Ragam Aroma Essential Oil dan Manfaatnya

Ragam Aroma Essential Oil dan Manfaatnya

Essential oil memiliki manfaat untuk kesehatan, tergantung pada jenisnya | Sumber: Unsplash (Chelsea Gates)

Siapa yang menggunakan diffuser sebagai pewangi ruangan? Beberapa tahun terakhir, minat masyarakat terhadap essential oil semakin besar, tak terkecuali kawula milenial. Apalagi dengan banyaknya kampanye tentang sadar kesehatan dan penggunaan bahan alami lebih ramai digaungkan, memiliki minyak beraroma wangi ini menjadi trend tersendiri. SohIB, apakah kamu sudah tahu apa itu essential oil?

Minyak atsiri, biasa disebut juga sebagai minyak terbang, minyak esensial, maupun aromatik, masuk ke dalam kelompok besar minyak nabati dengan wujud cairan kental, tetapi mudah menguap pada suhu ruangan, dan memiliki aroma khas. Bahan-bahannya murni dari ekstrak tanaman dan merupakan hasil penyulingan akar, buah, bunga, dan biji buah. Hasil distilasi inilah yang sering kita kenal sebagai bibit minyak wangi.

Pada pengaplikasiannya, essential oil sering diteteskan pada air matang dalam mesin diffuser atau purifier sebagai pengharum ruangan. Di pasaran saat ini, telah kita temukan berbagai jenis bebauan esensial untuk dipilih. 

Baca juga: Mengapa Etos Kerja Penting?

Eitss.. selain sebagai pengharum ruangan, ternyata essential oil juga memiliki manfaat untuk kesehatan lo, SohIB! Wah, apa saja, ya? Berikut adalah 7 aroma minyak atsiri yang paling sering digunakan oleh pecintanya beserta fungsinya!

Green tea 

Memiliki bau yang khas seperti teh hijau, green tea sangat awet apabila dijadikan sebagai pengharum ruangan. Selain itu, aroma ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan anti bakteri.

Lavender

https://unsplash.com/photos/ClWvcrkBhMY Photo by Daiga Ellaby on Unsplash
Lavender memiliki bau yang tidak mencolok dan menenangkan stres | Sumber: Unsplash (Daiga Ellaby)

Wewangian bunga ini memang sudah sering dipakai sejak dulu kala karena dipercaya sebagai anti nyamuk, anti stres, membantu mengatasi PMS, dan membuat rileks saat tidur. Aromanya sangat lembut dan tidak terlalu kuat, sehingga cocok untuk SohIB yang lebih nyaman dengan bau tidak mencolok.

Eucalyptus

Eucalyptus merupakan nama latin dari minyak kayu putih. Bisa digunakan sebagai campuran ataupun esensial tunggal untuk membantu menghalau penyakit musiman yang menyebar melalui udara, seperti flu, hidung tersumbat, dan batuk.

Baca juga: Mengapa Etos Kerja Penting?

Amber

https://unsplash.com/photos/DU1nLR0u92E Photo by Christian Lambert on Unsplash
Amber terbuat dari ekstrak getah pohon dan memiliki bau yang misterius | Sumber: Unsplash (Christian Lambert)

Lahir dari ekstrak dari damar atau getah pohon kayu, amber memiliki bau yang kuat untuk menjadi pengharum ruangan dalam jangka panjang. Beberapa orang mungkin akan kurang cocok dengan aroma tersebut sehingga perlu penyesuaian.

Peppermint

Salah satu bahan yang sering sekali menjadi campuran karena memiliki efek menyegarkan bagi pernapasan dan udara. Selain itu, peppermint dapat membantu menyembuhkan jerawat, menenangkan kulit yang iritasi, dan mengatasi kulit kepala yang kering. Caranya adalah tambahkan ke dalam shampo atau kondisioner, kemudian pijat saat keramas.

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Pembuatan CV yang Sering Kita Lakukan

Citrus

https://unsplash.com/photos/0APQd9lx_Ck Photo by Łukasz Rawa on Unsplash
Citrus lebih dikenal sebagai bau-bauan rasa jeruk | Sumber: Unsplash (Lukasz Rawa)

Biasa kita identifikasikan sebagai bau-bauan jeruk, citrus terbuat dari kulit buahnya. Citrus dapat kita gunakan untuk membantu mengendalikan gejala depresi sehingga pikiran menjadi lebih santai dan meningkat konsentrasi belajar. Namun, penyimpanan aroma ini harus selektif dan tidak bisa kita pakai dalam waktu yang lama karena mudah teroksidasi.

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Pembuatan CV yang Sering Kita Lakukan

Grapefruit

Nama lain dari jeruk bali merah ini ternyata memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan untuk orang yang sedang berdiet, lo! Grapefruit bisa menjadi sahabat diet SohIB karena khasiatnya untuk mengurangi nafsu makan dan rasa lapar. 

Nah, setelah melihat penjelasan di atas, kira-kira wewangian seperti apa sih, yang kamu paling sukai? Apakah SohIB senang mencampurkan berbagai jenis essential oil atau lebih suka satu aroma saja?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget SohIB baca. So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)