Cara Praktis Penukaran Uang THR dengan Aplikasi PINTAR BI!

Cara Praktis Penukaran Uang THR dengan Aplikasi PINTAR BI!

Penukaran uang | Unsplash (Mufid Majnun)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Good day SohIB! Kalian pasti sedang sibuk mempersiapkan hari raya Idul Fitri nih! Salah satu yang tak kalah penting adalah persiapan uang THR yang akan diberikan kepada keluarga dan kerabat. Namun, tak jarang kita harus menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menukarkan uang tunai THR di bank.

Nah, tenang saja karena sekarang ada solusi praktis yang bisa membantu kita untuk mempermudah penukaran uang THR. Yuk, cari tahu cara mudah menggunakan aplikasi PINTAR BI untuk menukar uang Hari Raya! Dengan begitu, kita bisa bebas dari antrean dan lebih fokus untuk menyiapkan keperluan lainnya.

Apa itu Aplikasi PINTAR BI?

Aplikasi PINTAR BI
Aplikasi PINTAR BI | Unsplash (Mia Baker)

PINTAR atau Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) adalah aplikasi yang disediakan oleh Bank Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan penukaran uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI), penukaran uang biasa, dan uang Rupiah yang rusak atau cacat. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memesan penukaran uangmu tanpa perlu antri di bank, lo!

Jadi, nggak perlu lagi khawatir dengan kerumunan di bank saat mau ganti uang atau melakukan penukaran uang yang rusak. Aplikasi PINTAR ini bisa bikin layanan kas di Bank Indonesia jadi makin aman dan nyaman. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memesan penukaran uang secara online dan nanti bisa diambil di bank terdekat yang tersedia di aplikasi. Mantap kan, SohIB!

Manfaat Jaminan Hari Tua, Bantu Keuangan di Masa Tuamu

Cara menggunakan aplikasi PINTAR BI untuk penukaran uang THR

SohIB bisa memesan penukaran uang dengan lebih mudah dan aman tanpa perlu datang ke kantor Bank Indonesia. Caranya sangat mudah yaitu;

1. Pertama-tama, kamu harus mengunduh aplikasi PINTAR BI terlebih dahulu di App Store atau Google Play Store. Setelah itu, pada halaman utama PINTAR, kamu bisa langsung memilih menu kas keliling.

2. Selanjutnya, kamu akan diminta memilih provinsi lokasi penukaran uang Rupiah yang sesuai dengan provinsi tempat kamu berada saat ini.

3. Aplikasi PINTAR akan menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia. Nah, kamu bisa memilih lokasi dan tanggal yang paling sesuai dengan kesibukan kamu. Jangan sampai salah, ya!

4. Jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa data yang dibutuhkan seperti, NIK-KTP, nama lengkap, nomor telepon, dan e-mail.

5. Setelah itu, kamu harus menentukan berapa jumlah lembar/keping uang Rupiah yang akan kamu tukarkan melalui kas keliling sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia.

6. Setelah selesai melakukan pemesanan, kamu akan memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling. Nah, jangan sampai bukti ini hilang ya, SohIB!

7. Bukti pemesanan penukaran ini memuat informasi penting seperti kode pemesanan, nama penukar, lokasi penukaran, jadwal penukaran, dan jumlah uang Rupiah yang akan ditukarkan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Penukaran Kas Keliling

Uang yang ditukarkan haru rapi
Penukaran uang | Unsplash (Mufid Majnun)

Kalau kamu sudah memesan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling menggunakan aplikasi PINTAR dari Bank Indonesia, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih saat akan melakukan penukaran. Yuk, simak hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan penukaran kas keliling berikut ini:

  1. Pastikan kamu datang tepat waktu dan di tempat yang telah ditentukan pada bukti pemesanan yang sudah kamu dapatkan. Jangan sampai telat, nanti kamu bisa kehilangan kesempatan untuk menukar uang Rupiahmu.
  2. Ingat, jangan lupa bawa bukti pemesanan penukaran dalam bentuk digital atau hasil cetak saat kamu menukarkan uang Rupiah. Bukti pemesanan ini penting untuk memudahkan proses penukaran dan menghindari kebingungan saat menukarkan uang.
  3. Kamu harus menyiapkan uang Rupiah dalam jumlah pas dan sudah dikelompokkan berdasarkan jenis pecahan dan tahun emisi uang. Uang Rupiah juga harus disusun searah ya, jangan sampai kamu memberikan uang yang berantakan ke petugas kas keliling.
  4. Tetap jaga protokol kesehatan yang diberlakukan selama proses penukaran. Pastikan kamu selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain.
  5. Kalau kamu mengirimkan perwakilan untuk melakukan penukaran, pastikan perwakilan tersebut membawa KTP asli sesuai dengan nama yang tertera pada bukti pemesanan. Jadi, jangan sampai perwakilanmu tertahan karena tidak membawa KTP asli ya.
  6. Ingat, satu perwakilan hanya dapat mewakili penukaran paling banyak untuk 2 (dua) bukti pemesanan penukaran saja. Jadi, pastikan kamu dan perwakilanmu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.
8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

Itulah beberapa hal yang harus Sobat Rupiah perhatikan saat akan melakukan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling. Semoga bermanfaat dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan ya! Selamat hari raya idulfitri, SohIB!