7 Menu Takjil Rasa Nusantara Gurih Nan Lezat, Sudah Pernah Coba Belum?

7 Menu Takjil Rasa Nusantara Gurih Nan Lezat, Sudah Pernah Coba Belum?

Kolak pisang | Sumber: Sajian sedap

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SohIB! Bagaimana kabarnya? Semoga baik dan bahagia, ya. Kali ini, kita akan membahas mengenai kuliner nusantara yang ada hanya saat Ramadan tiba. Sebelum itu, kamu setuju nggak, kalau Indonesia adalah negeri yang kaya akan ragam bahasa, suku, budaya, dan tentu takjilnya, hihi.  Karena dengan beragamnya suku di Indonesia, akan menghasilkan bermacam-macam budaya termasuk kuliner khasnya.

Nggak hanya kolak dan es pisang ijo, setiap daerah punya kuliner andalannya saat bulan Ramadan, lo. Ada yang rasanya segar, manis, gurih, hingga asin. Apapun rasanya, pasti akan bisa menyegarkan dahagamu setelah seharian berpuasa. Buat SohIB yang suka kulineran, bisa banget nih mampir beli atau coba masak sendiri di rumah. Penasaran? Berikut tujuh menu takjil rasa nusantara yang gurih nan lezat!

1. Es Boh Timon Gapu

es boh timon gapu
Es boh timon gapu | Sumber: yummy.co.id/Ummu Alfard

Menu takjil yang pertama ada es boh timon gapu dari Aceh. SohIB nggak perlu bingung, masyarakat Aceh menyebut timun suri dengan sebutan boh timon wah atau boh timon gapu yang artinya buah timun kapur.

Hampir sama dengan es timun suri pada umumnya, Es Boh Timon Gapu ini biasanya dibuat dengan campuran timun suri, air kelapa, es, sirup, dan jeli. Selain kurma, es boh timon gapu jadi andalan menu buka puasa di kota serambi mekkah ini lantaran rasanya yang segar, kandungan nutrisinya baik, dan mudah dibuat. SohIB bisa lo, buat sendiri di rumah.

5 Tips Buka Usaha Kuliner Spesial Ramadhan

2. Kolak 

kolak pisang
Kolak pisang | Sumber: Sajian sedap

Menu yang satu ini pasti sudah sering kita jumpai saat Ramadan tiba, bukan? Ya, kolak memang sudah menjadi hidangan utama saat berbuka puasa. Dibuat dari perpaduan pisang kepok dan ubi yang direbus dengan santan, gula merah, cengkeh, dan daun pandan menjadikan rasa kolak manis dan gurih. Hmmm, nikmat!

Oh iya, SohIB sudah tahu belum? Kolak yang jadi makanan identik saat Ramadan dan mudah kita temui di banyak daerah ini ternyata berasal dari Sumatera Barat, lo. Selain kolak pisang kepok dan ubi, ada juga kolak biji salak yang terbuat dari ubi jalar dengan campuran tepung tapioka. Soal rasa, tentu sama lezatnya!

3. Es Kacang Merah

es kacang merah
Es kacang merah Palembang | Sumber: HelenaFood

Setelah mampir ke kuliner Aceh dan Padang, kita ke Palembang yuk! Di kota pempek ini punya es kacang merah sebagai menu takjil andalan. Siapa yang pernah coba? Tentunya, kamu akan terbayang rasa es kacang merah yang segar manis dengan campuran santan dan potongan nangka yang nggak bikin lupa!

Bagi SohIB yang ingin buat es kacang merah di rumah, mudah kok, caranya. Kamu tinggal menyiapkan bahan utama, yaitu kacang merah, es, santan, dan tambahan potongan nangka jika suka. Rebus kacang merah hingga lunak dan merekah, kemudian tambahkan gula pasir sesuai selera, setelah air menyusut tambahkan santan, susu, es serut, dan nangka. Es kacang merah siap disantap! Eh, tapi tunggu buka puasa dulu, ya hehe.

4. Kue Bingke

Kue bingke Pontianak
Kue bingke Pontianak | Sumber: pesenmakan.id/Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Kalau SohIB sudah dibuat ngiler dengan minuman-minuman segar, sini deh kita ke Pontianak cari kue bingke. Jadi, kue khas Kalimantan Barat yang satu ini rasanya manis dan lembut. Kue ini terbuat dari bahan seperti tepung, santan, dan daun pandan. Awalnya, kue bingke hanya ada di bulan Ramadan. Namun, saat ini kue bingke jadi ikon oleh-oleh populer Pontianak, lo!

Yang membedakan kue bingke dengan kue lainnya adalah dari bentuk semanggi berkelopak enam. Selain bentuknya yang unik, kue ini begitu lembut karena melalui proses dua kali dipanggang agar mendapat kematangan yang pas. Rasanya pun memiliki banyak varian, ada cokelat, pisang, dan keju. SohIB harus coba, deh!

7 Manfaat Sahur Ketika Bulan Ramadan, Apa Saja?

5. Toge Panyabungan

toge panyabungan
Toge panyabungan | Sumber: twitter.com/arieparikesit

Kira-kira toge panyabungan itu kuliner minuman atau makanan, ya? SohIB jangan bingung, ya. Toge Panyabungan merupakan kudapan minuman manis dari Mandailing Natal, Sumatera Utara. Walaupun menggunakan nama toge, es segar ini sama sekali tidak menggunakan sayuran taoge, lo SohIB. Rasa penganan manis ini seperti es cendol, yaitu kumpulan candil, tape, dan ketan yang diberi kuah es santan dan gula merah. 

6. Bongko Kopyor

bongko kopyor
Bongko Kopyor Gresik | Sumber: endeus.tv

Kalau SohIB jalan-jalan ke Gresik, Jawa Timur saat bulan Ramadan, jangan lupa mampir beli bongko kopyor untuk berbuka puasa, ya. Kudapan satu memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Sesuai namanya bongko kopyor, jajanan ini terbuat dari campuran bubur nangka dan kelapa kopyor. Saat Ramadan, menu takjil khas Gresik ini ramai diburu pembeli.

7. Mi Glosor

mi glosor bogor
Mi Glosor | Sumber: endeus.tv

Tak ketinggalan, menu takjil dari Sukabumi yang populer di Bogor, yaitu mi glosor. Tidak seperti mi lainnya, mi glosor ini terbuat dari tepung sagu dicampur kunyit. Nama glosor sendiri memiliki arti mengalir, maksudnya mi ini mudah ditelan saat dimakan. Menu takjil yang populer di kota hujan ini, biasanya dimasak dengan campuran kol atau sawi dan disajikan bersama sambal kacang.

Bekerja Saat Puasa Anti Lesu, Perhatikan 5 Hal Ini!

Itulah tujuh menu takjil rasa nusantara yang gurih nan lezat. Ada menu minuman segar hingga kue manis yang lembut! SohIB bisa mencicipi langsung jika berkunjung ke daerah tersebut atau coba membuat sendiri di rumah. Kalau tadi ada es boh timon gapu hingga toge panyabungan, di daerah SohIB ada kudapan khas apa? Jangan lupa dicicipi dan lestarikan sebagai ciri khas masakan nusantara yang beragam, ya.