Cuti Lebaran Tahun 2023 Terbaru, Lebih Panjang!

Cuti Lebaran Tahun 2023 Terbaru, Lebih Panjang!

Orang berbondong-bondong melaksanakan sholat Idulfitri | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

“Lebaran sebentar… lagi..”

Sepenggal lirik lagu di atas mengingatkan kita kembali, bahwa tak kurang dari sebulan ke depan, kita akan mencapai puncak bulan Ramadan, yakni hari raya Idulfitri. Hayo, siapa yang sudah siap-siap baju baru dari sekarang?

Berbicara tentang lebaran, tahukah SohIB, jika cuti lebaran tahun 2023 ini sudah di-update kembali lo, oleh pemerintah. Indonesia Baik mengabarkan, jatah libur bagi para pekerja dan ASN/TNI/Polri bertambah satu hari (menjadi 7 hari) dan tanggal mulai libur menjadi maju lebih awal. Simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya!

Jadwal Cuti Lebaran Tahun 2023 Terbaru

Jadwal cuti lebaran tahun 2023
Jadwal cuti lebaran tahun 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Berdasarkan SKB 3 Menteri, cuti bersama lebaran tahun ini akan dimulai dari tanggal 19ー25 April 2023, di mana tadinya adalah 21ー26 April 2023. Adapun sebab diubahnya schedule libur tersebut adalah untuk menghindari penumpukan massa ketika mudik lebaran tiba. Hal tersebut diungkapkan oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy, sebagaimana yang diwartakan oleh Detiknews

Fyi, pada sebuah survei jumlah pemudik lebaran yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada peningkatan yang sangat signifikan di tahun ini, yakni yang tadinya (tahun 2022) ada 85 juta orang, naik menjadi 123 juta orang. Hasil tersebut tidaklah mengherankan, mengingat 2023 ini bisa dikatakan sebagai kali pertama kita benar-benar dilonggarkan protokol kesehatan setelah pandemi COVID-19 3 tahun yang lalu.

Kalau SohIB sendiri, kamu senang nggak, dengan adanya perubahan cuti bersama lebaran ini?

Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Bekerja!

Jadwal Libur dan Cuti Bersama Tahun 2023

Jadwal libur dan cuti bersama tahun 2023
Jadwal libur dan cuti bersama tahun 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Januari

Bulan pertama tahun 2023 tersebut memiliki 2 peringatan, yakni di tanggal 1 Januari (Tahun baru 2023 Masehi) dan 22ー23 Januari (Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili). Sayangnya, keduanya jatuh di hari Minggu (kecuali Tahun Baru Imlek hari kedua), sehingga kamu tidak mendapatkan ‘jatah’ libur yang sebenarnya.

Februari

Di bulan ini, terdapat ‘hanya’ satu tanggal merah, yakni pada Sabtu, 18 Februari 2023 sebagai momentum Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Beberapa instansi dan sekolah mungkin saja memiliki official hours hingga hari Sabtu, so, waktu libur ini dapat kamu manfaatkan untuk beristirahat atau melakukan me time.

Maret

Rabu, 22ー23 Maret 2023 akan menjadi hari spesial bagi teman-teman kita yang beragama Hindu. Sebab, hari itulah di mana Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 dilaksanakan.

Saat itu, masyarakat yang merayakan Nyepi–terutama di Bali sebagai komunitas warga Hindu terbesar, tidak diperbolehkan menyalakan api atau lampu, melakukan kegiatan fisik atau bekerja, dilarang bepergian ke luar rumah (melakukan introspeksi diri), serta tidak diperkenankan mengadakan hiburan untuk bersenang-senang.

Oiya, Maret bagi umat pemeluk Islam, juga menjadi bulan dimulainya puasa wajib  selama 30 hari ke depan, yakni sekitar tanggal 23.

April

Bisa dibilang, April adalah salah satu bulan di 2023 yang memiliki paling banyak tanggal merah. Mulai dari peringatan Wafat Isa Almasih yang jatuh pada hari Jumat di 7 April dan 21ー26 April sebagai Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah. Wow, banyak sekali, ya?

