5 Cara Sederhana Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau, Sudah Tahu?

5 Cara Sederhana Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau, Sudah Tahu?

Beberapa teknik merawat rambut ini tidaklah sesulit yang dibayangkan, kok! | Sumber: Unsplash (George Bohunicky)

Tahukah SohIB, bila tidak hanya tubuh dan wajah saja yang perlu dirawat, melainkan juga rambut? Rambut yang terawat memiliki banyak efek baik lo guys, terutama agar kepala tidak mudah pusing. SohIB pernah mendengar penyakit kulit kepala dan rambut yang tampaknya sepele, tapi sangat mengganggu seperti gatal-gatal, ketombe, rambut bercabang, hingga rontok?

Nah, sebetulnya terdapat banyak kebiasaan baik yang jika diterapkan secara rutin bisa membuat mahkotamu sehat, cantik, nan kemilau, lo! Nggak harus perawatan yang mahal hingga ke salon kok, kamu bisa melakukan cara-cara sederhana berikut ini di rumah. Apa saja, ya?

1. Menyisir Rambut Setiap Hari

Cara menyisir rambut yang benar seringkali diabaikan, padahal kerontokan sering menjadi dampak dari salahnya menyisir rambut. Mulailah dari bagian ujung rambut saat menyisir, kemudian dari pangkal rambut.

Step ini tidak akan menyakiti rambut karena akan mengurangi kusut. Jangan lupa, sisir perlahan-lahan dan lakukan dengan sabar, ya! Di banyak kasus, terutama pemilik rambut panjang sering tidak sabar saat menyisir rambut mereka. Hasilnya rambut akan mudah patah dan rontok.

Baca juga: 7 Prospek Kerja di Jurusan Keperawatan, Sudah Tahu?

2. Gunakan Conditioner

Conditioner berfungsi untuk membuat rambut menjadi lembut dan lebih mudah diatur. Saat mengaplikasikan ke rambut yang basah, tunggu beberapa menit setelah penggunaan shampoo. Diamkan sesaat sebelum dibilas dengan air kembali. Dalam memilih conditioner, sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Pilih Shampoo yang Cocok

Seperti conditioner, shampoo pun harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sekarang ini terdapat banyak pencuci rambut yang diformulasikan sesuai dengan problemnya. Jangan lupa perhatikan juga jika shampoo mengandung zat yang berpotensi membuat rambut menjadi rusak. Mendapatkan shampoo yang cocok dengan rambut kita memang sebuah tantangan dan butuh kesabaran.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi adalah sumber dari segala kebaikan untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali rambut. Mengonsumsi asam lemak omega 3, zinc, biotin, hingga vitamin D akan membuat akar rambut menjadi kuat, merangsang pertumbuhan rambut, dan melembabkan.

5. Perhatikan Saat Mengecat dan Mencatok Rambut

Saat rambut sering dilakukan treatment seperti dicatok dan diwarnai, maka rambut juga lambat laun semakin melemah dan rusak. Tak ayal SohIB akan menjumpai rambut sampai bercabang dan kering parah, apalagi bila sering di-bleaching. Gunakan vitamin dan hair mask sebagai nutrisi tambahan untuk kesehatan rambut. Kemudian, hindari aktivitas catok dan mewarnai ini secara berlebihan agar tidak membuat rambut menjadi semakin parah masalahnya.

Baca juga: Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

Nah, itu dia guys, 5 cara merawat rambut agar tetap sehat dan cantik. Yang mana nih, yang sudah kamu lakukan? Bila kamu ada ide dan saran lainnya tentang haircare, boleh banget ya, berbagi pengalaman di sini! Siapa tahu bisa menjadi inspirasi teman SohIB lainnya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)