Menelusuri Warisan Kartini: 7 Perempuan Inspiratif Indonesia yang Mendunia

Menelusuri Warisan Kartini: 7 Perempuan Inspiratif Indonesia yang Mendunia

Menelusuri Warisan Kartini: 7 Perempuan Inspiratif Indonesia yang Mendunia

Nama R.A. Kartini bukan menjadi nama yang asing bagi bangsa Indonesia. Sebagai salah satu pahlawan perempuan Indonesia tanggal 21 April telah ditetapkan sebagai peringatan Hari Kartini. Adanya peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan kita akan perjuangan Kartini yang membuka pintu kesetaraan bagi perempuan Indonesia. Warisan perjuangan Ibu R.A. Kartini yang tak ternilai ini memberikan dampak dampak dan inspirasi yang tidak hanya terbatas di dalam negeri, tetapi juga melintasi batas-batas internasional. 

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak perempuan Indonesia yang berhasil menembus batas-batas keberhasilan di kancah internasional. Dari dunia seni hingga politik, dari bidang teknologi hingga aktivisme sosial, nama-nama perempuan Indonesia terus muncul sebagai tokoh-tokoh yang menginspirasi banyak orang di berbagai belahan dunia

Berikut adalah sejumlah tokoh perempuan inspiratif Indonesia yang menorehkan prestasi gemilang:

  • Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Indonesia
Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Indonesia (Sumber: Voi.id)

Nama menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah tidak asing lagi terdengar di dunia ekonomi, baik di dalam maupun luar negeri. Prestasinya dalam mengelola keuangan negara, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan mengentaskan kemiskinan sudah tidak perlu diragukan. Selain itu, ia juga pernah mendapatkan Penghargaan Wharton School, Best Minister in the World dari World Government Summit, dan masuk ke 100 wanita paling berpengaruh di dunia oleh majalah Forbes. Dari berbagai prestasi tersebut dapat membuktikan bahwa beliau merupakan sosok yang inspiratif, berintegritas, dan memiliki pengaruh kuat baik dalam negeri maupun luar negeri.

  • Retno Marsudi

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia
Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia (Sumber: Kompas.com)

Masih dalam menteri perempuan Indonesia, nih, SohIb, yaitu Ibu Retno Marsudi. Sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia, beliau memiliki peran penting dalam diplomasi luar negeri. Bu Retno berhasil membawa diplomasi Indonesia menjadi semakin bermartabat dan mendunia seperti melalui  keberhasilan Indonesia dalam menjalankan Presidensi G20 pada tahun 2022, serta saat memegang Keketuaan ASEAN pada tahun 2023. Selain pernah menerima Penghargaan PBB untuk Perdamaian Keturunan Manusia, beliau juga menerima penghargaan Medali Emas Kemerdekaan Pers dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Jakarta.

  • Susi Susanti

Susi Susanti, Atlet Bulu Tangkis Indonesia
Susi Susanti, Atlet Bulu Tangkis Indonesia (Sumber: Kompas.com)

Berbeda bidang dari kedua wanita sebelumnya, kali ini Susi Susanti datang dari bidang olahraga. Sebagai tokoh legendaris atlet bulu tangkis wanita, banyak orang yang mengatakan bahwa Susi merupakan salah satu pemain tunggal putri terhebat sepanjang masa. Prestasinya dalam bidang olahraga tidak akan pernah terlupakan oleh masyarakat Indonesia. Beliau pernah meraih medali emas dalam Olimpiade Barcelona tahun 1922 dan medali perunggu pada Olimpiade Atlanta 1996.

  • Najwa Shihab

Najwa Shihab, Jurnalis
Najwa Shihab, Jurnalis (Sumber: IDN. Times)

Terkenal sebagai jurnalis dan juga aktivis media, Najwa Shihab memberikan inspirasi bagi banyak perempuan. Beliau terkenal sebagai sosok perempuan dengan keberanian dan ketangguhan dalam mewakili suara rakyat serta menyampaikannya kepada para pejabat publik. Beliau telah banyak mendapatkan penghargaan atas karya-karya nya di bidang jurnalisme, seperti Penghargaan Presenter Current Affair & News pada tahun 2017. Selain menjadi presenter, saat ini Najwa Shihab juga memiliki medianya sendiri, yaitu Narasi TV.

  • Dee Lestari

Dee Lestari, Penulis
Dee Lestari, Penulis (Sumber: Gramedia)

Masuk pada bidang sastra, nama Dee Lestari menjadi salah satu nama penulis terkenal dengan karya-karyanya, yaitu “Perahu Kertas” dan “Supernova”. Selain aktif menulis beliau juga dikenal sebagai aktivis dan advokat yang memperjuangkan isu-isu penting seperti pendidikan, literasi, dan lingkungan. Beliau pernah meraih Penghargaan Khatulistiwa Literary Award dan The Best of The Best Penghargaan Buku Gramedia.

  • Dr Carina Joe

Dr. Carina Joe, Ilmuwan
Dr. Carina Joe, Ilmuwan (Sumber: BBC)

Nama Carina Joe mungkin masih belum terlalu sering terdengar di telinga kita. Namun, beliau memiliki jasa yang sangat besar untuk kehidupan manusia. Apakah kamu tahu jasa beliau termasuk dalam bidang apa, SohIb? Sesuai dengan gelarnya, beliau memiliki jasa dalam bidang kesehatan. Dr. Carina Joe merupakan seorang ilmuwan yang mendapatkan Penghargaan Kebangkitan Medis dari Presiden Indonesia karena menjadi inovator dan bagian dari produksi vaksin Oxford-AstraZeneca yang menjadi vaksin paling banyak diproduksi di dunia. Wah, keren sekali ya!

  • Angkie Yudistia

Angkie Yudistia, Aktivis Disabilitas
Angkie Yudistia, Aktivis Disabilitas (Sumber: JPPN.com)

Tidak kalah keren dari enam perempuan sebelumnya, Angkie Yudistia merupakan aktivis sosial, seorang pengusaha, dan filantropis. Angkie mendirikan Rumah Faye sebagai bentuk kontribusi sosialnya untuk membantu anak-anak penderita kanker. Beliau pernah meraih Penghargaan Kartini Next Generation dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Itulah ketujuh perempuan inspiratif Indonesia dengan karya dan jasanya yang mendunia. Kehadiran ketujuh perempuan tersebut tentunya tidak lepas dari jasa R.A. Kartini dalam menyuarakan emansipasi wanita. Oleh karena itu, sebagai perempuan Indonesia mari sama-sama kita hargai perjuangan R.A. Kartini dengan belajar dengan giat dan mencetak prestasi untuk negeri.

Mari berkontribusi bagi Indonesia dan sebarkan berita positif bagi sesama. Ayo jadi bagian dalam gerakan Indonesia Baik dengan bergabung bersama Komunitas Sobat Hebat Indonesia Baik (SohIB) di sini. Ikuti juga Instagram @Indonesiabaik.id dan @id_sohib untuk informasi lengkap lainnya.

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)