5 Fakta Menarik Tentang Ibu Kota Indonesia yang Baru

5 Fakta Menarik Tentang Ibu Kota Indonesia yang Baru

Jakarta sebagai ibu kota Indonesia saat ini | Sumber: Unsplash (Eko Herwantoro)

Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa Indonesia akan pindah ibu kota di masa depan. Bahkan, rencana tersebut telah mulai digarap sejak tahun 2022 lalu hingga sekarang. Pemilihan nama, desain tata kota, hingga lokasinya sudah ditentukan. Nantinya, ibu kota akan diberi nama Ibu Kota Nusantara (IKN).

Btw, pindahnya ibu kota negara kita tentunya nggak bisa diputuskan dengan terburu-buru. Perlu adanya landasan hukum yang menaunginya. That’s why SohIB, Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dibuat. Kabar baiknya adalah regulasi tersebut sudah disahkan oleh DPR. Karena itu, pembangunan IKN sudah mulai di-gaskeun!

Nah SohIB, kalau kamu belum tahu banyak tentang IKN ini, yuk, simak dulu fakta menariknya!

Dimana Lokasi Ibu Kota Indonesia yang Baru?

Menilik ke belakang, terdapat berbagai usulan dan taksiran lokasi yang akan digunakan sebagai IKN. Namun, tentunya semua itu ada di luar Pulau Jawa. Kini, keputusan sudah diketuk palu dan daerah yang sudah pasti dijadikan sebagai ibu kota baru adalah Kalimantan Timur, tepatnya di Penajam Paser Utara.

Adapun alasan pemilihan Kaltim sebagai wadah pemerintahan baru, sebagaimana yang diberitakan oleh Kemensetneg adalah berikut ini:

  1. Letaknya yang strategis, sebab ada di tengah wlayah Indonesia yang dilewati alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) II di Selat Makassar. FYI, lokasi ini juga punya peran sebagai jalur laut utama nasional dan regional.
  2. Lokasi ada di dekat dua kota besar yang sudah berkembang, yakni Balikpapan dan Samarinda.
  3. Punya infrastruktur yang sudah memadai, meliputi bandara, jalan tol, pelabuhan, hingga air minum.
  4. Lahan yang luas dan wilayah yang minim resiko bencana alam.
Penduduk Indonesia Didominasi Oleh Pemuda, Ini Keuntungannya!

Pemilihan Nama ‘Nusantara’

Sebagaimana yang sudah digaungkan, Nusantara telah dipilih sebagai nama IKN. Namun, tahukah kamu bahwa sebelum nama tersebut disahkan, pemerintah telah mengusulkan lebih dari 80 nama dan disampaikan oleh para ahli. Sebut saja Kertanegara, Pertiwipura, Nusa Karya, hingga Cakrawalapura. Presiden Jokowi kemudian memilih Nusantara.

Pertimbangannya adalah karena Nusantara sudah dikenal luas oleh masyarakat sejak dulu dan menjadi ikon Indonesia. Adapun nama itu sendiri menggambarkan keberagaman di negara kita. Gimana menurut SohIB?

Jakarta Bakal Jadi Apa?

jakarta
Salah satu sudut Jakarta sebagai kota bisnis di Indonesia | Sumber: Muhammad Rizki)

Kalau Jakarta sudah tidak menjadi ibu kota, lantas bagaimana nasibnya? Well, kota besar ini sendiri akan tetap sebagai pusat bagi pertumbuhan bisnis, keuangan, dan ekonomi, kok. Sedangkan IKN adalah pusat administrasi pemerintahan. Cermati.com menuliskan bahwa aset pemerintah yang ada di Jakarta bisa diberdayagunakan sehingga dananya bisa dipakai untuk kebutuhan pembangunan IKN.

Lagipula SohIB, pindahnya ibu kota Indonesia sebetulnya bukanlah hal baru. Sebab, kita sudah mengalami perpindahan sebanyak tiga kali di masa lalu. Yang pertama adalah pindahnya ibu kota dari Jakarta ke Yogyakarta (1945), Bukittinggi, Sumatra Barat (1948), dan terakhir adalah Bireun, Aceh (1948). So, kita doakan saja kali ini akan menjadi langkah yang baik dan tepat di masa depan, ya.

Kompleks Istana Presiden Didesain Pemahat Patung dari Bali

5 Inovasi TIK Anak Muda Indonesia, Membanggakan!

Keindahan corak khas dan kerajinan Indonesia bukanlah rahasia. Oleh sebab itu, desain kompleks istana presiden tentu saja juga harus yang bisa mempresentasikan kelebihan kita tersebut.

Adalah Nyoman Nuarta, seorang seniman dan pemahat patung terkenal dari Bali yang desain istana presidennya telah disetujui oleh Presiden Jokowi. Berdasarkan video-video yang beredar, pusat pemerintahan tersebut tampak sangat megah bak istana yang terdiri dari dua bangunan paling besar.

Terdapat banyak sekali space hijau atau ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh publik dan ditanami banyak sekali tumbuhan. Btw guys, kontur tanah di sana yang kurang rata justru akan menambah keindahan desain kompleks istananya. 

Yang paling mencolok adalah bangunan paling tinggi yang dilengkapi dengan bilah-bilah bebas angin yang bentuknya dibuat menyerupai burung Garuda mengepakkan sayap. Sebagai informasi, kompleks istana di Kaltim akan mengusung konsep smart eco-friendly.

Tahapan Pembangunan IKN

Pembangunan Ibu Kota Nusantara terdiri dari empat tahap, inilah rinciannya:

  1. Tahun 2022-2024

Pembangunan infrastruktur utama yang meliputi Istana Kepresidenan, gedung MPR/DPR, perumahan, dan pemindahan ASN.

  1. 2025-2035

Pembangunan IKN sebagai pusat inovasi dan ekonomi. Pemindahan pusat pemerintahan ini dilanjutkan bersamaan dengan pengembangan dari sektor ekonomi prioritas sampai ke tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).

  1. 2035-2045

Pembangunan berfokus pada infrastruktur dan ekosistem tiga kota. Jaringan utilitas yang berkelanjutan juga akan dibangun dengan pengembangan pusat inovasi dan talenta.

  1. 2045 dan seterusnya

Pengukuhan reputasi sebagai kota Dunia untuk Semua dan terdepan dalam daya saing. Indonesia menargetkan mampu masuk menjadi 10 kota layak huni terbaik, mencapai nol emisi karbon, dan 100% energi terbarukan. Tak hanya itu, pemerintah juga berusaha untuk menjadi kota pertama di dunia yang jumlah penduduknya mencapai lebih dari 1 juta jiwa.

Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Wow, makin excited untuk menunggu IKN segera berdiri ya, SohIB! Kita tunggu saja kesuksesan perpindahan ibu kota ini dan mari doakan agar lancar sesuai rencana.

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)