10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

Bandung dengan sejuta keajaibannya, termasuk dalam destinasi wisata | Sumber: Unsplash (Zulfikar Arifuzzaki)

Bandung adalah salah satu destinasi wisata favorit di daerah Jawa Barat. Kota yang terkenal dengan surga belanjanya ini bahkan dijuluki sebagai “Paris Van Java”. Merupakan Ibukota Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat, Bandung memiliki iklim yang lebih sejuk dan lembab dari daerah lainnya. Itu sebabnya jika kamu pergi ke Bandung, hawa dingin sangat mungkin terasa.

Berbicara tentang destinasi wisata keren di Bandung, ada apa saja, ya, di sana? Jika SohIB ingin berlibur di kota tersebut tapi masih bingung dengan tujuan wisatamu, yuk, simak ulasan 10 rekomendasi liburan Bandung untuk kamu semua!

Indo Wisata Permata

Indo Wisata Permata atau disingkat IWP merupakan satu-satunya wisata edukasi berlian di Asia, lo! Di sini, pengunjung akan melihat secara langsung produksi berlian yang terdiri dari 6 proses pengolahan. Nggak hanya itu saja, kamu juga akan disajikan dengan mini dokumenter yang berisi tentang perkembangan berlian di negara kita dari dulu hingga sekarang.

Tertarik untuk membeli berlian dengan harga yang lebih murah? Tentu bisa! Tempat ini menyediakan galeri dengan aneka ragam bentuk berlian dengan harga yang lebih terjangkau.

Alamatnya berada di Kompleks Citra Green Dago Blok N 1-10, Cidadap, Ciumbuleuit, Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: 6 Menu Sehat nan Simple yang Wajib Dicoba

Rabbit Town Bandung

Untuk SohIB yang suka tempat berlibur ala kekinian dan instagramable, Rabbit Town harus banget masuk di-list kamu. Terletak di Jl. Ranca Bentang No.30-32, Cidadap, Ciumbuleuit, Bandung, destinasi wisata ini masih terbilang “sangat muda”, lo! Rabbit Town dibuka sejak  Januari 2018 lalu. Namun, keunikan konsep yang ditawarkan sudah menarik pengunjung hingga sekarang.

Terdapat banyak wahana yang tersedia di dalam tempat ini, di antaranya adalah LA Store, Cookie Master, Bimbi Love, Dragon Fish, dan Museum of Ice Cream yang sangat terkenal. Di sini, SohIB juga dapat membeli kelinci imut dan menggemaskan untuk dibawa pulang.

Curug Sinulang

Mau berlibur yang murah meriah tapi dengan panorama yang wah? Coba saja Curug Sinulang! Wisata alam air terjun ini berlokasi di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang, tepatnya berada di perbatasan Bandung dan Sumedang.

Cukup dengan membayar tarif retribusi sekitar Rp. 10.000,000, kamu dapat menikmati indahnya dua air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Jika SohIB merasa lapar dan haus, tersedia banyak warung penjaja makanan yang siap melayanimu.

Ranca Upas Ciwidey

Tempat ini sangat cocok diperuntukkan untuk SohIB yang ingin mencari ketenangan. Yup, Ranca Upas yang berlokasi di Ciwidey ini merupakan area perkemahan dengan pemandangan alam yang dijamin tidak akan membuatmu bosan.

Ranca Upas menyediakan persewaan camping untuk pengunjung yang ingin bermalam seru di sana. So, kamu bisa menikmati panorama tempat ini dari pagi hingga keesokan harinya lagi. Di malam hari, SohIB bisa melihat bintang-bintang indah di atas langit. Jangan lupa, kunjungi juga penangkaran rusa yang masih satu wilayah dengan area ini.

Baca juga: Mengenal Sadranan, Kearifan Lokal Jawa Tengah

Kawah Putih Ciwidey

Tempat ini sudah sangat populer di kalangan pelancong Bandung. Kawah Putih Ciwidey memang memiliki pemandangan yang begitu eksotis dengan pasirnya yang berwarna putih dan air danaunya yang berwarna kehijauan. Kawah belerang ini dulunya merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha.

Tertarik mengunjungi Kawah Putih Ciwidey? Alamatnya berada di Jl. Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Bosscha

Observatorium Bosscha memang sangat ikonik di Bandung, apalagi menjadi sangat populer berkat film “Petualangan Sherina”. Gedung berkubah putih ini merupakan lembaga riset yang berada di bawah naungan kampus ternama di Bandung, yaitu Institut Teknologi Bandung.

Di sini, kamu akan belajar banyak hal yang berhubungan dengan astronomi. Bosscha mempunyai dua program untuk pengunjung umum, yaitu Kunjungan Siang dan Kunjungan Malam. Nantinya, sohIB akan diajarkan  untuk melihat cara kerja teropong Zeiss, berkeliling di ruang media, hingga meneropong langsung dengan teleskop yang sudah disediakan.

Saung Angklung Udjo

Mencari wisata edukasi tentang musik tradisional? Datang saja ke Saung Angklung Udjo! Jika sohIB mendengar namanya, pasti kamu bisa menebak alat musik yang diajarkan dengan sangat mudah. Yup, angklung merupakan alat musik kesenian Sunda yang sangat populer hingga ke mancanegara. Angklung terbuat dari bambu, dimainkan dengan cara digetarkan hingga membentuk alunan suara yang unik.

Saung Angklung Udjo memiliki Bamboo Performance yang banyak, seperti Demonstrasi Wayang Golek, upacara Helaran, Angklung Orchestra, Seni Tari Tradisional, dan Arumba. Jika SohIB ingin kesana, lokasinya berada di Jl. Padasuka 118, Bandung.

Museum Geologi Bandung

Mau berlibur sambil belajar sejarah, Museum Geologi Bandung jawabannya! Gedung yang berdekatan dengan Gedung Sate dan Taman Lansia ini memiliki banyak koleksi mineral, bebatuan, fosil, hingga peta gunung api. Di sini, kamu juga akan mendapatkan berbagai panduan seperti cara mengolah energi, pemanfaatan sumber daya alam yang tepat, dan lain-lain.

Museum ini berusia sangat tua, lo, karena telah berdiri sejak tahun 1928 bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia. Meski demikian, Museum Geologi Bandung tetap terawat sangat baik hingga saat ini.

Taman Batu (Stone Garden)

Bahkan, batu pun bisa menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi! Taman Batu terletak di Padalarang, Jawa Barat. Di sini, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat keren dengan batu-batuan eksotis nan unik yang tersebar di segala penjuru.

Jika kamu pergi ke Taman Batu, siap-siap pegal sedikit karena jalanan yang menanjak. Tetapi, dijamin kamu akan sangat puas karena udaranya begitu segar dan panoramanya yang indah. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan mencari inspirasi.

Baca juga: 6 Soft Skills yang Wajib Dikuasai Sebelum Usia 30

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan wahana rekreasi dalam pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Meskipun kini telah ada di banyak kota lainnya, Trans Studi Bandung bisa dikatakan sebagai tempat terbesar dan terlengkap di antara yang lain.

Terletak di Trans Studi Mall, Bandung, wahana ini menyediakan berbagai wahana keren yang bisa dinikmati dari usia balita hingga dewasa. Ada Vertigo, Dunia Lain, Pulau Liliput, Sky Pirates, Yamaha Racing Coaster, Giants Swing, Super Heroes 4D, dan masih banyak lagi.

Nah, sohIB, di luar 10 rekomendasi wisata Bandung, tentunya masih banyak lagi tempat keren lainnya untuk kita datangi. Apa saja yang sudah kalian kunjungi?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)