Urutan Skincare Untuk Wajah yang Bercahaya

Urutan Skincare Untuk Wajah yang Bercahaya

Skincare akan semakin maksimal apabila diterapkan secara tepat | Sumber: Unsplash (Devin Avery)

Halo SohIB! Mempunyai wajah glowing dan bersih bak porselen memang dambaan setiap orang, khususnya wanita. Seiring dengan perkembangan produk perawatan wajah, setiap perusahaan kecantikan di berbagai negara berlomba-lomba untuk mengkreasikan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kaum hawa.

Di Indonesia beberapa tahun terakhir, kiblat skincare berada di Negeri Ginseng alias Korea Selatan. Nggak heran sih, eonnie-eonnie Korea memang identik dengan kulit yang mulus dan bercahaya. Perawatan wajah dengan klaim beragam seperti brightening, glowing skin, acne, sensitive care, dan lain-lain sudah umum banget ditemukan di drugstore maupun online shop.

Meski demikian, apakah sobat tahu urutan memakai skincare yang benar? Memakai perawatan wajah dengan tepat akan memaksimalkan fungsi setiap produknya lo, bonusnya tentu saja mendapatkan hasil yang diinginkan. Lantas apa saja step by step penggunaan skincare? Yuk, simak ulasannya!

Cleansing

Cleansing is a must for the first step of skincare, catat itu! Karena SohIB sudah seharian diterpa debu dan kotoran dari aktivitas, nggak hanya tubuh saja yang perlu dibersihkan, wajah juga. Namun, jangan asal, ya.

Menggunakan sabun yang biasa kamu pakai untuk badan sangat tidak dianjurkan untuk membersihkan wajah. Mengapa? Karena sabun yang tidak diformulasikan khusus untuk face care malah akan merusak PH wajahmu. 

Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan bagian lainnya, sehingga harus diperlakukan dengan khusus juga. Untuk kamu yang gemar menggunakan makeup, sangat disarankan membersihkan sisa makeup terlebih dahulu dengan micellar water, oil water, atau makeup remover.

Tidak semua facial foam dapat menghapus secara menyeluruh kotoran yang menempel di wajahmu sehingga double cleansing sangat diperlukan.

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Toner

Toner mempunyai dua jenis yang masing-masing mempunyai fungsi berbeda. Exfoliating toner diciptakan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah dan biasanya mempunyai kandungan AHA/BHA.

Sedangkan moisturizing toner adalah penyegar wajah setelah cleansing dan bertugas untuk mengembalikan PH kulitmu sehingga siap untuk menerima skincare selanjutnya.

Penggunaan toner ada aturannya lo, guys! Pemakaian exfoliating toner dianjurkan tiga kali dalam seminggu dengan cara dituang secukupnya di kapas dan diusapkan ke wajah. Untuk moisturizing toner cocok digunakan sebagai skincare harian, bisa dengan kapas yang diusap ke wajah atau dituang ke telapak tangan dan ditepuk-tepuk ke wajah

Eye Cream

Mata memang bagian yang paling sering luput untuk diperhatikan saat menggunakan skincare. Padahal, kulit di bagian mata sangat tipis dan halus. Di beberapa kasus, bagian wajah yang paling cepat berkeriput adalah area mata. Tak hanya itu, kebiasaan buruk seperti begadang memicu mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata.

Krim mata akan membuat kulit menjadi terhidrasi dan lembab. Jangan salah ya, eye cream tidak hanya ditujukan untuk orang berusia lanjut saja lo, SohIB. Bahkan pakar-pakar kecantikan merekomendasikan untuk penggunaan krim mata secara teratur sejak kamu memasuki usia 20-an.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Ambil secukupnya krim mata dan tepuk halus hingga merata. Di masa ini, eye cream sudah banyak dimodifikasi sehingga memudahkan penggunanya. 

Baca juga: 5 Instrumen Investasi untuk Pemula, Pilih yang Mana?

Serum/Ampoule/Essence

Produk skincare dengan konsentrasi paling tinggi dan specific function adalah serum. Yup, si kecil-kecil cabe rawit ini meski hanya digunakan 2-3 tetes, tetapi mempunyai kandungan luar biasa jika rutin digunakan. Serum yang paling umum digunakan berfokus pada anti aging, acne care, moisturizing, atau brightening.

Pada tahap treatment ini, bukan hanya serum saja yang dijadikan pilihan para skincare haul. Ada essence yang tingkat konsentrasinya lebih ringan daripada serum dan ampoule yang mempunyai zat aktif paling tinggi diantara ketiganya. So, pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Moisturizer

Krim pelembab menjadi tahapan perawatan wajah jalur cepat bagi pengguna skincare pemula. Teksturnya ringan, berbentuk kental, emulsi atau liquid, dan berfungsi untuk melembabkan kulit wajah. Moisturizer akan menyegel formula serum yang sudah kamu pakai di wajah layaknya lapisan pelindung.

Krim ini bisa digunakan pagi dan malam, tetapi di beberapa produk bahkan bisa kamu pakai tanpa ketentuan waktu. Pelembab sangat mudah ditemui di toko-toko skincare, dan harganya pun banyak yang terjangkau lo, SohIB!

Sunscreen

Sudah lengkap semua tahap skincare-nya, tetapi lupa pakai sunscreen di pagi hari? Aduh, nggak banget. Ibarat kamu sudah berpakaian rapi, keluar rumah ternyata hujan, eh, SohIB nekat nggak pakai payung.

Tahukah kamu bahwa sinar UV dari matahari itu tidak baik untuk kulitmu? Karena bisa membuat kulitmu terbakar, memicu flek hitam, dan mempercepat penuaan dini. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 hingga 30 untuk daily use, dan SPF ber-water proof dengan angka yang lebih besar lagi saat kamu beraktivitas di dalam air.

Baca juga: Prospek Bekerja di Jurusan Pendidikan Kimia, Apa Saja?

Gimana SohIB, sudah lengkap belum step skincare kamu? Ingat ya, menjaga wajahmu agar senantiasa bersih dan bercahaya adalah investasi jangka panjang. Siapa yang enggak senang saat sudah tua nanti, wajahmu masih segar dan glowing.

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)