Mengenal Financial Freedom, Merdeka Secara Keuangan?

Mengenal Financial Freedom, Merdeka Secara Keuangan?

Financial Freedom | Suara Surabaya

Financial freedom dapat diartikan kestabilan kondisi keuangan bagi pribadi, di mana ketika seorang mencapai kondisi ini, mereka sudah tidak perlu khawatir untuk membelanjakan uang mereka untuk membeli barang dan memenuhi keinginan mereka.

Financial freedom akan memudahkan SohIB untuk mempersiapkan masa pensiun. Sebab, tidak pernah terlalu awal untuk mempersiapkan masa pensiun.

Besaran dana pensiun yang perlu disiapkan tentu berbeda pada usia 20-an dan 40-an. Oleh karena itu, usia paling ideal untuk mempersiapkan dana pensiun adalah saat kita sudah memiliki penghasilan sendiri atau pada masa awal berkerja.

Pada artikel ini, akan dibagikan 5 langkah mencapai financial freedom. Ingat, langkah-langkah di bawah ini harus dilakukan secara urut, tidak boleh di-skip, karena penting untuk menbangun fondasi yang kuat terlebih dahulu.  

financial planning
Financial Planning | Trading In Venus

1. Ketahui Kondisi Keuangan

Langkah paling pertama adalah mengetahui kondisi keuangan SohIB. Cek berapa pendapatan dan pengeluaranmu. Buatlah tabel perhitungan di Microsoft Excel dimulai dengan pendapatan dan pengeluaran bulanan.

Catatlah semua pendapatan yang SohIB miliki dengan mengecek rekening koran bank ataupun melalui histori transaksi aplikasi mobile banking. Jika sudah selesai mencatat semua pendapatan, maka bisa dilanjutkan dengan mencatat semua pengeluaran.

Ingatlah pendapatan yang ada harus minimal bisa menutupi pengeluaran bulananmu. Jika pengeluaran lebih tinggi dari pendapatan, maka buatkah penyelesuaian pada pengeluaran tidak bersifat wajib, misalnya pengeluaran untuk jajan, belanja, dan pengeluaran konsumtif lainnya.

2. Kesehatan

Biaya kesehatan di Indonesia tergolong cukup mahal. Mengandalkan tabungan pribadi yang dimiliki bisa jadi tidak akan cukup untuk menutupi biaya pengobatan. Contohnya, biaya untuk perawatan demam berdarah selama 3 hari sudah mencapai harga rata-rata 10 hingga 12 juta rupiah, sedangkan upah wajib minimum Jakarta pada tahun 2023 hanya berkisaran Rp 4.901.798.

Bagaimana SohIB bisa menjamin biaya kesehatan agar dapat tercukupi? Belilah asuransi kesehatan, tetapi sesuikan dengan budget dan kebutuhanmu.

3. Bayar Semua Utang (Tepat Waktu)

Pastikan SohIB membayar semua utang tepat waktu. Bunga yang yang dikenakan untuk telat membayar kartu kredit dan paylater cukup tinggi, yaitu berada pada rata-rata 2% per bulan. Jadi bijaklah dalam mengolah utang. Manfaatkan promosi kartu kredit, tetapi jangan lupa membayar tepat waktu.

4. Memulai Rencana Keuangan

Jika pondasi dasar keuangan SohIB sudah cukup kuat, mulailah tentukan arah keuanganmu dan mulai membuat rencana keuangan, misalnya rencana membeli rumah, biaya pendidikan pribadi, rencana pendidikan anak, rencana liburan dan lainnya.

Buatlah rencana keuangan yang realistis dan mengetahui bagaimana mencapainya, jangan membuat rencana keuangan yang mustahil dicapai.

Investasi | Mikaylabinar.com

5. Memulai Investasi

Jika SohIB sudah memiliki rencana keuangan yang jelas dan uang lebih yang menganggur,  mulai investasi untuk mendapatkan pendapatan pasif. Ingat, mulai investasi pada jenis investasi yang kamu pahami, jangan hanya mengikuti teman belaka.

SohIB bisa memulai investasi pada jenis investasi yang likuditasnya tinggi, misalnya deposito, emas, dan emas digital. Lakukan diversifikasi resiko, jangan melakukan investasi hanya pada satu jenis investasi atau satu tempat.

Memulai langkah pertama akan sulit, tetapi setelah memulai langkah pertama maka langkah selanjutkan akan lebih mudah. Ingatlah konsistensi diperlukan dalam rencana keuangan yang matang.

Banyak pandangan beranggapan rencana keuangan hanya untuk orang kaya, pandangan itu salah karena orang yang cukup kaya yang diperlukan akan mengelola kekayaan, maka perencanan keuangan diperlukan bagi semua orang yang belum mencapai financial freedom.