Rahasia Sukses Bill Gates, Bisa Kamu Tiru

Rahasia Sukses Bill Gates, Bisa Kamu Tiru

Bill Gates, bos Microsoft yang terkenal dermawan dan produktif | Sumber: gatesnotes.com

Siapa sih, yang tidak tahu Bill Gates? Penemu sekaligus bos perusahaan raksasa Microsoft ini dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya di dunia, meski sekarang tidak lagi yang pertama. Gates rela meninggalkan bangku kuliahnya di sekolah bergengsi, Universitas Harvard, demi mengejar impiannya untuk membesarkan Microsoft.

Tak hanya sukses dalam berbisnis dan berinovasi, pria asal Seattle, Washington ini bersama istrinya, Melinda Gates juga mendirikan yayasan amal paling besar di Amerika Serikat yang berfokus pada pemberantasan kemiskinan, sanitasi, kesehatan, pengembangan obat, dan lainnya.

Sebenarnya, banyak sekali orang yang menginginkan kesuksesan yang sama seperti Gates, sayangnya, tidak semua memiliki tekad dan usaha seperti milyader tersebut. Nah, kali ini, kita akan bersama-sama membahas apa saja rahasia keberhasilan laki-laki kelahiran Oktober 1955 ini. Stay tune, ya!

Baca juga: Griselda Sastrawinata, Animator Top Disney dari Indonesia!

Fokus dan Bersemangat

Pada masa merintis usahanya, Bill selalu fokus pada tujuannya dan tidak membiarkan dirinya turun semangat meski menemui berbagai kendala. Dikatakan bahwa pria tersebut bahkan tidak pernah mengambil liburnya demi mengejar target yang ingin dicapai.

Gates memiliki ambisi yang tinggi, sehingga penting baginya untuk terus menjaga energi dan kreativitasnya tetap tumbuh berkembang. Bill berpendapat bahwa ia tidak memiliki cukup bakat dan modal saat memulai bisnisnya, sehingga bekerja cerdas pun harus diimbangi dengan kerja keras.

Sifat gigih ini tidak banyak dimiliki orang-orang, lo, guys! Sebagian dari kita justru lebih mudah menyerah saat menemui kesulitan, meski tidak seberapa. Tanamkan dalam pikiran bahwa keberhasilan tanpa usaha mungkin saja ada, tetapi mungkin hanya sekecil semut dibandingkan bola dunia. Sehingga, butuh kekuatan dan keinginan yang kuat untuk tetap bertahan. Percaya deh, hasil tidak akan mengkhianati proses, betul?

Baca juga: Fakta Menarik Sang Juara Matematika Dunia, Mischka dan Devon

Temukan Tim yang Hebat

Bill beruntung mendapatkan keluarga dan sahabat yang mendukung dirinya | Sumber: gatesnotes.com

Kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh diri sendiri, melainkan juga bersama support system yang sehat dan mendukung keputusan-keputusan yang kita ambil. Untuk Gates, Steve Ballmer yang merupakan rekan semasa kuliahnya, merupakan sosok penting dalam proses melahirkan Microsoft.

Disebut-sebut, Bill Gates sangat menyesal karena meninggalkan kursi Harvard untuk bisnisnya, akan tetapi dia sangat bahagia karena ‘berhasil’ menggaet Ballmer untuk mengikuti jejaknya. Kelak, temannya ini akan menggantikan kedudukan Bill menjadi CEO Microsoft.

Layaknya anggota tubuh yang saling membutuhkan satu sama lain, bekerja dalam tim yang hebat dan memiliki visi yang sama sangat diperlukan bagi kita. Akan tetapi, pilihlah mereka yang benar-benar bisa memahami goals yang ingin dicapai dan dapat bekerja secara efisien. Langkah paling mudah? Temukan tim kece-mu saat sedang mengerjakan tugas dari guru atau dosen!

Bersantai Tetapi Tetap Produktif

Siapa bilang orang sukses bener-bener enggak pernah istirahat? Bill Gates sangat menyenangi permainan kartu yang mengasah otak bersama sahabat kesayangannya sekaligus investor paling berpengaruh di dunia, Warren Buffet.

Dalam satu tahun, suami Melinda ini juga akan menyisihkan waktu selama 14 hari untuk me time. Meskipun sedang liburan, nyatanya Gates tetap memanfaatkan masa luangnya dengan kegiatan produktif, lo! Selain suka membaca, ia akan membalas pesan-pesan pribadi, memikirkan inovasi pengembangan bagi perusahaan, dan lainnya.

Intinya, Bill menikmati setiap waktu yang dijalaninya. Saat bekerja, ia akan sangat fokus dan bersemangat. Ketika sedang beristirahat, Gates juga akan berusaha untuk tidak membuang-buang hari dengan percuma. Semua pembiasaan ini dilakukannya dengan hati yang lapang dan disiplin. Kalau SohIB, bagaimana?

Minta Nasihat Bijak

https://unsplash.com/photos/BhLSBX-0rnM Photo by Matthew Manuel on Unsplash
Microsoft, perusahaan raksasa milik Gates yang merajai pasar di dunia teknologi | Sumber: Unsplash (Matthew Manuel)

Sebagian orang-orang yang sudah ada di puncaknya, akan menjadi tempat untuk dimintai pendapat. Namun, bagi Bill, menjadi seseorang yang berilmu dan bisa berbagi pengalaman saja tidaklah cukup. Menerima nasihat yang bijak untuk dirinya tetap penting sampai kapanpun. Dia tak segan-segan untuk meminta masukan dari keluarganya dan rekan-rekan untuk pengembangan diri dan perusahaannya.

Sebuah statement Bill Gates yang sangat hebat adalah dengan belajar dari orang yang sudah pernah merasakan hal yang kita sedang capai, inilah langkah termudah untuk mendapatkan ilmu. Wah, mantab banget, nih!

Hingga saat ini, tercatat Bill Gates adalah salah satu orang terkaya di dunia yang sangat senang melakukan charity. Bisa dibayangkan, berapa juta orang di dunia ini yang telah terbantu olehnya, bukan? Bagaimana menurut kamu? Apakah SohIB siap menjadi generasi Gates selanjutnya?

Baca juga: Temukan Versi Terbaik Dirimu dengan 3 Langkah Ini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)