Teknologi 5G, Apa Kelebihannya?

Teknologi 5G, Apa Kelebihannya?

5G sudah mulai tersedia di beberapa titik di Indonesia, apakah di kotamu juga? | Sumber: Unsplash (Hung Nguyen)

Sejak beberapa tahun silam, dunia telekomunikasi mulai diramaikan dengan lahirnya teknologi 5G atau Fifth Generation. Beberapa sumber menyebutkan bahwa inovasi tersebut bisa meningkatkan konektivitas dan transmisi data, lo!

Berbeda dengan pendahulunya, 4G yang “hanya” memiliki kecepatan berkisar 49-50 Mbps, 5G bisa melesat hingga 100x lebih cepat alias 10 Gbps. Tak hanya itu, low-latency connection (URLCC) 5G nyaris mendekati nol, meskipun pada 4G, standar latensinya pun sudah tergolong sangat rendah. Alhasil, kegiatan mengunduh kita menjadi lebih cepat, deh! Wow, keren banget, kan?

Berbagai tipe telepon genggam yang telah available dengan jaringan ini juga sudah gencar ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan gadget. Jajaran HP berfitur 5G paling populer tahun ini sebut saja Samsung A52S, Poco M3 Pro, Oppo A74, New Blackberry 5G, dan masih banyak lagi.

Terciptanya jaringan terbaru di kancah teknologi ini nantinya akan memberikan banyak sekali manfaat di kehidupan mendatang. Tentunya, tidak hanya secara individual, tetapi juga masyarakat luas dan institusi. Meskipun hingga saat ini, faktanya 5G masih belum merata di Indonesia, bahkan masih jarang digunakan.

Nah SohIB, apakah kamu sudah bersiap dengan kehadiran si “Generasi Kelima” tersebut? Apa saja sih, keunggulan yang ditawarkan oleh 5G? Kita cari tahu bersama-sama, yuk!

Baca juga: 6 Menu Sehat nan Simple yang Wajib Dicoba

Menghubungkan Perangkat Lebih Banyak

Seperti yang SohIB ketahui, beberapa kota di Indonesia sedang mewujudkan “smart city”. Adanya konsep ini tentunya membutuhkan jaringan yang dapat mengirimkan dan menerima informasi dengan cepat dan support hingga ke ribuan perangkat. 5G diklaim memiliki rantai akses internet yang super hingga skala jutaan per kilometer persegi.

Bisa Mengendalikan Drone

Drone biasanya dimanfaatkan di berbagai sektor industri seperti militer, pertanian, perfilman, dan lainya. Nah, jaringan 5G yang stabil bisa memungkinkan kita mendapatkan video beresolusi tinggi tanpa hambatan. Hebat, bukan?

Konektivitas Lebih Cepat

Setiap generasi jaringan telekomunikasi tentu memiliki perbedaan tingkatan kecepatannya, tak terkecuali 5G dengan yang sebelumnya, 4G LTE. Dengan peningkatan hingga 100x dibandingkan “kakaknya”, Fifth Generation ini dapat melakukan pengunduhan dari 7 menit menjadi 6 detik saja.

Baca juga: Aquascape, Karena Hewan Laut Juga Butuh Rumah yang Indah!

Support IoT

Internet of Things atau Iot adalah suatu sistem di mana benda atau objek berteknologi ditanamkan untuk tujuan mengendalikan, menghubungkan, berkomunikasi, hingga bertukar data. Manfaatnya dapat membantu meringankan pekerjaan manusia sehari-hari. IoT memiliki tiga unsur pembentuknya, yaitu Artificial Intelligence (AI), sensor, dan konektivitas.

5G sangat berguna karena IoT membutuhkan koneksi yang cepat selama sedang dijalankan. Tahu mobil canggih yang dapat dijalankan tanpa driver? Ini adalah salah satu produk dari Internet of Things yang juga membutuhkan jaringan 5G. 

Dukung Aktivitas Game VR dan AR

Lagi-lagi, dengan adanya 5G, aktivitas bermain video game VR dan AR akan semakin menyenangkan. Jeda yang dihasilkan oleh koneksi teranyar ini hanya beberapa milidetik saja, sehingga eksperimen yang dihasilkan akan semakin jernih dan tampak real!

Persiapan menuju Indonesia berjaringan 5G tentunya masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Akan tetapi, mendengar beberapa keunggulan sinyal tersebut di atas, rasanya sangat excited, bukan? Membayangkan kebutuhan sehari-hari kita semakin mudah, tentunya akan menyenangkan! So, mari kita tunggu hingga 5G benar-benar merata ke seluruh penjuru Indonesia!

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)