Sederet Manfaat Fintech untuk Kehidupan Sehari-hari

Sederet Manfaat Fintech untuk Kehidupan Sehari-hari

Manfaat fintech bagi kehidupan sehari-hari | Sumber: Unsplash (Clay Banks)

Kemajuan digital di masa kini turut memengaruhi banyak sektor untuk semakin bergantung pada teknologi, dunia fintech salah satunya. Fintech atau financial technology adalah inovasi dari teknologi yang tercipta dan berhubungan dengan finansial. Produknya bisa bermacam-macam, seperti microfinancing, P2P Lending, Digital Payment System, dan masih banyak lagi. 

Jika dulu kebermanfaatan fintech ‘hanya’ bisa dirasakan oleh para company dan institusi, saat ini masyarakat secara luas juga mendapatkan dampak baiknya dalam sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, sejak kelahirannya pertama kali di tahun 2006, pertumbuhan fintech telah berakselerasi. Hingga kini, tercatat lebih dari 100 perusahaan yang bergerak di bidang teknologi finansial dan terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dalam kurun waktu yang terbilang singkat, fintech berbasis syariah juga turut diperkenalkan di negara kita.

So, hari ini kita akan bersama-sama membahas apa saja, sih, manfaat dari teknologi finansial untuk kita? Mari check, yuk

Baca juga: Aquascape, Karena Hewan Laut Juga Butuh Rumah yang Indah!

Modal Usaha Berbunga Rendah bagi UKM

https://unsplash.com/photos/xoU52jUVUXA Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
Hati-hati dengan tawaran menarik dari pinjol yang bisa menyesatkan | Sumber: Unsplash (Kelly Sikkema)

Melansir Akseleran, dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan, terdapat unit usaha sebanyak 59,2 juta dan 8% di antaranya telah menggunakan online platform sebagai pemasaran produk.

Tak berhenti di situ saja, fintech mempermudah masyarakat dengan tersedianya banyak aplikasi yang mendukung UKM mendapatkan modal usaha berbunga rendah. Selain legal, platform-platform ini diawasi oleh OJK, sehingga memiliki pengaturan bayar-pinjam yang aman dan mudah.

Hal tersebut juga melindungi konsumen dari pinjaman online yang memiliki bunga tinggi dan merugikan. SohIB mungkin pernah mendengar maraknya kasus pinjol yang sering meneror orang-orang terdekat peminjam karena tidak mampu membayar hutangnya, kan? Saking tingginya bunga yang dibebankan, justru membuat para korban semakin kesulitan. Itulah mengapa, pilihlah yang sudah tepercaya, ya!

Transaksi Keuangan yang Lebih Mudah

https://unsplash.com/photos/utWyPB8_FU8 Photo by Eduardo Soares on Unsplash
Saat ini, bertransaksi uang sangat mudah meski dari jauh sekalipun | Sumber: Unsplash (Eduardo Soares)

Kartu ATM saat ini tidak lagi menjadi perangkat yang vital dalam berurusan dengan transaksi keuangan. Sebab, masyarakat saat ini lebih senang menggunakan mobile payments atau online banking sehari-hari. SohIB tidak perlu lagi untuk keluar rumah atau mengantre di bank untuk membayar atau mengambil uang. Cukup mengunduh aplikasi mobile payment atau m-banking pada smartphone, melakukan aktivasi, dan kamu bisa dengan lebih mudah bertransaksi di sela-sela kegiatan. Cara yang cepat dan tentunya efektif! 

Baca juga: 5 Profesi yang Terancam Punah Akibat Teknologi

Taraf Hidup Masyarakat Semakin Berkembang

https://unsplash.com/photos/SSPPRWMC-_Y Photo by Tien Vu Ngoc on Unsplash
Ekonomi yang berjalan dengan baik akan meningkatkan kesejahteraan hidup | Sumber: Unsplash (Tien Vu Ngoc)

Sejalan dengan adanya fintech di tengah kehidupan, perkembangan perusahaan rintisan di negara kita juga sedang giat-giatnya. Berbagai inovasi yang ditawarkan dengan adanya startup-startup tersebut bisa menjadi angin segar bagi para pemilik usaha menengah ke bawah yang berhubungan dengan meningkatnya daya beli konsumen.

Taraf hidup masyarakat bisa melaju pesat atas kemudahan pendanaan yang ada dari teknologi finansial. Ini bisa menjadi jawaban baik bagi para pengusaha dan memberikan dampak yang baik dari segi ekonomi.

Tingkatkan Inklusi Keuangan

https://unsplash.com/photos/Xn5FbEM9564 Photo by Blake Wisz on Unsplash
Fintech turut berperan dalam inklusi keuangan | Sumber: Unsplash (Blake Wisz)

Kehadiran internet, pemerataan digital, dan lahirnya teknologi finansial menjadi tiga poin penting dalam inklusi keuangan di tengah masyarakat Indonesia. Dengan demikian, kita yang berada di daerah jauh dari akses perbankan dapat merasakan kemudahan dan efisien yang sama dalam bertransaksi uang.

Demikian ulasan tentang manfaat fintech bagi kita sehari-hari. Munculnya inovasi tersebut bisa menjadi solusi terbaik bagi dunia transaksional dan perbankan masa kini. Bagaimana menurut kamu?

Baca juga: Teknologi 5G, Apa Kelebihannya?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)