Penduduk Indonesia Didominasi Oleh Pemuda, Ini Keuntungannya!

Penduduk Indonesia Didominasi Oleh Pemuda, Ini Keuntungannya!

Pemuda sedang mengibarkan bendera Indonesia | Pexels (Dio Hasbi Sanikoro)

Sebuah hasil survei di bulan Maret 2022 didapatkan dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai jumlah penduduk Indonesia menurut kelompok umur dan jenis kelamin. Hasilnya, ternyata mayoritas penduduk negara kita adalah kategori pemuda dengan persentase sebanyak 24% atau 65,82 juta jiwa.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, yang disebut sebagai “pemuda” adalah warga negara Indonesia yang berusia 16 sampai 30 tahun.

Meskipun sebetulnya angka di atas menurun sekitar 0,79% bila dibandingkan dengan 10 tahun lalu, sebetulnya, dalam kurun tiga tahun terakhir, nilai ini terus meningkat, lo!

8 Keunikan Warga Indonesia, Bikin Bule Terheran-heran

Adapun pada data yang lebih spesifik lagi, dilansir dari Indonesia Baik, kelompok usia pemuda terbanyak berada di umur 19-24 tahun (40,10%), usia 25-30 tahun (39,56%), dan terakhir pemuda remaja umur 16-18 tahun (20,34%). Menurut SohIB, dominasi tersebut apakah menjadi kabar yang baik untuk negara kita?

Peran Pemuda untuk Kemajuan Bangsa

Penduduk Indonesia didominasi oleh pemuda
Penduduk Indonesia didominasi oleh pemuda | Sumber: Indonesia Baik

Sebuah cuplikan pidato yang dilontarkan oleh Presiden RI pertama, bapak Soekarno, sangat terkenal hingga sekarang, “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Dari sini, kita bisa melihat betapa peran pemuda bagi Indonesia sejak dulu sangatlah penting. Tidak sedikit lo, para pemuda zaman dulu yang berjasa bagi kemajuan dan pertahanan Tanah Air.

Apabila SohIB mengingat peristiwa pelengseran Orde Baru yang dianggap merugikan rakyat pada masanya, para mahasiswa-lah yang berjasa untuk menghentikan kezaliman tersebut. Mereka rela turun ke jalan untuk melakukan unjuk rasa demi keadilan dan kesejahteraan Indonesia. Bahkan, nggak sedikit yang akhirnya gugur dan menjadi pahlawan yang dikenang sepanjang sejarah.

Di era yang lebih modern, kita mengenal kak Maudy Ayunda, di mana ia adalah seorang penyanyi dan aktris yang membanggakan Indonesia. Selain berkuliah di dua universitas paling bergengsi di dunia, wanita tersebut beberapa waktu lalu juga didapuk menjadi juru bicara di perhelatan Presidensi G20.

Belum lagi dengan para atlet dan olahragawan Tanah Air yang terus membuat kita meneteskan air mata haru, sebab terus berusaha mengharumkan negara kita dengan prestasi mereka. Ini semua adalah bukti di mana generasi muda memegang peranan yang nggak main-main untuk bangsa. Setuju tidak?

Membeli Buku Jangan yang Bajakan, Ini 5 Alasannya!

Cara Pemuda Berkontribusi untuk Indonesia 

Di masa kini, meskipun kita tak lagi ada peperangan dengan bambu runcing ataupun unjuk rasa seperti dulu, SohIB tetap bisa kok, berkontribusi bagi kemajuan negara tercinta. Apa saja?

Memperkaya Wawasan

Memperkaya wawasan diri tidak hanya bisa kita dapatkan dari bangku sekolah, tetapi juga dilengkapi dengan rajin membaca, bertukar pikiran dengan orang-orang, dan memanfaatkan teknologi sebagai penunjangnya. Adapun manfaat dari menjadi orang yang pandai adalah mempermudah kita untuk bersosialisasi, meningkatkan keterampilan, dan lebih siap menghadapi persaingan dalam maupun luar negeri.

Ingat SohIB, Imam Syafi’i pernah berkata, “Jika Kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan.” Merupakan sebuah kenikmatan apabila kita punya kesempatan untuk belajar. Akan lebih baik lagi jika bisa kamu bagikan ilmu tersebut ke orang lain.

Menumbuhkan Rasa Patriotisme

Mencintai negeri yang indah ini punya banyak cara, seperti bangga menggunakan produk lokal, turut mempertunjukkan kebudayaan kita kepada negara lain, tidak membeli produk bajakan, hingga menjaga persatuan negara.

Di dunia internasional, Indonesia bahkan sangat disanjung dan dihormati sebagai negara yang kaya akan budaya dan keramahan penduduknya. Maka dari itu, marilah kita menjadi cermin bagi negara kita dengan menjadi warga yang tak hanya cinta Tanah Air, tetapi juga berbudi.

Tidak Menyebarkan Berita Hoaks atau Ujaran Kebencian

Internet di masa kini menjadi salah satu media terbesar bagi orang-orang saling berbagi informasi dan pengetahuan. Namun, masih saja beberapa pengguna memanfaatkannya untuk menyebarkan berita tidak benar dan hujat-menghujat. Inilah yang menyebabkan kondisi di media kita begitu panas dan saling serang. Sangat disayangkan bukan?

Oleh karena itu, pandai memfiltrasi berita dan tidak menyebarkannya apabila belum terkonfirmasi dengan benar adalah salah satu sumbangsih kita untuk turut mencerdaskan warga dan menjaga keamanan di wilayah Indonesia.

Mengembangkan Potensi Diri dan Disalurkan ke Arah yang Benar

Setiap orang sebetulnya memiliki potensi besar dalam dirinya. Tugas bagi kita bersama adalah mengembangkan bakat tersebut dan menyalurkannya untuk tujuan yang benar. Jangan sampai SohIB terjerumus atau menjerumuskan orang lain ke arah yang justru akan merugikan.

Menjaga Kebiasaan Baik yang Mengingatkan Kita Pada Indonesia

Mengikuti upacara setiap hari Senin, bangga mengenakan batik atau produk lokal, dan berpartisipasi pada gotong royong adalah beberapa warisan sejarah dari nenek moyang kita. Hal-hal seperti ini, meskipun tampaknya kecil dan biasa saja, sebetulnya adalah bentuk kontribusi kita sebagai pemuda dan warga Indonesia yang baik, lo!

Menurut SohIB, apa lagi nih, hal yang bisa kita lakukan sebagai pemuda untuk berkontribusi bagi negara? Komen di bawah, dong!

Beasiswa Kominfo Kembali Dibuka untuk Dalam dan Luar Negeri, Yuk Daftar!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)