6 Fakta Unik Lukisan Populer Dunia, Mona Lisa!

6 Fakta Unik Lukisan Populer Dunia, Mona Lisa!

Mona Lisa menjadi salah satu lukisan tersohor di dunia | Sumber: Unsplash (jacques bopp)

Dalam film berjudul The Da Vinci Code, terdapat sebuah lukisan perempuan tersenyum yang sangat populer di seluruh dunia, yang kita kenal sebagai Mona Lisa. Karya seni klasik buatan Leonardo da Vinci ini tercatat sejarah telah dibuat sejak tahun 1503. Kini, lukisan tersebut berada di Museum Louvre, Paris. Demi keamanannya, mahakarya da Vinci tersebut sampai harus dilindungi kaca antipeluru, lo!

Salah satu daya tarik utama para turis mengagumi Mona Lisa lantaran banyaknya misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang. Banyak spekulasi mengenai goresan da Vinci ini, seperti siapa perempuan yang ada di lukisan tersebut, alasan sang pelukis menciptakannya, makna tertentu, hingga kode yang disebut-sebut tersembunyi di balik keindahan Mona Lisa.

Tanpa berpanjang lebar, yuk, SohIB, kita simak bersama 6 fakta unik dari lukisan misterius Mona Lisa!

Baca juga: Rahasia Sukses Bill Gates, Bisa Kamu Tiru

Siapa Mona Lisa yang Sebenarnya?

https://unsplash.com/photos/0WQOCx1g8hw Photo by Eric TERRADE on Unsplash
Mona Lisa dan senyum misteriusnya | Sumber: Unsplash (Eric TERRADE)

Mayoritas pecinta seni tersebut percaya bahwa wanita asli dalam lukisan Mona Lisa adalah wanita berkebangsaan Italia bernama Lisa Maria de Gherardini. ‘Mona’ dalam bahasa Italia memiliki arti nyonya, sehingga bisa disimpulkan bahwa Mona Lisa adalah nama lain dari Nyonya Lisa.

Lisa Gherardini sendiri adalah istri dari bangsawan Italia, Francesco del Giocondo. Kala itu, mereka sedang berada di Florence sekitar tahun 1503. Oleh sang suami, wanita berusia 24 tahun tersebut diminta untuk dilukiskan oleh Leonardo da Vinci. Namun, beberapa suara menyebutkan bahwa yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa karya tersebut tidak pernah sampai ke tangan Giocondo?

Anggapan lain tentang wanita yang menjadi inspirasi Mona Lisa tersebut adalah Caterina Sforza, bangsawan Forli, dan ibu Leonardo da Vinci sendiri. Alasan terakhir muncul lantaran sang ibu dengan lukisan itu memiliki wajah yang serupa. Namun, hingga kini, tidak ada kepastian siapakah perempuan yang dilukis oleh seniman tersebut. Menurut SohIB, mana yang paling mendekati fakta?

Kode Dalam Lukisan

Melansir dari beberapa sumber, sebuah dokumen dari Journal Storage menyebutkan, bahwa melalui perbesaran dengan mikroskop terhadap gambar Mona Lisa yang beresolusi tinggi, terungkap bahwa ada rentetan angka dan huruf yang tersirat dalam lukisan tersebut. 

Pada sisi mata kanan Mona Lisa, menurut Silvano Vinceti, sejarawan seni, terdapat huruf “LV” yang disinyalir merupakan singkatan nama sang pelukis, Leonardo da Vinci. Sedangkan di mata kiri, ada dua prediksi huruf, yakni antara “CE” atau “B”. Pada jembatan belakang yang menjadi latar Mona Lisa, tampak mempertunjukkan huruf “L” dan “2” atau angka “72”. Hmm.. ambigu banget, ya?

Baca juga: 7 Superhero Dengan Kekuatan Super Duper Aneh, Apa Saja, ya?

Mona Lisa Sedang Hamil Saat Pelukisan

https://unsplash.com/photos/HJpcHy93JYUv Photo by silvia maidagan on Unsplash
Mona Lisa mengenakan kain yng dipercayai digunakan oleh wanita hamil di jamannya | Sumber: Unsplash (silvia maidagan)

Pada lukisan fenomenal ini, posisi Mona Lisa tampak menyilangkan tangannya di atas perut yang ‘diduga’ membulat. Oleh banyak orang, hal ini dipercayai sebagai bukti bahwa Mona Lisa sedang mengandung saat sedang dilukis.

Hal ini didukung oleh fakta bahwa Lisa Gherardini, sosok yang diasumsikan kuat sebagai ‘Sang Wanita’, memang hamil pada tahun yang sama karya tersebut dibuat.

Tak hanya itu, dalam gambar itu, Mona Lisa mengenakan guarnello atau kain sebagai outer yang lazim digunakan oleh perempuan mengandung pada masa tersebut.

Mata Mona Lisa yang Menyeramkan

Banyak wisatawan yang mengatakan bila mereka memandang mata Mona Lisa dari sudut manapun, tatapannya seakan terus mengawasi kita. Pada penjelasan ilmiahnya, fenomena ini dinamakan ilusi optik yang menyebabkan seakan objek yang dipandang selalu mengikuti pandangan mata kita. 

Membuat Banyak Orang Patah Hati

https://unsplash.com/photos/DCIncuh0XbY Photo by Juan Di Nella on Unsplash
Kecantikan Mona Lisa dalam lukisan membuat banyak orang jatuh cinta | Sumber: Unsplash (Juan Di Nella)

Tahukah SohIB bahwa Napoleon Bonaparte pernah sempat jatuh cinta dengan Mona Lisa hingga memajang lukisan itu selama bertahun-tahun di kamarnya? Pun ketika karya da Vinci ini dipajang pertama kalinya di Louvre, banyak pria yang terpukau oleh kecantikan sang wanita sehingga museum tersebut harus menyediakan kotak surat cinta untuk Mona Lisa. Bahkan, seorang seniman didapati bunuh diri karena tersihir dengan senyuman misterius gambar tersebut. Waduh, seram juga, ya?

Pernah Dicuri dan Rusak

Ada alasan loh, SohIB, mengapa karya seni bernilai tak terhingga ini diberikan keamanan yang sebegitu ketatnya. Ternyata, di masa lampau Mona Lisa pernah dicuri oleh seorang karyawan Louvre bernama Vincenzo Peruggia. Sebab, Peruggia berpendapat Napoleon Bonaparte mencurinya dari kota Florence dan dirinya hanya ingin mengembalikan lukisan itu ke tempat asalnya.

Mona Lisa menghilang selama dua tahun lamanya, hingga Peruggia mengontak seorang dealer seni Italia dan meminta kesepakatan agar pemerintah negara tersebut meminta uang tebusan untuk pengembalian Mona Lisa. Meski karya klasik tersebut akhirnya kembali lagi, tetapi banyak yang menduga bahwa lukisan itu telah diperbanyak dan dijual kepada pecinta seni lainnya.

Sebelumnya Peruggia terungkap, seniman beraliran kubisme, Pablo Picasso-lah yang menjadi tertuduh. Hal tersebut disebabkan karena dulunya Picasso pernah membeli dan mengklaim sebuah lukisan di Louvre.

Wah, ternyata 'hanya' karena sebuah lukisan yang begitu indahnya, terdapat banyak sekali teori yang menyertainya, lo! Hingga kini, tidak ada yang benar-benar mengonfirmasi secara resmi perihal desas-desus yang berkembang terkait Mona Lisa. Gimana menurut kamu, SohIB lebih percaya yang mana saja?

Baca juga: Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)