Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui

Bangun pagi menyimpan segudang keajaiban | Sumber: Unsplash (Julian Hochgesang)

Tahukah kamu, bahwa bangun pagi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? Tak hanya dari segi fisik, ternyata juga menyehatkan untuk mental kita, loh! Hanya saja, memang untuk membiasakan diri bangun sebelum fajar menyingsing atau mempertahankan agar tidak tidur lagi bukanlah perkara yang mudah. Banyak yang justru terbuai oleh sejuknya udara di pagi, sehingga lebih nyaman menarik selimut dan tidur kembali. Hayo, acung tangan siapa yang sama seperti ini?

Bangun lebih awal ternyata juga menjadi kunci sukses orang-orang hebat, guys! Sebut saja Barack Obama, Bill Gates, Tim Cook, hingga aktris kesayangan Indonesia, Kak Maudy Ayunda. SohIB yakin enggak mau mengikuti jejak mereka dari pembiasan sederhana seperti bangun pagi?

Biar lebih yakin, yuk, kita bahas bersama sederet keajaiban saat kita bangun lebih awal! Simak bersama-sama, ya!

Udara yang Sejuk dan Kaya Oksigen Baik untuk Tubuh

Cobalah menghirup udara dalam-dalam saat membuka jendela ketika langit masih gelap. Segar sekali, bukan? Yup, kualitas udara di pagi hari memang sangat jernih lantaran kaya oksigen dan belum terkontaminasi polusi. Hal yang sama juga terjadi saat kita berada yang jauh dari hingar bingar kota dan atau sedang di hutan.

Oksigen yang kita hirup di pagi hari mempunyai banyak sekali manfaat, seperti melegakan pernapasan, membantu melancarkan pencernaan, bagus untuk supply otak, menyehatkan organ paru-paru, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 3 Langkah Pertama Hidup Hemat dengan Smart

Memulai Hari dengan Aktivitas yang Sehat

https://unsplash.com/photos/m0l5J8Lqnzo Photo by David Mao on Unsplash
Mulailah hari dengan aktivitas yang membuat kita bahagia | Sumber: Unsplash (David Mao)

Hari yang baik bergantung pada bagaimana kita memulainya. Banyak public figure yang sangat menyenangi olahraga di pagi hari. Selain karena menyegarkan, memulai hari dengan aktivitas yang sehat adalah salah satu bagian dari self reward yang bisa kita lakukan setiap hari.

Untuk kesehatan mental, sebagian orang hobi membaca buku atau kalimat positif sembari menikmati birunya langit yang mulai diterangi matahari. Percaya atau tidak, beberapa penulis bahkan terinspirasi oleh pemandangan seperti ini, loh. Kondisi hati yang bahagia ini kemudian akan mendorong kita untuk lebih positif dalam memulai hari.

Anti Buru-buru dan Lebih Bahagia

SohIB ingat tidak, ketika masih jaman sekolah, ibu akan cepat gusar saat anaknya bangun kesiangan, sehingga terlambat berangkat ke sekolah? Sudah mandi kurang maksimal, mungkin sarapan juga harus cepat-cepat, bukan tidak mungkin ada barang yang tertinggal di rumah karena harus segera pergi. Lain halnya saat kita bangun pagi, selain fresh udaranya, masih sempat bantu ibu di dapur, beberes meja belajar, atau belajar sebentar.

Betul sekali, hampir tidak ada cerita jadi terlambat atau buru-buru ketika kita bangun lebih awal. Otomatis, kita akan lebih rileks dan memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan hari. Dengan demikian, tentu saja diri akan lebih sedikit potensinya untuk merasa stres dan lebih siap menghadapi hari dengan segala kompleksitasnya.

Kebiasaan anti stres ini tentunya lebih membahagiakan. Mood dan semangat jadi up, tentunya berprestasi. Mulai sekarang, mari SohIB, kita berusaha sebisa mungkin untuk mengurangi hal-hal yang bisa memicu bad mood dan stres dengan rutinitas yang baru nan menyehatkan ini, setuju?

Kualitas Hidup yang Lebih Baik

https://unsplash.com/photos/HS5CLnQbCOc Photo by Sage Friedman on Unsplash
Bahkan, kualitas udara terbaik adalah saat pagi hari, lo! | Sumber: Unsplash (Sage Friedman)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apabila tubuh terbiasa bangun pagi, kita akan tersistem untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menyehatkan sebelum memulai aktivitas berat seperti bekerja, sekolah, dan lainnya. Tentunya, ini membuat kualitas hidup menjadi lebih baik.

Sebagai contoh, waktu luang di awal hari bisa kita habiskan untuk berolahraga, membersihkan rumah, berbelanja sayur segar di toko, kemudian memasak makanan yang bergizi. Bisa dibayangkan, dalam 10 hari saja pembiasaan ini rutin dilakukan, betapa bersyukurnya tubuh kita karena mendapatkan hak memulai hari yang menyehatkan dan asupan makanan yang kaya kebaikan.

Baca juga: Akhir Pekan Tetap Produktif, Lakukan 4 Cara Ini!

Siap Produktif dengan Mood yang Stabil

Yup, rahasia sukses orang-orang hebat pertama kali terletak pada kebiasaan baiknya, salah satunya dengan bangun pagi! Dengan tidur yang cukup (orang dewasa normalnya memiliki jam istirahat sekitar 8 jam atau kurang dari itu), tubuh tidak akan merasa letih, mudah lesu, dan mood lebih stabil.

Bagi seorang pekerja, kondisi ini sangat ideal untuk melahirkan karya-karya dan inovasi di tempat bekerja. Untuk mereka yang masih pelajar, perasaan yang bahagia dan bersemangat memicu diri terdorong untuk lebih berprestasi. Seorang ibu dengan hari yang tidak membuatnya diburu-buru waktu membuat situasi rumah semakin menentramkan dan nyaman.

Membiasakan diri dengan hal yang baik biasanya memang nggak mudah sih, guys! Namun, percayalah bila habit yang menyehatkan itu akan menjadi investasi jangka panjang, bahkan dampaknya sudah bisa kita rasakan sejak memulainya! Bagaimana menurut kamu?

Baca juga: Mengenal Mindfulness, Agar Hidup Lebih Positif!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)