6 Menu Sehat nan Simple yang Wajib Dicoba

6 Menu Sehat nan Simple yang Wajib Dicoba

Makanan yang sehat dan bergizi tidaklah sulit mengolahnya, kok! | Sumber: Unsplash (Jakub Kapusnak)

Dewasa ini, kesadaran orang akan kesehatan semakin tinggi. Tak hanya pusat kebugaran atau gym saja yang mulai diburu, tetapi juga menu makanan sehat banyak diminati. Menjaga stamina memang tidak hanya cukup dengan olahraga fisik saja, diperlukan asupan kaya gizi untuk mendukung healthy lifestyle.

SohIB, siapa bilang menu makanan sehat sulit dibuat? Terdapat ribuan resep makanan praktis dan gampang didapatkan di sekitar kita, lo! Kali ini, kita akan membahas 6 menu sehat yang mudah banget untuk dicoba. Nggak cuma terjangkau, nutrisinya pun juga seimbang. Soal rasa dijamin lezatnya enggak kalah deh, dengan restoran bintang lima! Apa saja, ya?

Sandwich

Menu satu ini sangat praktis dibuat, bahkan untuk anak sekolahan sekalipun. Pada dasarnya sandwich merupakan roti tangkup yang diisi dengan berbagai isian, seperti selada, tomat, mentimun, telur setengah matang, keju, dan daging ham. Kamu bisa mix and match sesuai selera, SohIB.

Mirip dengan burger, kadangkala di dalam sandwich dibubuhkan dressing seperti mayonaise. Makanan tersebut paling sering dinikmati untuk sarapan pagi dengan segelas infuse water. Jangan lupa simpan sayuran segarmu di dalam lemari pendingin ya, agar saat dikonsumsi tetap fresh.

Baca juga: 6 Komponen Wajib Tumpeng. Ternyata Ada Maknanya, lo!

Oatmeal dan Buah-buahan

Di Indonesia, oatmeal memang belum terlalu lazim untuk dinikmati oleh masyarakat. Apalagi rasanya cenderung hambar dan teksturnya mirip bubur. Oat merupakan serealia yang masih memiliki lapisan kulit ari dan bakal biji. Biji-bijian ini mengandung protein, mineral, serat, vitamin, dan sumber karbohidrat.

Oatmeal bisa diolah menjadi kudapan manis atau gurih tergantung kebutuhan. Namun, salah satu resep yang menjadi favorit adalah oatmeal yang dicampur dengan susu dan buah potong, misalnya bluberi, pisang, kiwi, strawberry, dan mangga. Disajikan dingin lebih mantap lagi!

Steak Daging dan Salad

Daging apapun bila dipadukan dengan salad sayuran segar memang enggak tertandingi, ya! Sejak kuliner barat semakin dicintai remaja khususnya, banyak tempat makan yang menyediakan sajian satu ini. Biarpun terkesan mewah, cara membuatnya cukup sederhana.

Siapkan beraneka sayuran segar dan potong sesuai ukuran satu suap. Sayuran yang paling sering digunakan adalah selada, kubis ungu, bawang bombay, paprika, jagung pipil, dan tomat ceri. Kemudian mix dengan minyak zaitun atau salad dressing. Protein hewani yang digunakan bisa daging sapi, ikan salmon, atau ayam. Bakar tanpa minyak, sajikan dengan salad, dan berikan plating yang cantik!

Smoothies

Smoothies adalah minuman manis yang menyehatkan lo, guys! Terbuat dari aneka buah yang beku dan diblender dengan susu atau yoghurt, minuman tersebut digemari dari segala golongan usia. Lebih baik jangan tambahkan gula terlalu banyak ya, karena kalori smoothies bisa semakin tinggi.

Baca juga: Prospek Kerja Di Jurusan Kebidanan, Sudah Tahu?

Tomate Farcie (Tomat Isi Daging)

Selain enak untuk lalapan, ternyata tomat bisa menggoyang lidah bila dipadukan dengan daging dan dipanggang hingga matang. Rasanya mirip dengan daging yang diberi saus tomat, tetapi rasanya lebih legit dan juicy.

Cara membuatnya gampang kok, guys! Belah tomat menjadi dua bagian, hilangkan isinya, dan ganti dengan daging giling yang sudah dibumbui dengan garam dan merica. Lumuri sedikit dengan minyak zaitun dan peterseli, lalu panggang dengan suhu api yang sedang. So, penasaran banget nggak, sih?

Bibimbap

Siapa yang pecinta drama Korea Selatan? Para Kpopers tentu mengenal dengan sajian yang satu ini. Yup, bibimbap memang cukup dikenal, apalagi sejak tayangan hiburan Negara Ginseng tersebut dicintai banyak orang.

Komponen bibimbap sehat banget nih, guys! Terdiri dari berbagai macam sayuran, daging sapi masak, dan telur setengah matang. Jangan lupa tambahkan saus gochujang sesuai selera. Sebagai pelengkapnya, taburkan wijen dan nasi panas.

Baca juga: Akhir Pekan Tetap Produktif, Lakukan 4 Cara Ini!

Nah, gimana nih SohIB, apakah kamu tertarik untuk mencoba beberapa menu di atas? Tentunya sajian-sajian tersebut bukan merupakan resep paten sehingga kamu bisa berkreasi sesuai keinginan. Bila SohIB ada saran menu makanan sehat yang lainnya, tuliskan di kolom komentar, ya! Hidup sehat enggak perlu ribet dan mahal, kok. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)