Apa itu Konsep Diri? Berikut 6 Langkah Menemukannya!

Apa itu Konsep Diri? Berikut 6 Langkah Menemukannya!

Ilustrasi menemukan konsep diri | Sumber: Khwancai Phantong's/Canva

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Halo, SohIB! Sudahkah kamu mengenal dirimu dengan baik? Seperti mengetahui apa kekurangan dan kelebihanmu, mampu mengukur kemampuan dan tujuan, serta menyadari peran diri terhadap lingkungan merupakan bagian konsep diri yang perlu kamu ketahui dan kembangkan. Tentunya, dengan menemukan konsep diri akan membantu kita dalam mengenal penuh diri untuk menjadi manusia yang bahagia, lo.

Apalagi di tengah perkembangan era modern ini, banyak sekali tren-tren sosial maupun kebiasaan yang mudah menarik perhatian kita untuk mengikutinya. Padahal, tren-tren tersebut belum tentu baik. Terlebih, bagi orang yang belum menemukan konsep diri, akan menganggap pandangan banyak orang itu baik. Duh, oleh karena itu penting bagi kita untuk menemukan konsep diri, ya SohIB.

Dengan menemukan konsep diri, kita nggak hanya menjadi manusia yang bahagia, tetapi juga selesai dengan diri sendiri dan siap bermanfaat untuk sekitar. Wah, keren! Iya! Memang begitu kerennya jika kita bisa menemukan konsep diri. Dari tadi sudah bahas konsep diri, tapi apa sih konsep diri itu?

Definisi Konsep Diri

konsep diri
Ilustrasi sedang berusaha menemukan konsep diri | Sumber: Los Muertos/Pexels

Mudah kok mengetahui definisi konsep diri. Jadi, konsep diri adalah kumpulan pengetahuan mengenai aspek-aspek yang unik dalam diri seseorang, mencakup tujuan hidup, kepribadian, keyakinan, karakteristik fisik, keahlian, nilai dalam diri, dan identitas. Mengenali self concept dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang tepat bagi dirinya tanpa ditekan oleh lingkungan.

Alhasil, seseorang yang memiliki konsep diri baik akan cenderung lebih sehat secara mental maupun fisik. Dirinya juga akan mudah mengembangkan potensi pribadi dan membangun hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar. Seperti di lingkup pertemanan, kerja sama, hingga keluarga. Untuk menemukan versi terbaik dirimu, yuk simak enam cara menemukan konsep diri di bawah ini!

Selangkah Lebih Produktif dengan Time Management Matrix

1. Belajar Menerima Diri

Langkah pertama untuk menemukan konsep diri yang dapat kita lakukan adalah belajar menerima diri. Walaupun tak mudah, cobalah dengan melihat diri pribadi dari pandangan sendiri. Lepaskan dulu pandangan-pandangan orang lain terhadap diri kita, kemudian sadari kelebihan dan kemampuan yang kita miliki. Setelah itu, baru gabung dengan pandangan orang lain dan terima bahwa diri kita merupakan ciptaan terbaik Tuhan dengan segala naik-turunnya kehidupan.

2. Fokus Membangun Value

Fokus membangun value
Ilustrasi fokus membangun value | Sumber: Cottonbro/Pexels

Dengan berhasil belajar menerima diri, tandanya kita siap untuk ke langkah menemukan konsep diri yang lebih dalam, yaitu fokus membangun value. Value atau nilai merupakan konsep yang terinternalisasi di dalam diri kita. Value memiliki ciri-ciri berupa hal yang dijunjung tinggi dalam kehidupan kita, pandangan yang dianggap penting, prioritas, menjadi landasan kita dalam menentukan hal baik atau buruk, dan dapat mengarahkan kita kepada pilihan yang tepat bagi diri.

3. Mengatasi Limiting Beliefs

Kalau sudah berhasil menerima diri dan membangun value, saatnya kita mengatasi limiting beliefs, yakni keyakinan yang membatasi seseorang dalam mengembangkan potensinya. Biasanya, limiting beliefs ini merupakan hasil dari ketakutan-ketakutan atau penderitaan masa lalu yang menyebabkan seseorang dapat kehilangan banyak kesempatan dalam meraih impiannya.

Untuk mengatasi limiting beliefs, kita bisa mulai menyadari bahwa itu hanya “keyakinan” bukan “kenyataan” yang dapat mengubah mindset kita untuk semangat mencoba, kemudian tantang dirimu dengan hal-hal positif yang kamu sukai, memahami kerugian jika terus-menerus mengikuti limiting beliefs, dan sadar bahwa kita punya banyak positive beliefs dalam diri.

4. Temukan Tujuan Hidup yang Realistis

Nggak cukup hanya dengan mengatasi limiting beliefs, kamu juga perlu menemukan tujuan hidup yang realistis. Karena tujuan hidup mampu memberikan makna dalam kehidupan, dengan menemukannya menjadi alasan kita untuk hidup, mengarahkan diri, hingga memberikan arti dalam kehidupan kita. Cara menemukan tujuan hidup itu tidak terlalu sulit, kok.

Ilustrasi memikirkan tujuan hidup
Ilustrasi memikirkan tujuan hidup | Sumber: Stock Snap/pixabay

Kamu bisa melakukan pencarian secara proaktif dengan mencoba banyak hal merasakan keberhasilan atau kegagalan, pencarian secara reaktif dengan belajar dari pengalaman titik balik kehidupan, dan pencarian secara sosial dengan belajar melalui interaksi serta inspirasi dari tokoh atau figur yang mengajari kita bagaimana dia bisa menemukan tujuan hidupnya. Kemudian, tiga cara tersebut diukur dengan keadaan dan harapan kita, sehingga dapat realistis.

5. Bertanggung Jawab pada Setiap Pilihan

Ketika kita sudah berhasil menerima diri, mengatasi limiting beliefs, dan menemukan tujuan hidup, alangkah baiknya agar kita mampu bertanggung jawab terhadap setiap pilihan yang sudah ditentukan. Jangan mundur dan berbalik arah menyerah. Jika sudah bertekad memulai, cobalah bertanggung jawab menyelesaikan dengan cara terbaik yang bisa kamu lakukan, ya.

5 Manfaat Teamwork untuk Pengembangan Diri, Asah Komunikasi! 

6. Cari Circle Pertemanan yang Tepat

Sampai sini sudah cukup tahu langkah menemukan konsep diri, SohIB? Kalau sudah, kamu perlu mendukungnya dengan cara menghadirkan circle pertemanan yang tepat. Maksud dari tepat bukan harus yang baik, penuh ambisi, dan pintar. Lingkup pertemanan yang tepat bagi setiap orang itu berbeda dan tentu yang tepat adalah yang sesuai dengan value serta tujuan hidup kita. 

Mencari circle pertemanan yang tepat memang sering dinilai sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Kamu dapat memulai dengan mengenali teman-temanmu yang memiliki tujuan sama. Kemudian, jalin hubungan dan komunikasi yang baik dengannya. Seiring berjalannya waktu berawal dari dua orang akan menghasilkan circle tepat yang diisi oleh teman-teman dengan value dan tujuan sama.

Itu dia enam cara menemukan konsep diri yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan. Dengan tekad mengubah diri ke arah yang lebih baik, konsep diri yang sering dianggap sulit ditemukan akan mudah kamu jalani. Tentunya, harus dibersamai dengan semangat perubahan dan usaha yang kuat. Semoga SohIB yang sedang berusaha menemukan konsep diri, diberi kemudahan dan dikelilingi orang baik, ya!