Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

Siapa yang setiap hari suka begadang? | Sumber: Unsplash (bruce mars)

Siapa SohIB di sini yang suka begadang? Saat ini, kebiasaan tidur terlalu malam memang menjadi ‘budaya’ terutama bagi anak-anak sekolah dan perkuliahan. Alasannya bisa banyak hal, seperti tugas yang menumpuk, belajar menjelang ujian, bermain gim, hingga tidur siang terlalu lama.

Menurut medis, setiap tubuh membutuhkan waktu tidur normal yang berbeda-beda, tergantung pada usia atau aktivitasnya. Sebagai contoh, bayi dan balita biasanya tidur hingga 15 jam sehari. Jam istirahat tersebut akan terus menurun seiring dengan pertambahan umurnya. Orang dewasa perlu tidur selama 7-9 jam setiap harinya.

Nah, ketika kita melawan jam biologis dengan begadang, dampak yang ditimbulkan untuk kesehatan mental dan jasmani tidak bisa disepelekan, lo! Padahal, ketika tubuh sedang beristirahat, selain bisa menstabilkan emosi dan meredakan stres, energi kita dapat pulih kembali. Memang sesekali kita terpaksa harus tidur lebih malam, tetapi jangan jadi kebiasaan, ya! Berikut ini adalah 5 efek buruk begadang untuk kamu semua, check di sini!

Baca juga: Ragam Aroma Essential Oil dan Manfaatnya

Mengantuk dan Kelelahan

Yes, poin pertama tentu sangatlah masuk akal! Layaknya korelasi antara “kurang makan, bisa membuat lapar,” kurang istirahat pun juga tentu membuat kita jadi mengantuk.

Bagi seseorang yang sedang memiliki waktu luang, tentu hal ini tidak terlalu masalah, tetapi bagi mereka yang ibu rumah tangga, bekerja, atau sedang sekolah, merasakan letih, lesu, lemas, dan mengantuk bisa jadi red alarm! Jika kita tidak bisa menahan beratnya mata agar tetap terjaga, aktivitas harian bisa terganggu dan berbahaya bagi yang mengendarai trasportasi.

Rentan Terserang Penyakit Berat

https://unsplash.com/photos/DjrtjX-obcE Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash
Tidur yang cukup sangat penting agar sistem imun tubuh tidak menurun | Sumber: Unsplash (Sharon McCutcheon)

Begadang bisa menyebabkan sistem imunitas tubuh menurun. Akibatnya, kita akan lebih mudah terkena penyakit, dari mulai gangguan hormon, kenaikan gula darah, sakit jantung, hingga alzheimer. Untuk kulit sendiri, begadang bisa membuat kulit wajah menjadi kendur dan mengalami penuaan dini.

Dampaknya mungkin tidak terlalu terasa dalam jangka waktu pendek, SohIB! Akan tetapi, potensi terserang penyakit berat bisa menjadi lebih besar di kemudian hari. Biaya pengobatannya tentu tidaklah murah dan membutuhkan extra effort dalam memulihkannya, bukan?

Baca juga: 5 Rekomendasi Portal Lowongan Kerja Tepercaya

Kenaikan Berat Badan yang Bertambah

Ketika kita sedang begadang, hampir tidak mungkin menghabiskan waktu malam tanpa asupan cemilan di dekat kita. Hal ini memang ada penjelasannya secara medis, yakni tidur terlalu malam memengaruhi metabolisme tubuh. Sehingga, nggak jarang SohIB akan gampang merasa lapar, lebih buruknya lagi bila kemudian memutuskan istirahat dalam jarak waktu yang berdekatan dengan selesai makan. Resiko obesitas pun membayangi kita.

Mood Tidak Stabil

https://unsplash.com/photos/Of8C-QHqagM Photo by Gift Habeshaw on Unsplash
Kurang istirahat dapat membuat orang mudah uring-uringan, lo! | Sumber: Unsplash (Gift Habeshaw)

Bukanlah hal baru saat seseorang begadang, bangun pagi pun bisa lebih sulit. Padahal, kualitas tidur yang baik juga mendorong diri kita untuk mempersiapkan hari dengan lebih baik dan produktif.

Bayangkan setelah bangun pagi, udara masih jernih dan sejuk. Menikmati suasana ini dengan secangkir minuman hangat dan membaca buku motivasi dapat membangkitkan mood yang stabil dan bersemangat memulai hari. Betul tidak?

Sulit Berkonsentrasi

Tidur larut malam, tapi besok ada ujian? Aduh, guys, jangan dilakukan, ya! Selain membuat kondisi tubuh kurang fit, otak pun bisa menjadi lebih lambat mencerna informasi karena sulit berkonsentrasi. Kalau hal ini malah membuat kita dapat nilai jelek, gimana dong?

Libido Turun

https://unsplash.com/photos/A7Um4oi-UYU Photo by Justin Follis on Unsplash
Gairah seks yang menurun bisa berkontribusi dalam ketidakharmonisan rumah tangga | Sumber: Unsplash (Justin Follis)

Di dunia pernikahan, ternyata begadang juga memiliki peran dalam keretakan hubungan, lo! Hah, kok bisa? Yes, seperti yang kita tahu, libido alias dorongan emosi seseorang untuk melakukan aktivitas seksual diperlukan demi menjaga keharmonisan rumah tangga. Namun, begadang bisa membuat hormon testosteron yang mengatur gairah seks lelaki menurun. Tak hanya itu saja, wanita bisa mudah kelelahan dan lebih sensitif akibat kurang istirahat.

Jadi, mulai hari ini, yuk, kita hilangkan pelan-pelan kebiasaan begadang! Mari kita atur kembali waktu dan kegiatan agar potensi tidur larut malam bisa semakin berkurang.

Baca juga: 7 Superhero Dengan Kekuatan Super Duper Aneh, Apa Saja, ya?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)