Mau Career Switch? Perhatikan Dulu Poin Ini!

Mau Career Switch? Perhatikan Dulu Poin Ini!

Tentukan rancangan kariermu dengan matang | Sumber: Unsplash ( Estée Janssens)

Career switch adalah keputusan seseorang untuk merubah profesinya menjadi pekerjaan yang baru. Diambil dari bahasa Inggris, career adalah karier, sedangkan switch berarti berubah. Nah, selama pandemi COVID-19, banyak banget lo, pekerja yang melakukan career switch!

Contohnya, beberapa waktu lalu, viral seorang mantan chef dari hotel ternama, kemudian ‘banting setir’ membuka warung makan di rumahnya. Otomatis, ia tidak ‘hanya’ bertindak sebagai koki saja, tetapi juga marketing untuk memasarkan produknya. Cerita lainnya, ada juga yang dulunya bekerja sebagai tenaga medis, lalu berubah menjadi artis di dunia hiburan.

Alasan melakukan hal ini bisa bermacam-macam, guys. Misalnya bosan dengan bidang yang digelutinya, kondisi lapangan pekerjaan yang dinamis, situasi darurat, butuh penghasilan lebih, hingga sebagai sarana mengembangkan diri.

Ada beberapa orang yang berpikir bahwa berkarier di dunia yang disenanginya merupakan berkah. Namun, dunia yang bergerak sangat cepat bisa jadi tidak bisa men-support ‘idealismenya’ terus-menerus. Sehingga, nggak mudah untuk bertahan di satu titik saja.

Berbicara masalah pekerjaan memang sama seperti panggilan jiwa. Karena kegiatan inilah yang akan kita hadapi sehari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun lamanya. Oleh sebab itu, saat seseorang memutuskan untuk melakukan career switch, banyak yang perlu dipertimbangkan.

Tak hanya itu saja, rasa cemas, takut, dan nggak siap juga wajar menghantui kita, lo! Namanya juga perubahan besar, siapa sih, yang enggak deg-degan? So, apa saja yang harus kita persiapkan sebelum career switch, ya?

Baca juga: Sudahi Mimpi Burukmu! 4 Cara Hadapi Lingkungan Kerja Toxic

Be Ready for The Big Changes!

Tentu saja, mempersiapkan diri adalah yang pertama untuk SohIB lakukan. Bagaikan menaiki kapal di tengah lautan, pahamkan diri bahwa kita akan segera merubah haluan. Ini penting agar kamu tidak merasa shock yang akan mempengaruhi kesehatanmu.

Dengarkan suara hati dengan jujur, mengapa ingin berganti pekerjaan? Alasan yang kuat akan membuat seseorang lebih tegar menghadapi ujian sebagai konsekuensi dari keputusannya. Bisa saja, career switch berarti memulai lagi dari nol, sehingga jangan sampai kita akan mudah menyerah di tengah jalan nantinya.

Oiya, dana darurat juga perlu dipersiapkan ya, SohIB! Banyak pekerja yang tidak langsung mendapatkan pekerjaan begitu mereka mengundurkan diri. Karena itu, selama proses peralihan ini, kamu harus memastikan bahwa kebutuhan masih bisa di-back up

Asah Terus Kemampuanmu

Salah satu cuplikan kelas bersama SohIB Indonesia Baik | Dok. SohIB

Belajar tidak akan pernah usai hingga tutup usia, terlebih lagi apabila SohIB sudah bertekad untuk berada di bidang baru. Bekali diri dengan pengetahuan yang luas dan pelatihan yang menunjang hingga mencapai level karier yang sudah cukup untuk career switch. Jika SohIB mengincar posisi sebagai content writer yang tadinya jurnalis, cari tahu apa saja kemampuan yang diperlukan, seperti SEO, keyword analyst, dan lainnya. 

Beberapa platform sudah menyediakan banyak course atau sertifikasi kompetensi yang bisa SohIB ikuti, salah satunya kelas-kelas upskilling dari Kak Ibe, ada yang sudah pernah join?

Baca juga: SohIB Berkelas "Pembuatan Konten Infografis Berbasis Data"

Tetapkan Tujuan Karier

Bersamaan dengan teknologi, dunia profesi juga terus berputar, guys. Banyak pekerjaan yang akhirnya mati karena tidak bisa mengikuti arusnya yang cepat dan tak sedikit jua kesempatan karier baru bermunculan. Bila dulu orang mengirimkan surat melalui kantor pos, bayangkan berapa banyak yang masih melakukan hal tersebut sekarang?

Cari tahu peluang kerja yang bisa kamu pilih dan mampu dijalani. Saat ini, beragam informasi seputar prospek pekerjaan mudah kok, untuk ditemukan! Dengan demikian, perubahan yang kita sedang perjuangkan tidak membuat SohIB justru semakin kesulitan.

Branding Diri Itu Penting!

Nggak bisa dipungkiri, ketatnya persaingan antarpelamar membuat proses perekrutan semakin panjang. Biasanya, HRD akan lebih mempertimbangkan mereka yang memiliki pengalaman sebidang dengan jobdesk yang dibutuhkan perusahaan.

Inilah pentingnya bagi kita selain aktif mengembangkan kemampuan, juga merepresentasikan diri dengan baik. Menjalin pergaulan yang luas sangat direkomendasikan, terutama dengan mereka yang berada di pekerjaan yang sedang SohIB incar. Membangun image baru berguna untuk meyakinkan lingkunganmu bahwa kamu siap menjadi seseorang yang baru.

Baca juga: Instagram untuk Branding Produk, Memang Bisa?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)