Mei

Bulan kelima ini memulai bulan perdananya dengan peringatan Hari Buruh di tanggal 1 Mei hari Senin. Wah, untuk SohIB yang juga memiliki jam istirahat di hari Sabtu, tentunya hal tersebut menjadikan kamu punya long weekend yang lebih dari cukup.

Tak hanya itu saja, pada Kamis, 18 Mei juga dimaknai sebagai Kenaikan Isa Almasih. Setelah menjalankan ibadah, kamu dapat memanfaatkan momen tersebut untuk berkumpul bersama keluarga atau mengembangkan hobi yang sempat tertunda.

Juni

Bulan yang satu ini menambah daftar sebagai bulan dengan hari istirahat terbanyak setelah April. Tercatat ada 4 tanggal libur, lo, yaitu 1 Juni untuk Hari Lahir Pancasila, 2 dan 4 Juni Hari Waisak 2567 BE, dan terakhir 29 Juni sebagai Hari Raya Iduladha 1444 Hijriyah.

Perhatikan baik-baik, sepanjang tanggal 1ー4 Juni secara berturut-turut ternyata adalah tanggal merah, nih! This is the real long weekend! Asyik, sepertinya SohIB yang sedang berada di luar kota harus pesan tiket kepulangan segera deh, agar berkumpul dengan keluarga.

Juli

Jadwal libur dan cuti bersama tahun 2023 | Sumber: Indonesia Baik
Jadwal libur dan cuti bersama tahun 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Meskipun hanya ada satu hari libur di pertengahan tahun 2023, tepatnya Rabu, 19 Juli untuk Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, tetap saja akan menyenangkan. Terlebih lagi, Juli merupakan bulan awal musim kemarau di Indonesia. Hmm, sepertinya berlibur ke pantai oke juga!

Transportasi Mudik Lebaran 2023, Kamu Naik Apa?

Agustus

Tentu saja kamu bisa menebak, bahwa 17 Agustus adalah hari kelahiran negara kita yang selalu dirayakan oleh setiap masyarakat di Indonesia. Biasanya, bulan kedelapan tersebut setiap rumah atau jalanan sudah ramai dihiasi oleh berbagai ornamen merah putih dan dimeriahkan oleh serangkaian aktivitas khas 17-an.

Sebut saja lomba balap karung, kelereng di sendok, memasukkan pensil di dalam botol, hingga yang paling keren, panjat pinang. Ada yang sudah pernah mencoba?

September

Hanya satu tanggal merah di bulan yang disebut ‘September Ceria’ ini, yakni Kamis, 28 September sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW. Untuk SohIB yang bekerja, siap-siap untuk menghadapi OKR dan KPI di kuarter 4, ya!

Desember

Meloncat hingga dua bulan, Desember sebagai penutup tahun 2023 mempunyai dua hari libur berturut-turut, yaitu 25ー26 Desember untuk merayakan Hari Raya Natal. Ini artinya, kamu juga memiliki long weekend dari hari Sabtu atau Minggu karena Natal diperingati pada hari Senin dan Selasa.

Suasananya tentu saja sangat meriah dan indah oleh gemerlap hiasan khas natal yang didominasi warna merah dan hijau. Bila beruntung, SohIB dapat menemukan orang-orang dengan kostum sinterklas ramah yang berada di pusat-pusat perbelanjaan, lo! Btw, kamu sudah mempersiapkan resolusi baru belum untuk tahun 2024 selanjutnya?

9 Jalan Tol Baru Siap Dibuka, Gratis untuk Mudik Nataru 2023

Itulah dia daftar hari libur nasional dan cuti bersama yang akan berlaku di tahun 2023! Total terdapat 24 tanggal merah yang ada, dengan pembagian sebanyak 16 hari untuk hari libur dan 8 hari untuk cuti bersama.

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)