5 Inovasi TIK Anak Muda Indonesia, Membanggakan!

5 Inovasi TIK Anak Muda Indonesia, Membanggakan!

Salah satu robot yang diklaim bisa membantu mempermudah pekerjaan manusia | Sumber: Unsplash (Alex Knight)

*Spoiler: ada informasi mengenai kompetisi Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) oleh Kominfo

Indonesia nggak pernah kekurangan orang pintar! Statement ini bisa dibuktikan dengan banyaknya prestasi anak bangsa di berbagai sektor, tak terkecuali di teknologi. Pada era yang serba maju dan digital ini, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) perlahan mulai menggeser metode-metode yang lebih konvensional atau menciptakan temuan baru. Tak ayal, inovasi di bidang tersebut begitu besar dan generasi muda adalah salah satu penggeraknya.

Nah SohIB, di bawah ini adalah 5 inovasi TIK yang telah dibuat oleh teman-teman kita di Indonesia. Bahkan ada yang sudah dimanfaatkan ke banyak negara juga, lo! Check informasinya di sini!

PetaNetra

PetaNetra adalah aplikasi peta yang dirancang untuk para penyandang tunanetra. Dilansir dari medcom.id, Alif Mahardika, sebagai co-founder PetaNetra, menyatakan bahwa inspirasi penemuan tersebut didapatkan dari salah satu anggota timnya dan orang tuanya sendiri yang telah kehilangan penglihatan sejak lama. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari akun resminya, PetaNetra menggunakan Augmented Reality (AR) untuk menyediakan indoor navigasi yang aman, akurat, dan nyaman bagi penggunanya. Adapun AR sendiri adalah sebuah teknologi yang memasukkan unsur-unsur dunia nyata ke dalamnya. Ia menggunakan elemen visual digital, suara, dan sensorik lainnya untuk disampaikan melalui teknologi.

Ke depannya, PetaNetra diharapkan mampu bekerja sama dengan pengelola transportasi umum di negara kita untuk aksesibilitas para penyandang tunanetra. Keren banget, ya?

Gojek

gojek
Gojek turut berkontribusi menjadi peluang lapangan kerja bagi masyarakat | Sumber: Gojek.com

Siapa sih, yang nggak mengenal nama yang satu ini? Gojek merupakan perusahaan berbasis teknologi yang melayani layanan jasa ojek dan pengantaran barang melalui perangkat lunak. Singkatnya, aplikasi tersebut adalah fasilitas ojek versi online. Nadiem Makarim menciptakan ide ini ketika ia berusia 26 tahun.

Gojek lahir berawal dari kegelisahannya yang sering kesulitan menemukan ojek motor untuknya pergi-pulang kantor. Ia kemudian “meramu” sebuah software yang bisa diunduh dan digunakan oleh user ponsel berbasis Android atau iOS untuk menemukan driver ojol dan mengestimasi biaya serta jaraknya.

Bahkan, perusahaan yang kini menjadi Decacorn pertama dan satu-satunya dari Indonesia tersebut sudah merambah ke layanan pesan antar makanan, obat, jasa cleaning service, hingga merger dengan Tokopedia. Btw, Gojek juga sudah melebarkan sayapnya ke dua negara lain, yakni Vietnam dan Thailand.

Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile

PeduliLindungi

pedulilindungi
Tampilan baru PeduliLindungi yang kini berubah menjadi SatuSehat | Sumber: Dokumentasi SohIB

PeduliLindungi menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh orang Indonesia sepanjang tahun 2020ー2022 lalu. Hal ini tidaklah mengherankan, sebab software yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi tersebut menjadi sebuah syarat wajib bagi masyarakat untuk bepergian dan menggunakan transportasi umum.

Dengan perangkat lunak tersebut, kita bisa mendapatkan berbagai informasi penting seputar COVID-19, seperti daerah yang terindikasi zona merah atau hitam (jumlah kasus COVID-19 tinggi), penerbitan sertifikat vaksin COVID, sampai lokasi swab dan antigen terdekat. Btw, aplikasi ini terinspirasi dari Trace Together milik Singapura, tetapi dibuat dengan versi lebih canggih. Namun, jangan khawatir, PeduliLindungi sudah mendapatkan izin kok, dari Kedutaan Besar Singapura!

IndonesiaBaik.id

indonesiabaik.id
Tampilan depan IndonesiaBaik.id dengan ragam informasinya | Sumber: Indonesiabaik.id

IndonesiaBaik.id merupakan sebuah platform yang diluncurkan oleh Kemenkominfo sebagai upaya menyediakan media yang memberitakan informasi yang positif tentang Indonesia dengan cara yang milenial banget, sesuai dengan perkembangan zaman. Diharapkan, adanya portal ini juga bisa mewadahi masyarakat untuk turut berkontribusi mengisi konten-konten yang positif.

IndonesiaBaik.id telah memenangkan penghargaan di World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2018. Perhelatan tersebut dilangsungkan di Jenewa, Swiss, pada Maret 2018 lalu, guys. Saat ini, beragam informasi menarik dan kece seputar Indonesia dan program pemerintah seperti infografis, video, dan motion tersedia pada kanal ini. Sebagai informasi tambahan, SohIB sendiri juga merupakan bagian dari IndonesiaBaik.id, lo!

Bahasa Paling Mudah di Dunia Untuk Dipelajari

Ruangguru

Ruangguru adalah salah satu platform yang bergerak di bidang pendidikan nonformal paling besar di Indonesia. Berdiri di tahun 2014 silam, dua penggagasnya masih anak muda, SohIB! Namanya adalah Belva Devara dan Imam Usman.

Kini, Ruangguru sudah memiliki lebih dari 22.000 pengguna dan mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Mitranya juga sudah tersebar di berbagai Pemerintah Provinsi dan Kota-Kabupaten di Indonesia. Kamu bisa menemukan beragam layanan belajar berbasis teknologi yang yang nggak hanya informatif, tetapi juga dengan cara yang fun. Tentunya, semua ini bisa diakses dengan mudah dan di mana saja dengan bantuan internet. 

Btw, kamu sudah tahu belum, kalau pada bulan MaretーJuli 2023 ini, Kominfo kembali menyelenggarakan Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK), lo! Ajang tersebut merupakan kompetisi yang bertujuan untuk menggali potensi karya anak bangsa di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Karya yang terpilih nantinya akan diikutkan pada ajang perlombaan tingkat regional, ASEAN ICT Award (AICTA) untuk mewakili Indonesia. Tema besar kali ini adalah Collaborate to Grow Stronger. Cek informasinya di sini, ya!

Rekomendasi Website dan Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing, Serasa Main Game!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)