Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Mi instan menjadi makanan yang sangat digemari banyak orang, sebab mudah peracikannya | Sumber: Unsplash (sq lim)

Siapa yang nggak suka mi instan? Bila boleh Kak IBe menyusun daftar makanan terenak di dunia, maka pilihannya jatuh pada mi instan! Ternyata, warga negara Indonesia sendiri suka banget lo, dengan yang makanan yang satu ini! Bahkan, berdasarkan data terbaru yang dihimpun dari World Instant Noodles Association (WINA), tanah air tercinta menjadi pemakan mi instan terbanyak kedua secara global tahun 2021. Ah, yang bener?

5 Fakta School Bullying dalam Drakor Weak Hero Class 1, Sudah Tahu?

Daftar Negara Konsumen Mi Instan Terbanyak di Dunia

Melansir dari Indonesia Baik, data dari Instantnoodles menyebutkan bahwa konsumsi Indonesia terhadap makanan enak tersebut meningkat sebanyak 4,98% dari tahun sebelumnya atau sebesar 13,27 miliar bungkus per tahun 2021. Jumlah ini mengantarkan negara kita menjadi konsumen mi instan tertinggi kedua di dunia, setelah Tiongkok dengan angka yang cukup signifikan, yakni 43,99 miliar bungkus.

Adapun negara-negara lainnya yang masuk dalam daftar pemakan instant noodles terbanyak secara global adalah sebagaimana berikut:

  1. China/Hongkong: 43,990
  2. Indonesia: 13,270
  3. Viet Nam: 8,560
  4. India: 7,560
  5. Jepang: 5,850
  6. USA: 4,980
  7. Filipina: 4,440
  8. Korea Selatan: 3,790
  9. Thailand: 3,630
  10. Brazil: 2,850

Yang sangat mengejutkan, Jepang yang selama ini kita kenal sebagai negara pemakan mi justru berada di peringkat kelima. Padahal, mi instan sendiri sebetulnya berasal dari Negeri Sakura tersebut, lo!

Konsumsi Mi Instan di Indonesia

Sebuah survei yang dilakukan pada bulan Maret 2021 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa penduduk kita rata-rata menyantap mi instan sebanyak 48 bungkus dalam setahun, dengan total seluruh warga mencapai 13,2 miliar bungkus dan tiap bungkusnya berbobot 80 gram. Bahkan, dalam 5 tahun terakhir, jumlah konsumen makanan tersebut terus bertambah.

5 Fakta dan Cara Terhindar dari Virus Trojan, Sudah Tahu?

Mi Instan dari Indonesia yang Populer

Berbicara tentang per-mi-an, sepertinya akan kurang lengkap apabila kita tidak membahas tentang produk-produk instant noodle dari negara kita yang sudah dikenal luas oleh dunia, bahkan sering di-review oleh para influencer saking tenarnya.

The Ramen Rater, sebuah website yang secara khusus hadir untuk mengulas berbagai olahan mi instan di dunia sejak tahun 2002 mengulas 10 Best Indonesia Instant Noodle edisi tahun 2021. Simak berikut ini!

  1. Indomie Real Meat Mi Instan Goreng Rendang
  2. Indomie Mi Instan Mi Goreng
  3. Indomie Mi Goreng Rendang
  4. ABC Mi Instant Goreng
  5. Lemonilo Mie Instan Alami Rasa Mie Goreng
  6. Salam Mie Mi Goreng Ala Jawa Dengan Sambal Cabe Asli
  7. FitMee Konjac Chicken Soto
  8. Nissin UFO Fried Ramen Japanese Sauce Flavour
  9. Alhami Mi Goreng Spesial
  10. SuperMi Gobang Goreng Rasa Ayam Bawang

Dari kesepuluh list di atas, merek Indomie menjadi salah satu yang paling diminati warga asing. Terlebih lagi, ia memiliki rasa khas yang tidak tergantikan dan punya banyak varian rasa khas nusantara, seperti soto, rendang, geprek matah, hingga seblak jeletot. Banyak testimoni atau video reaction di media sosial yang membahas tentang makanan kebanggaan lokal tersebut.

Btw, kuah mi instan di negara kita rata-rata terbuat dari kaldu ayam dan kaldu sayur-sayuran. Hal ini terbilang lazim, mengingat Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam dan harus makan makanan halal.

Adapun untuk topping yang paling disukai untuk disajikan sebagai pendamping mi instan adalah telur goreng atau rebus, ayam goreng, udang goreng, hingga kerupuk. SohIB sendiri suka yang mana, nih?

So, itulah tadi informasi seputar mi instan dan fakta tentang konsumen makanan tersebut di Indonesia. Apakah SohIB setuju bahwa kita terbilang sering makan sajian yang terbuat dari tepung terigu tersebut? Komen di bawah, dong!

Ratu Elizabeth II Wafat, Ini Sederet Fakta Tentangnya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)