10 Sosial Media Jadul, Bandingin Sama Zaman Now!

10 Sosial Media Jadul, Bandingin Sama Zaman Now!

Sosial media terus berkembang dari masa ke masa | Sumber: Unsplash (Dole777)

Siapa bilang zaman dulu nggak ada media sosial? Sejak tahun 2000-an, jejaring sosial di Indonesia mulai masuk dan kemudian berkembang pesat hingga kini. Tercatat ada lebih dari 6 medsos yang cukup populer di masanya, dari yang hanya menyediakan fitur chatting hingga yang sudah bisa kirim-mengirim video dan foto.

Nah, di bawah ini adalah 10 media sosial yang sempat ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ada yang masih dipakai sampai sekarang, lo!

sosial media jadul
Sosial media jadul yang sempat booming tahun 2000-an : Sumber: Unsplash (Indonesiabaik.id)

1. Friendster

Bisa dibilang, Friendster adalah sosmed tertua di Indonesia. Dibuat sekitar tahun 2002, aplikasi tersebut sangat digandrungi anak muda pada masa-masa itu. Penggunanya dapat membagikan foto, video, hingga mengirimkan komentar ke teman yang di-add as friend.

Yang menarik dari Friendster adalah kamu bisa mengkostumisasi background profile-mu sesuka hati. Namun, SohIB tidak bisa mengirimkan private message karena semua perpesanan memang dibuat publik, sehingga semua orang yang sudah saling berteman bisa membacanya.

Dapat dikatakan bahwa aplikasi pertemanan ini adalah tempat bagi anak muda bebas mengekspresikan diri, tetapi minim obrolan yang saling menyerang atau bersifat pribadi. Apakah kamu pernah memiliki Friendster?

Baca juga: 8 Hal yang Jangan Dibagi di Media Sosial, Stop Lakukan!

2. Myspace

Myspace diluncurkan satu tahun setelah pendahulunya, yakni Friendster. Meskipun nggak seramai kompetitornya di tanah air, tetapi kehadiran aplikasi dengan dominan warna biru-putih-abu-abu tersebut cukup mengambil hati para ABG kala itu.

Mempunyai tampilan yang mirip dengan Friendster, MySpace punya fitur yang sedikit lebih lengkap, di mana penggunanya tidak hanya dapat mengirimkan tulisan, video, dan foto, tetapi juga musik.

3. miRC

Zaman 2000-an, kepemilikan handphone nggak se-massive sekarang. Sehingga kehadiran miRC yang memungkinkan kita untuk bisa ber-chatting ria dengan teman, gebetan, hingga orang asing bagaikan angin segar.

Tampilan miRC sebenarnya lumayan nggak beraturan dan seperti kotak berisi kode-kode komputer saja. Namun, tetap saja bermain aplikasi diskusi ini seru sekali! Bahkan, warnet (warung internet) dulu sering ramai dikunjungi oleh user-user miRC yang bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Hanya saja, nama-nama yang digunakan penggunanya banyak yang alay dan bikin bingung.

4. Tumblr

Memang sih, Tumblr sekarang lebih dikenal orang sebagai platform untuk blogging dibandingkan media sosial. Namun, tampilan aplikasi yang satu ini sebenarnya sosmed banget!

SohIB dapat membagikan cerita-cerita pendek, video, hingga gambar-gambar bergerak (GIF) ke dalam Tumblr. Memiliki background warna biru dan huruf “t” sebagai simbolnya, platform tersebut masih belum ditinggalkan oleh para penggunanya.

5. Plurk

Plurk adalah jejaring sosial dan microblogging yang memungkinan kita untuk membagikan tulisan pendek dan gambar kepada pengguna. Nanti, sesama Plurk user dapat memberikan komentar pada tulisan yang kita posting.

Btw, sosmed ini memiliki nuansa oranye segar dan visual yang menggemaskan. Bila SohIB tertarik membuat akun di Plurk, pastinya kamu akan sangat betah berlama-lama di sana!

6. Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger adalah salah satu platform online chatting yang sangat legendaris di tahun 2000-an. Kamu dapat menambahkan teman dengan menggunakan alamat e-mail dan mengobrol sepuasnya selama masih terhubung dengan internet.

Yahoo! Messenger atau yang biasa disingkat sebagai YM ini digandrungi para remaja karena mempunyai fitur emoticon dan avatar diri, di mana saat itu memang belum banyak yang bisa menghadirkan kedua fasilitas tersebut. SohIB juga dapat memasang status pendek yang akan terlihat di bawah nama kita. Btw, tanda seseorang sedang online bisa dilihat dari tanda hijau yang ada di layar.

Baca juga: SohIB Berkelas: Konten & Digital Campaign di Media Sosial

7. Mig33

Ketika Mig33 ramai ke Indonesia, pemakaian handphone di kalangan ABG sudah banyak tersebar. Sebab itulah, app tersebut menjadi salah satu tempat mengobrol yang banyak dipakai. Oiya, kamu juga bisa lo, bermain game di sini!

8. MXit

MXit bisa dibilang 11:12 dengan Mig33. Selain kita bisa berbincang secara teks dengan teman yang ada dalam kontak, terdapat beragam emoticon lucu yang siap meramaikan kotak obrolanmu! Sayangnya, eksistensi MXit tidak begitu lama. Di tahun 2016, chat app dari Afrika Selatan tersebut menyatakan closed door.

9. Multiply

Sebetulnya, nggak banyak informasi yang didapat mengenai Multiply. Sebab, pamornya di masyarakat Indonesia nggak begitu ramai. Dengan media yang satu ini, user bisa saling berbagi musik dan video kesukaan. Namun, belakangan Multiply sering dimanfaatkan orang untuk e-.commerce. 

10. Ebuddy

Ebuddy adalah layanan perpesanan yang bisa kita gunakan baik dari website-nya maupun dari smartphone. Uniknya, media tersebut juga terhubung dengan aplikasi chatting lainnya, yakni Yahoo! Messenger, Facebook Messenger, AIM mobile, hingga ICQ mobile.

Sosmed hingga kini terus berkembang pesat dengan beragam fitur canggih yang nggak terpikirkan di masa lalu. Namun, meskipun media sosial sekarang sudah lebih maju, jangan sampai SohIB kehilangan teman di kehidupan nyata karena terlalu asyik dengan dunia maya, ya!

Baca juga: SohIB Berkelas: Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial dan Algoritmanya

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)