6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Wajah, Kamu Pernah?

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Wajah, Kamu Pernah?

Pernahkah kamu melakukan kesalahan ini terhadap kulit wajah? | Sumber: Unsplash (Camille Brodard)

Mencuci muka pada dasarnya adalah satu dari serangkaian perawatan wajah yang harus kita terapkan sehari-hari. Dianjurkan dilakukan pada pagi hari dan menjelang tidur, rutinitas yang satu ini memiliki banyak manfaatnya, lo! Selain menghindarkan dari jerawat dan komedo, beberapa sabun muka diformulasikan untuk membantu menyelesaikan problem tertentu, seperti kulit kering, kasar, dan tampak kusam.

Meski tampaknya mudah, ternyata masih banyak lo, SohIB, orang-orang yang melakukan kesalahan dalam mencuci muka. Alih-alih mendapatkan kebaikan dari aktivitas ini, justru bisa memperparah kondisi kulit kita. Maka dari itu, mari kita simak ringkasan berikut ini, tentang 6 kesalahan umum sering dilakukan saat mencuci wajah. Are you ready?

Salah Memilih Produk

https://unsplash.com/photos/vy1oY6ET11U Photo by Praveen kumar Mathivanan on Unsplash
Banyak yang membeli produk skincare tanpa tahu kegunaan dan kebutuhan kulitnya | Sumber: Unsplash (Praveen kumar Mathivanan)

Yup, dewasa ini, berbagai merek skincare menyediakan beragam jenis pencuci wajah yang disesuaikan dengan masalah yang ingin diatasi. Misalnya, pada facial foam yang mengandung tree tea extact cocok digunakan bagi mereka yang punya wajah berjerawat atau meradang. Lain hal lagi dengan pemilik kulit sensitif yang memerlukan lebih sedikit komposisi dan mengedepankan bahan alami agar tidak semakin mengganggu kulit.

Karena itulah, amat penting bagi kita untuk benar-benar selektif saat memilih produk pembersih wajah. Beberapa ingredient bisa jadi menjadi trigger bagi kulit. Oiya, jangan sampai nekat menggunakan sabun untuk badan pada muka, ya! Sebab, sabun untuk kulit selain wajah diciptakan dengan formulasi yang lebih kasar dan PH yang berbeda. Hal ini sangat memungkinkan membuat kulit semakin kering dan iritasi.

Baca juga: Arti Kepribadian Berdasarkan Warna Favoritmu

Lupa Membersihkan Make Up

Bagi SohIB yang senang merias wajah, sangat dianjurkan untuk melakukan double cleansing pada perawatannya. Membersihkan muka dengan facial foam saja tidaklah cukup, karena kotoran dan debu terkadang masih menempel pada kulit. Karena itulah, dahulukan dengan menggunakan micellar water, cleansing milk, cleansing balm, dan sejenisnya agar proses pembersihan semakin maksimal.

Cara melakukan double cleansing adalah usapkan kapas yang telah diberi cairan pembersih wajah (seperti yang sudah di-mention sebelumnya), bersihkan secara perlahan ke arah atas wajah, dan berikan sedikit penekanan saat mengusap. Ulangi hingga kapas tidak kotor lagi. Bila sudah selesai, gunakan sabun muka seperti biasa.

Menggosok Wajah dengan Handuk Secara Kasar

https://unsplash.com/photos/BB3dR-N5Npg Photo by Sven Mieke on Unsplash
Handuk memiliki tekstur kain yang kasar dan tidak cocok untuk kulit | Sumber: Unsplash (Sven Mieke)

Hayo, siapa SohIB di sini yang masih sering melakukan poin ke-tiga ini? Mengeringkan wajah dengan menggunakan kain yang bertekstur kasar seperti handuk dan digunakan bersamaan untuk anggota tubuh lainnya sangat tidak direkomendasikan, ya!

Selain dapat menyiksa elastisitas kulit, hal ini bisa memicu jerawat akibat bakteri yang mungkin ada pada kain tersebut. Daripada menggosok handuk di wajah, lebih baik tepuk secara halus dan merata hingga muka tidak basah lagi. Gunakan kain bertekstur ringan seperti micro-fiber atau facial tissue agar tidak merusak kulit.

Teknik Mencuci Wajah yang Salah

Adakah SohIB yang masih berpikir, bahwa menggosok-gosok kulit dengan tangan atau kain bisa berfungsi sama seperti exfoliating wajah? Duh, bila demikian, segera tinggalkan deh! Menggosokkan muka tanpa didasari teknik akan memperparah kondisi kulit dan bisa mengakibatkan keriput kecil, terutama dengan tipe kulit kering.

Tak hanya itu saja, apakah kamu sudah bisa memastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih saat menyentuh muka? Satu lagi, make sure saat membilas wajah, residu sabun jangan sampai tertinggal, ya! Selain berpotensi menjadi penumpukkan sampah di pori-pori kulit, sabun dengan komposisi tertentu bisa menyebabkan wajah semakin kering dan merasa perih.

Baca juga: Urutan Skincare Untuk Wajah yang Bercahaya

Perhatikan Suhu Air!

Pernahkah kamu mendengar tentang suhu air yang panas dapat membantu membuka pori-pori dan air dingin berpengaruh pada pori-pori agar menutup? Faktanya, ini hanyalah mitos belaka, sebab sebetulnya tidak ada otot yang dapat melakukan hal tersebut.

Gunakan air bersuhu normal atau hangat-hangat kuku agar tidak merusak kelembapan kulit atau melukainya lantaran suhu air terlalu ekstrem.

Lupa Menggunakan Lotion

https://unsplash.com/photos/lpFTFW9BZSU Photo by Clarissa Watson on Unsplash
Jangan lupa menggunakan lotion agar kelembapan kulit terjaga | Sumber: Unsplash (Clarissa Watson)

Setelah mencuci muka, biasanya kita akan mendapatkan sensasi wajah yang segar, bersih, tetapi terasa ditarik kencang. Hal ini terjadi karena kulit kehilangan kadar lembab setelah dicuci dengan formula facial foam yang ‘keras’.

Untuk mengembalikan kelembapan kulit, gunakan toner dan pelembab yang sesuai dengan tipe wajah kita. Akan lebih baik lagi apabila menyertainya dengan serangkaian produk skincare yang lain seperti serum, ampoule, masker, hingga sunblock.

Menjaga kesehatan kulit adalah investasi jangka panjang. Tentunya, siapa sih, yang tidak mau memiliki kulit yang bersih dan terawat? Maka dari itu, yuk, kita hindari kebiasaan-kebiasaan kecil ini!

Baca juga: Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)