Aquascape, Karena Hewan Laut Juga Butuh Rumah yang Indah!

Aquascape, Karena Hewan Laut Juga Butuh Rumah yang Indah!

Aquascape sangat digandrungi orang, terutama sejak pandemi COVID-19 | Sumber: Unsplash (Daniel Corneschi)

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik ruangan, salah satunya dengan kehadiran hewan di sekitar kita. Tahukah SohIB, memelihara ikan hias bisa mengurangi stress meski hanya dengan melihatnya berenang? Selain membuat mata menjadi rileks, pesona berbagai macam ikan hias membuat kita terhibur dan semakin semangat untuk merawatnya.

Aquarium akan semakin indah dipandang saat kita memberikan berbagai ornamen keren, bebatuan, dan tanaman air yang membuatnya terlihat hidup. Nah, berikut ini adalah 5 cara membuat aquascape yang bisa kamu coba di rumah. Enggak perlu mengeluarkan kocek mahal kok, dan tentunya desain akan lebih sesuai dengan keinginanmu.

Baca juga: Prospek Kerja Di Jurusan Kebidanan, Sudah Tahu?

Pelajari Dasar-Dasar Aquascape

Memahami dasar-dasar aquascape wajib dilakukan karena meskipun tampak mudah, tahap tersebut nggak bisa disepelekan. Carilah banyak informasi tentang kebutuhan aquascape, pemasangannya, jenis tanaman yang cocok, pupuk cair, hingga filtrasi air. Ingat ya, guys, aquascape itu berhubungan dengan makhluk hidup, lo! Jangan lupa pelajari pantangan dan hambatan para aquascaper dan cara mengatasinya.

Sekarang ini, tidak sedikit YouTuber atau blogger yang membahas tentang serba-serbi aquascape. Bahkan, SohIB juga bisa mendapatkan ide menarik yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Tentukan Desain Aquascape Versi Kamu!

Menentukan desain hiasan aquascape serasa sedang mendesain rumah impian, ya? Kamu bisa membuat dunia bawah laut ala pegunungan atau hutan belantara. Step ini juga penting bagi SohIB yang ber-budget tipis, agar bisa membeli bahan-bahan yang benar-benar diperlukan saat akan menghias aquarium nanti. 

Baca juga: 6 Menu Sehat nan Simple yang Wajib Dicoba

Persiapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Aquascape memiliki komponen inti seperti aquarium, pasir, bebatuan, pupuk cair, tanaman air, hiasan tambahan, filter air, lampu, dan diffuser CO2. Kamu juga bisa menempatkan beberapa ikan hias kecil dan udang untuk memperindah aquascape dan memakan alga yang berpotensi tumbuh di dalam aquarium.

Aquascaping Dimulai!

Nah, ini dia yang paling ditunggu-tunggu! Setelah memiliki pengetahuan dasar dan komponen yang dibutuhkan telah tersedia, maka kamu sudah siap untuk berkreasi dengan dunia airmu!

Mula-mula buat dasar aquascape dengan pasir silika, pasir bali, atau lainnya dengan ketebalan di bawah 3 cm. Berikan pupuk cair sesuai takaran sebagai nutrisi untuk tanaman air kita. Kemudian tempatkan batu-batuan dan ornamen yang akan dijadikan sebagai hiasan secara hati-hati.

Jika komponen beratnya sudah sesuai, isi aquarium dengan air setinggi seperempat kotak. Masukkan tanaman hias yang sudah dipersiapkan. Ingat, lakukan dengan seksama agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan tidak bertabrakan dengan tanaman lainnya. Isi kembali air dengan volume yang seimbang.

Ikan-ikanan dan udang biasanya dimasukkan beberapa hari ke depan setelah pemasangan aquascape. Hal ini dilakukan agar kita dapat melakukan pengamatan terlebih dahulu sebelum menambahkan makhluk hidup lainnya.

Jangan lupa perhatikan perputaran air, kebersihan aquascape, dan keseimbangan suhu. Kondisi yang terlalu panas dapat membuat tanaman air tertentu menjadi kering. Sebaliknya, suhu yang terlalu basah dapat mempercepat tumbuhnya alga yang bisa mengganggu pemandangan.

Maintenance Aquascape Secara Berkala

Hal ini paling sering dilakukan oleh aquascaper pemula, yaitu hanya semangat saat proses pembuatannya saja. Padahal, seperti halnya manusia, para makhluk hidup yang ada di dalam aquarium SohIB juga membutuhkan perhatian secara berkala.

Pembersihan kotoran rutin, pengecekan filter, hingga mengurangi tanaman hias yang over-growth sangat penting dilakukan agar keberlangsungan ikan dan tanaman tetap terjaga dan senantiasa indah.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

Bagaimana, ternyata membuat aquascape sendiri tidak begitu sulit bukan? Asalkan kita ulet dan sabar dalam setiap prosesnya, kegiatan SohIB yang satu ini nggak akan sia-sia, dehSo, selamat berkreasi dengan hobi barumu, ya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)