Liburan Sebentar Lagi, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi!

Liburan Sebentar Lagi, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi!

Liburan Sebentar Lagi, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi! | Sumber: Unsplash (Elton Sa)

Memasuki bulan Juli, biasanya akan menjadi momen menggembirakan bagi kita yang sedang menempuh jenjang sekolah dan perkuliahan. Mengapa? Karena bulan ini merupakan masa di mana liburan sekolah panjang telah dimulai. Apakah SohIB sudah merencanakan akan ke mana saja untuk bersenang-senang?

Bepergian memang sangat menyenangkan, terlebih lagi apabila bersama orang-orang tercinta. Namun, acapkali masalah kesehatan menghantui diri kita di musim liburan. Kali ini, kita akan membahas bersama-sama mengenai gangguan kesehatan yang bisa menyerang tubuh kita saat bepergian dan cara pencegahannya. Yuk, disimak artikelnya!

Baca juga: 5 Cara Sederhana Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau, Sudah Tahu?

Mabuk Perjalanan

Hayoo, siapa di sini yang sering mabuk darat? Gangguan kesehatan ini merupakan yang paling umum melanda banyak orang yang sedang dalam perjalanan darat, udara, maupun laut. Biasanya, kita akan merasakan mual, pusing, hingga muntah. Alasannya bisa banyak hal, seperti tubuh yang kurang fit, bau kendaraan, terguncang-guncang di sepanjang jalan, atau kurang terbiasa perjalanan lama.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah:

  • Tidak membaca buku atau handphone ketika berkendara. Usahakan pandangan untuk lurus ke depan atau melihat pemandangan. Bagi sebagian orang, bahkan menghadap ke samping untuk berbicara pun sudah membuat pusing.
  • Mengisap permen atau manisan agar mulut tidak kering. Disarankan juga untuk meminum banyak air putih dan memakan camilan ringan yang tidak memicu mual.
  • Mengonsumsi obat pereda mabuk perjalanan.

Baca juga: Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

Sembelit

Gangguan pencernaan juga masuk ke dalam list masalah kesehatan yang sering kita alami saat bepergian, sembelit salah satunya. Pemicunya bisa terjadi karena SohIB terlalu lama duduk dan jarang makan minum yang berserat untuk menghindari ke toilet terlalu sering.

Memang sih, tidak semua kamar kecil yang kita temui benar-benar terjaga kebersihannya. Akan tetapi, menahan buang air besar dan kecil terlalu sering tidak baik loh, SohIB! Solusinya, usahakan untuk tetap memakan makanan tinggi serat dalam jeda waktu tertentu. Misalnya, satu jam sebelum perjalanan agar menghindari ke toilet saat sudah di kendaraan dan saat beristirahat.

Bawalah bekal buah-buahan untuk perbekalan yang dagingnya tidak terlalu mengandung banyak air agar tubuh tetap mengonsumsi protein dan vitamin, tetapi juga tidak mudah ke kamar mandi. Dengan demikian, sistem pencernaan kamu juga tidak terganggu.

Diare

Namanya juga perjalanan, kita mungkin akan lebih sulit menghindari makanan dan minuman yang bersih karena bisa jadi sudah terkontaminasi. Hal ini bisa memicu masalah pencernaan lainnya, yakni diare. Gejalanya yakni mengalami buang air besar yang encer dan secara terus-menerus.

Diare bisa jadi bahaya loh, guys, karena dapat membuat tubuh menjadi kekurangan cairan dan lemas. Cara menghindarinya, biasakan untuk membeli makanan atau minuman yang sudah tersegel dalam kemasan. Gelas atau piring sendok di restoran juga belum tentu bersih, sehingga kita harus berhati-hati dalam memilih tempat bersantap.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Berkendaraan tanpa perlindungan diri yang maksimal tentu beresiko tinggi, ya! Terutama bagi pengemudi bermotor, situasi mudik yang chaos sangat mungkin membuat kita diterpa debu dan polusi di mana-mana. Nggak heran, ISPA menjadi penyakit ‘langganan’ di bulan-bulan mudik. Menurut Halodoc, virus atau bakteri ISPA menular melalui percikan air liur orang yang sudah terinfeksi atau benda yang sudah terkontaminasi virus ini. Tanda-tandanya mirip dengan flu atau batuk pilek, disertai sakit kepala dan hidung tersumbat.

Gunakan masker selalu saat sedang dalam perjalanan, jaga kebersihan, dan hindari menyentuh area wajah sebelum tanganmu sudah bersih, ya!

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Cacar Monyet, Waspada!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)