5 Rekomendasi Portal Lowongan Kerja Tepercaya

5 Rekomendasi Portal Lowongan Kerja Tepercaya

Saat ini, beragam website penyedia info pekerjaan sedang digandrungi anak muda | Sumber: unsplash (Free To Use Sounds)

Dengan berkembangnya teknologi dan digital di era ini, mencari pekerjaan tak lagi sesulit dulu. Berbagai kemudahan telah ditawarkan dari masa yang modern ini, tak terkecuali dari platform-platform penyedia layanan kerja.

Terdapat banyak sekali portal lowongan kerja yang tersedia di mesin pencarian. Jika SohIB mengetikkan kata “lowongan kerja”, maka kamu akan menemukan puluhan website dengan ribuan rekrutmen kerja di dalamnya.

Pertanyaannya, apakah semua situs tersebut dapat dipercaya? Bagaimana tidak, saat memasukkan lamaran, SohIB diminta untuk mengisi data diri yang selengkap mungkin sebagai pertimbangan perusahaan yang akan menyeleksi kamu. Bila data pribadi tersebut jatuh ke tangan pihak yang salah, wah, bisa gawat, tuh.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi portal lowongan kerja yang sudah tervalidasi kepercayaannya. Cek bersama-sama, yuk!

Jobstreet.id

Jobstreet salah satu portal kerja yang paling sering digunakan di Indonesia | Sumber: Jobstreet.id
Jobstreet salah satu portal kerja yang paling sering digunakan di Indonesia | Sumber: Jobstreet.id

Portal lowongan kerja yang didirikan di Malaysia ini telah ada sejak tahun 1997. Jobstreet mempunyai peran sebagai fasilitator antara pencari kerja dengan perusahaan yang telah tergabung dalam layanan ini.

Di tahun 2014, Jobstreet telah terdaftar sebagai SEEK Limited atau perusahaan penyedia informasi lowongan kerja terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar. Keren banget, ya!

Jika SohIB berminat mencari pekerjaan hingga keluar negeri, Jobstreet cocok banget lo, guys. Karena portal ini telah bermarkas di lima negara di Asia, yaitu Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. So, jaringan informasinya luas banget.

Cara menggunakannya mudah, kok. Langkah pertama adalah daftarkan dirimu dengan akun email atau Facebook, isi data diri, dan selesai. SohIB bisa segera berseluncur mencari pekerjaan yang sesuai dengan peminatan dan jurusanmu. Tersedia berbagai lowongan kerja dengan spesifikasi gaji, keahlian, hingga lokasi pilihan.

Baca juga: 6 Soft Skills yang Wajib Dikuasai Sebelum Usia 30

Glints.id

Glints, pemain baru di situs penyedia kerja, tetapi sudah populer sejak diluncurkan | Sumber: Glints
Glints, pemain baru di situs penyedia kerja, tetapi sudah populer sejak diluncurkan | Sumber: Glints

Glints tampil dengan mencolok di Indonesia sejak tahun 2016. Portal lowongan kerja yang mempunyai ciri khas anak muda banget ini berasal dari Singapura. Jika SohIB lihat, tampilan visualnya unik dan so colorful.

Situs berlogo bintang ini sering banget posting di media sosial mereka tentang serba-serbi kerja dan perekrutan. Glints juga tidak jarang menyediakan pelatihan berbasis online untuk siapapun yang telah bergabung di portal tersebut. Tentunya kamu akan menemukan ribuan lowongan kerja dan magang yang bisa SohIB pilih sesuai minatmu.

Kalibrr.com

Selain menyediakan informasi kerja, Kalibrr juga sering digunakan untuk tes-tes keahlian | Sumber: Kalibrr
Selain menyediakan informasi kerja, Kalibrr juga sering digunakan untuk tes-tes keahlian | Sumber: Kalibrr

Kalibrr adalah situs penyedia lowongan kerja yang bermukim di Filipina. Berdiri sejak 2012, Kalibrr telah melayani lebih dari 18 ribu klien dan terus berkembang.

