life Balance Penting, Tetapi Sering Diabaikan

Boros Berkedok Apresiasi Diri

Once again, menghadiahkan diri bukan berarti kita harus berlebihan ya, SohIB! Misalnya, self reward kamu adalah beli motor, tetapi kondisinya penghasilanmu masih minim. Nah, hal-hal seperti ini harus dipertimbangkan lagi. Meskipun saat ini ada banyak pilihan dan kemudahan untuk sistem simpan pinjam dan cicilan, apakah kamu yakin itu tidak memberatkan?

Banyak orang yang justru terjebak dengan kata “apresiasi diri” dengan jalan yang kurang bijaksana dan justru merugikan. Akan lebih baik apabila SohIB membuat pengaturan yang tepat, seperti menabung jangka panjang atau memilih hal lain yang juga menyenangkan tetapi mudah dijangkau. Dengan demikian,  self reward masih pada “jalurnya”.

Apa Saja Contoh Self Reward?

Me time adalah salah satu bentuk self reward | Sumber: Unsplash (Alisa Anton)

Menghadiahkan diri sendiri dengan sesuatu yang kita sukai dapat dengan berbagai cara, ya! Nggak semata-mata harus beli sesuatu. Inti dari self reward adalah kebahagiaan diri. Berikut ini adalah contohnya!

Liburan

Beberapa rekan kerja kita mungkin ada yang sering memposting foto atau kabar tentang jalan-jalan. Kalau bahasa gen Z sekarang, namanya healing! Nah, bisa jadi, bentuk apresiasi diri mereka adalah berjalan-jalan, guys! Bila demikian, jangan lupa siapkan budget yang cukup dan pilih waktu yang tepat. Pada beberapa season, SohIB bisa berkesempatan mendapatkan promo dan tiket yang lebih terjangkau, lo!

Mengembangkan Hobi

Hobi memanglah kegiatan yang membuat happy! Nggak heran, banyak orang rela mengeluarkan biaya untuk mengembangkan kegemarannya itu. Ngomong-ngomong, hobi bisa bermacam-macam ya, seperti mengoleksi action figure, ikut kelas self development, memasak, berkebun, olahraga dan lain sebagainya.

Membeli Sesuatu

Yup, berbelanja bisa menjadi healing time sekaligus self reward, selama masih dalam batas aman dan tidak membuatmu pusing dengan tagihannya. SohIB mau beli apa nih, untuk hadiah bulan ini?

Berinvestasi

Generasi milenial sekarang banyak lo, yang sudah sadar investasi sejak dini! Apalagi, banyak instrumen investasi yang bisa kita pilih dan mudah diakses via online. Apa saja? Ada emas, deposito, reksa dana, saham, obligasi, sukuk, hingga P2P Lending. Yang terpenting, pelajari baik-baik sebelum melakukannya!

Baca juga: 5 Instrumen Investasi untuk Pemula, Pilih yang Mana?

Istirahat yang Cukup

Eits, jangan salah! Mencurahkan perhatian penuh pada tugas yang sedang dikerjakan dan berkomitmen agar menyelesaikan tepat waktu juga terhitung sebagai self reward. Tentu saja, tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup. Pekerjaan yang sudah selesai membuat kita memiliki kesempatan bersantai lebih panjang.

Gimana SohIB, udah paham kan, self reward itu apa? Yuk, sayangi diri sendiri dengan menghadirkan kejutan yang baik untuk kita. Masa iya sih, orang lain saja yang kita beri kado? Hayo, kapan terakhir kamu mengapresiasi diri sendiri, minimal dengan mengucapkan terima kasih?

Baca juga: Dunning-Kruger Effect, Nama Lain untuk Si Sok Pintar!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)