Mengenal Rohingya, Etnis yang Dikucilkan dari Myanmar

Mengenal Rohingya, Etnis yang Dikucilkan dari Myanmar

Ilustrasi pengungsi di sebuah wilayah | Sumber: Unsplash (Amir Arabshahi)

Hai, SohIB! 

Pada pertengahan November 2023, ratusan pengungsi dari Rohingya berlabuh ke Aceh untuk meminta perlindungan. Disebutkan dalam BBC, badan PBB yang menangani tentang pengungsi atau UNHCR telah mencatat bahwa sebanyak 1.075 pengungsi etnis Indo-Arya tersebut datang dengan enam gelombang.

Hanya saja, mengapa keberadaan mereka dianggap meresahkan masyarakat? Siapakah pengungsi Rohingya? Simak terus artikel ini ya, SohIB!

Mengenal Pengungsi Rohingya, Kaum Minoritas Tanpa Identitas

Rohingya adalah kelompok etnis minoritas muslim yang sudah menetap sejak berabad-abad di Myanmar, yang mana negara pemeluk agama Buddha. Meskipun telah lama tinggal di sana, etnis ini tidak diakui oleh pemerintah Myanmar secara resmi sejak tahun 1982.

Kala itu, pemerintah Myanmar menerbitkan Undang-Undang Kewarganegaraan dan Rohingya tidak masuk ke dalamnya.

5 Hal yang Sering Hilang Saat Menjadi Dewasa, Kamu Berhak Bahagia!

Dikutip dari situs UNHCR, di bulan Agustus 2017, terdapat serangan bersenjata, kekerasan berskala besar, dan pelanggaran hak asasi manusia yang serius di Rakhine, Myanmar. Momen itu telah menelan ratusan ribu jiwa Rohingya, termasuk anak-anak. Peristiwa inilah yang menjadi titik balik, yang kemudian memaksa ribuan warga Rohingya meninggalkan kampung halamannya tersebut untuk mencari perlindungan.

Mereka mengarungi hutan dan perjalanan laut yang berbahaya, melintasi Teluk Benggala untuk menuju ke Bangladesh. Tercatat lebih dari 960 ribu orang menetap di sana dan mayoritas tinggal di wilayah Cox Bazar, sebagai lokasi kamp pengungsian terbesar di dunia. PBB menggambarkan etnis tersebut sebagai “Minoritas yang paling teraniaya di dunia.”

Karena tidak mempunyai kewarganegaraan, tentunya suku Rohingya tidak berhak atas hak-hak dasar dan perlindungan. Mereka juga rentan akan kekerasan seksual, pelecehan, dan eksploitasi.

Rohingya Mencari Perlindungan di Negara-Negara Tetangga

Peristiwa eksodus tahun 2017 membuat Rohingya mengungsi ke beberapa negara tetangga lewat jalur laut. Para pengungsi Rohingya didominasi oleh anak-anak dan perempuan.

Awalnya, Bangladesh adalah negara yang mereka tuju. UNHCR menjelaskan bahwa mayoritas, etnis tersebut tinggal di kamp pengungsi Kutupalong dan Nayapara di Cox’s Bazar, Bangladesh. Bagi SohIB yang belum tahu nih, tempat ini merupakan kamp pengungsian terbesar dan paling padat di dunia. 

Maraknya Kasus Perilaku Negatif dari Turis Asing, Jangan Ditiru

Selain Bangladesh, Malaysia juga turut menampung orang-orang tersebut, disusul kemudian Thailand, India, Indonesia, hingga Nepal. Namun, angka populasinya fluktuatif ya, SohIB.

Mengapa Rohingya Ditolak Kedatangannya di Indonesia?

Pada November 2023, ratusan pengungsi etnis Indo-Arya ini datang di Aceh dengan enam gelombang. Kemudian di awal Desember 2023, kedatangan lebih dari seratus orang Rohingya lagi menambah jumlah pengungsi yang datang ke Negeri Serambi Mekkah tersebut. Berbagai portal media memberitakan penolakan-penolakan masyarakat setempat terhadap kelompok itu. Mengapa?

Dilansir dari GoodStats, salah satu alasan warga setempat menolak dan meminta para imigran kembali naik kapal karena adanya perilaku kurang baik dari Rohingya yang pernah terdampar sebelumnya. Selain itu, mereka juga tidak disiplin dengan norma-norma masyarakat setempat. Beberapa tahun yang lalu, pengungsi Rohingya ada yang melakukan tindakan kriminal dan berbuat ulah.

Namun, meski ditolak, warga aceh masih memberikan mereka bantuan berupa beras dan mie instan. Sayangnya, bantuan-bantuan tersebut sempat ditolak pengungsi Rohingya dan dibuang ke laut.

Intip Cara Perpanjang SIM Secara Online, Langsung Sat Set 

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

 

Sumber:

  • https://www.unrefugees.org/news/rohingya-refugee-crisis-explained/
  • https://www.bbc.com/indonesia/articles/cjkp8nkp0gyo
  • https://goodstats.id/article/ratusan-pengungsi-ditolak-di-aceh-mengapa-etnis-rohingya-tak-diakui-myanmar-yF1aR#:~:text=Salah%20satu%20alasan%20penolakan%20yang,Aceh%20Kombes%20Pol%20Joko%20Krisdiyanto.
  • https://www.voaindonesia.com/a/sekitar-170-pengungsi-rohingya-tiba-lagi-di-aceh/7381396.html