Dari ratusan company yang tergabung di sini, banyak di antaranya merupakan perusahaan yang sering SohIB dengar, lo! Sebut saja Bank Mandiri, Gojek, Permata Bank, Transmart, Allianz, Tokopedia, UNDP, Toyota Indonesia, OVO, Bank BCA, Wuling Motors, dan lain-lain.

Kalibrr juga bekerja sama dengan organisasi di bidang pendidikan seperti PPI Amsterdam, AIESEC, ANUISA, PERMIAS MICHIGAN, dan masih banyak lagi.

Saat kamu mendaftar portal ini, terdapat kelompok pekerjaan yang memudahkan kamu dalam melakukan pencarian job. Misalnya untuk SohIB yang suka desain visual, maka filter Media & Creatives bisa kamu pilih.

Lebih menariknya lagi nih, di Kalibrr ini, kamu juga bisa melakukan  soft skill test sebagai pengganti psikotes yang biasa dilakukan oleh perekrut kerja. Tes ini enggak sembarangan lo guys, karena situs tersebut telah berkolaborasi dengan Asian Development Bank (ADB) untuk peningkatan mutu SDM di negara berkembang.

Baca juga: Kenali Penyakit Tipes Dan Cara Pencegahannya

JobsDB.com

Sekilas tampak mirip dengan Jobstreet, portal ini masih satu keluarga dengan SEEK Limited | Sumber: JobsDB.com
Sekilas tampak mirip dengan Jobstreet, portal ini masih satu keluarga dengan SEEK Limited | Sumber: JobsDB.com

JobsDB telah berdiri sejak tahun 1998 dan telah terdaftar dalam Bursa Efek Australia dan bergabung menjadi keluarga SEEK Limited. JobsDB mengklaim bahwa laman ini merupakan pemimpin pasar di berbagai negara seperti China, Indonesia, Filipina, Hongkong, Singapura, dan Thailand.

Tidak hanya sebagai mesin pencarian kerja, JobsDB juga mempunyai berbagai artikel yang berhubungan dengan pekerjaan dan rekrutmen. SohIB bisa menemukan berbagai tips menarik yang bisa menunjang calon pelamar dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Sama dengan portal yang lainnya, JobsDB telah menyediakan filter yang memudahkan kamu saat melakukan pencarian job yang sesuai dengan minatmu, gaji yang diharapkan, dan lain sebagainya.

Beberapa perusahaan yang bergabung dalam JobsDB antara lain Sinarmas, Fischer & Partners, Reeracoen Indonesia, JDA Indonesia, dan lain-lain.

LinkedIn.com

Siapa yang tidak mengenal LinkedIn? Kita bisa menemukan beragam informasi menarik seputar dunia profesi | Sumber: LinkedIn
Siapa yang tidak mengenal LinkedIn? Kita bisa menemukan beragam informasi menarik seputar dunia profesi | Sumber: LinkedIn

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar yang juga menjadi favorit mahasiswa sebagai referensi pembuatan profil online.  Tampilannya sedikit mirip dengan Facebook, di mana kita bisa mengikuti orang-orang yang relevan dengan kta atau yang diharapkan bisa menjadi circle. Meski demikian, LinkedIn juga menyediakan informasi pekerjaan yang di-share langsung oleh HRD perusahaan tersebut atau bahkan milik perusahaan itu sendiri.

Di sana SohIB juga bisa saling memberi endorsement dengan teman LinkedIn-mu sehingga bisa sangat bermanfaat saat perusahaan sedang mengecek profilmu.

Karena situs ini bersifat terbuka atau setiap orang dapat melihat datamu, cobalah mengisi data dengan detail, tetapi tetap berhati-hati, ya. Gunakan foto profil yang formal dan tidak berlebihan.

Beberapa rekomendasi di atas tentunya tidak bisa mewakili portal lowongan kerja yang tepercaya lainnya. Jadi, jika SohIB memiliki informasi laman lowker lainnya, bisa banget untuk dicoba, ya!

Baca juga: 6 Komponen Wajib Tumpeng. Ternyata Ada Maknanya, lo!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)