Indonesia Makin Cashless, Ini Kelebihan dan Kerugiannya!

Indonesia Makin Cashless, Ini Kelebihan dan Kerugiannya!

Cashless menjadi akrab di keseharian kita | Sumber: Unsplash (Naipo De)

“Mau pakai tunai atau nontunai, kak?”

SohIB tentunya nggak asing lagi bukan, dengan pertanyaan di atas? Yup, di era yang serba canggih ini, penggunaan pembayaran nontunai atau biasa dikenal sebagai cashless semakin sering menjadi pilihan. Hal ini didukung juga dengan kehadiran NFC di sejumlah perangkat, seperti handphone, smart watch, hingga kartu tap e-money yang sangat mudah dipakai.

Kamu hanya perlu men-scan QR Code yang tersedia di toko-toko dan voila!, transaksi telah selesai diproses. Belum lagi dengan kehadiran online shop yang memudahkan orang masa kini berbelanja kapan saja dan disediakan pembayaran secara daring. Praktis, cashless semakin merajai keseharian kita.

Namun, di samping kelebihannya, terdapat resiko pula yang harus kita perlu perhatikan. Sebelum SohIB benar-benar memanfaatkan transaksi nontunai, yuk, cek dulu informasi berikut ini!

Baca juga: 10 Sosial Media Jadul, Bandingin Sama Zaman Now!

Definisi Cashless

CIMB Niaga mendefinisikan cashless sebagai sistem pembayaran tanpa uang tunai, sesuai dengan arti secara harfiah yang berarti tidak atau tanpa menggunakan uang tunai. Cashless mengacu pada pembayaran yang berbentuk digital.

Nah, jenis transaksi seperti ini tidak hanya lazim digunakan di negara kita, melainkan di negara lain juga. Oleh sebab itulah, bepergian di luar negeri dan berbelanja di sana nggak akan sulit lagi, karena kehadiran cashless tersebut.

Btw, pembayaran nontunai yang saat ini sedang digandrungi antara lain adalah transfer ke bank, tap kartu e-money, sampai yang terbaru adalah QRIS.

Kelebihan Cashless yang Harus Kamu Ketahui

1. Praktis

Kepraktisan menjadi kekuatan utama dari hadirnya sistem cashless ini. Betapa tidak, apabila tadinya mungkin kita perlu membawa dompet yang cukup tebal karena berisi uang kertas dan uang koin, kini tanpa membawanya pun akan terasa aman. Selama SohIB membawa e-money yang terisi dan atau handphone yang sudah ber-NFC, berbelanja menjadi gampang dan anti ribet.

Tenang saja, sekarang hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan NFC, kok, sebagai fitur pendukung pembayaran nontunai. Bahkan, kita bisa mengisi uang elektronik sendiri selama teleponmu sudah terhubung dengan m-banking. Waduh, kira-kira di masa depan, mesin ATM masih ada nggak, ya?

2. Aman dari Pencurian

Dari dulu, membawa banyak uang di dalam tas memang lumayan mendebarkan. Sudah nggak enteng, masih rawan pula dari pencopet. Cashless menjadi solusi yang menjanjikan, sebab, bahkan tanpa membawa tas dan dompet sekalipun, payment transaction masih bisa lancar.

Apabila perangkatmu suatu saat hilang, kemungkinan pencuri tidak bisa mengakses handphone-mu tersebut. Hal ini karena biasanya kita wajib punya pin dan sidik jari untuk membuka online payment. Begitu juga dengan kartu yang hilang dapat diblokir segera dari bank terdekat.

3. Nggak Perlu Kesulitan Mencari Kembalian

Siapa yang suka kesal karena uang kembalian yang kecil diganti dengan permen? Cashless bisa menjadi langkah cerdas karena uang yang akan dibayarkan tentu saja sesuai dengan angka yang tertera, bahkan apabila deretan nominalnya ‘jelek’ sekalipun, seperti Rp89.067.

4. Membantu Mengatur Keuangan

Bagi SohIB yang rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran, pembayaran nontunai ini tentu saja sangat menguntungkan. Biasanya, semua transaksi akan terekam secara otomatis di sistem. Kamu tinggal mengikuti saja angka yang ada di situ dan masukkan dalam planner manajemen keuangan.

5. Banyak Promo

Bukan rahasia lagi, jika para merchant berlomba-lomba memberikan promo menarik bagi pelanggan yang menggunakan cashless. Potongan harga yang fantastis hingga cashback cukup sering diberikan apabila kita memilih sistem pembayaran ini. Adakah SohIB di sini yang pernah merasakan manfaatnya yang satu ini?

Baca juga: 7 Alasan Cyberbullying Itu Buruk, Stop Lakukan!

Kekurangan Cashless, Wajib Waspada!

1. Cyber Crime Bisa Lebih Mengerikan

SohIB masih ingat tidak, kasus Bjorka yang cukup menyita publik di tahun lalu? Hacker Bjorka mengaku telah memiliki jutaan informasi penduduk Indonesia dan mengancam akan disebarluaskan. Sedangkan pada sistem pembayaran nontunai, tentu saja, data kita wajib ada di dalamnya.

Hal ini membuat kita perlu waspada bersama-sama, untuk menjaga keamanan akun virtual yang tersedia dalam perangkat kita. Apalagi, para pelaku kriminal siber juga sudah lebih pintar. Mereka suka memanfaatkan celah kecil yang jarang kita sadari, seperti meminta kode OTP dengan mengatasnamakan perusahaan.

2. Wajib Paham Teknologinya

Bagi generasi kekinian mungkin tidak akan terlalu kesulitan dalam mengoperasikan cashless. Namun, tanyakan pada orang tua kalian, apakah mereka merasa benar-benar terbantu dengan adanya sistem ini? Banyak lo, yang mengeluhkan teknologi justru mempersulit hal-hal konvensional.

3. Memicu Belanja Impulsive

Saking banyaknya promo yang tersedia, kita sangat mungkin menjadi lebih kalap berbelanja dari yang sebelumnya! Godaan-godaan seperti gratis ongkos kirim, bonus sample, dan cashback memang lumayan sulit untuk dihindari. Inilah mengapa, SohIB harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam ‘lingkaran setan’ ini.

4. Perlu Internet

Tentu saja, cashless ada karena teknologi, yang di mana membutuhkan internet dan juga listrik. Bayangkan apa jadinya bila di tengah belanja, mati lampu atau kuota data habis? Hmm… pembayaran menjadi terganggu dan sulit untuk diproses bukan?

5. Penyebaran Belum Merata

Meskipun masyarakat Indonesia sudah lebih akrab dengan cashless, tentu saja, belum semua benar-benar menerapkan sistem ini secara menyeluruh. Biasanya, toko-toko kecil di daerah yang masih jauh dari kota lebih memilih pembayaran konvensional yang dinilai masih lebih mudah. Terlebih lagi, jika internet masih sulit dan mencairkan dana di bank sangat jauh lokasinya. Bagaimana menurutmu?

Baca juga: Sederet Manfaat Fintech untuk Kehidupan Sehari-hari

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)