7 Ide Ngabuburit Asik dan Bermanfaat, Kamu Suka yang Mana?

7 Ide Ngabuburit Asik dan Bermanfaat, Kamu Suka yang Mana?

Tampilan masjid dari atas tampak indah | Sumber: Unsplash (Mostafa Meraji)

“Eh, ngabuburit, yuk!”

 

Hayo, siapa SohIB di sini yang antusias banget kalau dengar kata ngabuburit? Berasal dari bahasa Sunda yakni burit, ia memiliki arti waktu sore menjelang matahari mulai terbenam. Memang sudah menjadi kebiasaan bagi warga di Jawa Barat suka berkumpul di sore hari di bulan Ramadan. Dari sinilah, kata ngabuburit mulai digunakan.

Nah, di masa kini, ngabuburit identik dengan mencari kegiatan sambil menunggu waktunya berbuka puasa. Hal tersebut dilakukan agar kita tetap produktif dan tidak hanya bermalas-malasan saja hingga momen bedug tiba. So, apa saja sih, ide inspiratif ngabuburit yang seru dan anti lemas? Cek artikelnya di bawah ini, skuy!

Berolahraga Ringan

Beberapa pakar kesehatan merekomendasikan bahwa waktu yang tepat untuk kita berolahraga selama puasa adalah beberapa jam sebelum berbuka. Namun, diusahakan untuk memilih jenis latihan yang tidak terlalu berat, seperti jogging santai, angkat beban, senam-senam kecil, hingga bersepeda. Ajaklah beberapa temanmu sehingga momen menjadi sehat semakin menyenangkan. Akan tetapi, jangan sampai kamu jadi berjulid, ya!

Memasak Menu Berbuka

Memang sih, saat ini beragam hotel dan restoran berlomba-lomba menawarkan menu berbuka yang menggiurkan dan harga yang bersaing. Namun, tentu saja, memasak makanan sendiri bisa menjadi challenge yang seru untuk dilakukan. Pilihlah ragam makanan yang tetap mengutamakan kesehatan, kebersihan, dan keseimbangan nutrisi. Selain rasanya bisa di-adjust sesuai selera, tentunya ada rasa kepuasan tersendiri yang sulit dideskripsikan. Kira-kira, enaknya mau meracik menu yang seperti apa, nih?

Cuti Lebaran Tahun 2023 Terbaru, Lebih Panjang!

Ikut Kegiatan Volunteering

volunteering
Kegiatan volunteering bisa bermanfaat luas, lo | Sumber: Unsplash (Su Nyoto)

Anak milenial masa kini kayaknya hampir nggak ada deh, yang nggak pernah ikut kegiatan yang satu ini! Ramadan adalah momen yang baik bagi kita menebarkan banyak kebaikan, sebab pahala yang didapat juga dilipatgandakan. So, SohIB bisa banget untuk memulai mencari-cari komunitas yang menyediakan kegiatan volunteering. Kalau tidak ada yang cocok atau sesuai dengan kondisimu, buatlah sendiri aktivitas itu. Sebagai contoh, melakukan garage sale dengan harga miring, berbagai makanan gratis, atau mengajar di TPA.

Melakukan Hobi

Lakukan kegemaranmu tersebut selama itu juga baik untukmu. Beberapa rekomendasi yang bisa SohIB pilih adalah membaca buku, berkebun, melukis, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar rumah. Sudah menjadi rahasia umum jika kita sedang tenggelam dalam aktivitas yang menyenangkan, waktu pun tak terasa telah berjalan begitu cepat. Tahu-tahu sudah buka puasa saja, deh!

Kondisi Gawat Darurat Anak yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Catat!

Mencari Takjil

Selama bulan Ramadan, tiba-tiba lingkungan sekitar rumah mendadak jadi pasar makanan! SohIB dapat memanfaatkan momen ini untuk menjelajah berbagai kuliner yang ada di sana. Akan lebih mantap lagi jika kamu sambil berjalan kaki, sehingga tak hanya makanan yang didapat, tetapi juga tubuh semakin sehat, Hitung-hitung sambil membakar kalori, nih!

Btw, jangan sampai kalap membeli kudapan ya, guys. Biasanya, kita akan mudah lapar mata karena selama berpuasa, semua makanan akan terasa enak dan menarik. Padahal, tentu saja perut kita tidak bisa seluas itu untuk menampung cemilan sebanyak itu. Plus, itu nggak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan gula darah naik drastis.

Memperbanyak Ibadah

tilawah al quran
Lakukan kebaikan untuk kebaikanmu sendiri | Sumber: Unsplash (Positive Moslem Attitude)

Sekali lagi, Ramadan adalah waktu di mana perbuatan baik kita akan dibalas oleh Tuhan dengan pahala yang berkali lipat lebih banyak dari biasanya. Maka dari itu, memperbanyak ibadah tentu menjadi momen yang tak boleh kita tinggalkan. Kamu bisa memperbanyak tilawah Al Quran, bersedekah, membantu orang tua menyiapkan menu berbuka, atau menebarkan ilmu yang bermanfaat.

Mengikuti Kelas Pelatihan

Ngabuburit sambil belajar agar semakin pintar? Siap! Jika SohIB rajin mencari informasi, banyak sekali lo, platform online masa kini yang menyediakan berbagai program pelatihan dengan beragam narasumber yang keren. Tak hanya itu, kamu dapat bertemu dengan banyak orang dan menambah relasi pertemanan dari sana. Salah satunya adalah di Sobat Hebat Indonesia Baik.

Di sini, nggak cuma ilmu dan skill kita aja yang akan ter-develop secara maksimal lewat kelas-kelas pelatihannya, tetapi kamu pun bisa berkarya tulis melalui website ini.

Liburan Sebentar Lagi, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi!

Itulah dia daftar hari libur nasional dan cuti bersama yang akan berlaku di tahun 2023! Total terdapat 24 tanggal merah yang ada, dengan pembagian sebanyak 16 hari untuk hari libur dan 8 hari untuk cuti bersama.

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)