Content Pillar untuk Pemasaran, Penting, lo!

Content Pillar untuk Pemasaran, Penting, lo!

Content pillar menunjang efektivitas kegiatan marketing kita | Sumber: Unsplash (Campaign Creators)

Ketika SohIB membangun sebuah rumah, pondasi akan menjadi bagian pertama yang harus dibuat agar bangunan menjadi kokoh. Sama dengan marketing, content pillar adalah part awal yang penting untuk keberlangsungan pemasaran ke depannya.

Namanya juga pondasi, content pillar harus bisa menjawab pertanyaan dan memecahkan prediksi masalah di masa mendatang, mengandung proyeksi secara keseluruhan mengenai bisnis kita, dan memberikan dampak positif tentang pemahaman produk.

Manfaat Content Pillar

https://unsplash.com/photos/gcsNOsPEXfs Photo by Firmbee.com on Unsplash
Ketahui fungsi content pillar sebagai langkah awal dalam memulai menyusunnya | Sumber: Unsplash (Firmbee.com)

Sebelum kita memulai kegiatan marketing dengan membuat konten pilar, berikut ini adalah manfaatnya:

  1. Sebagai karakterisasi ciri khas dan brand value kepada konsumen atau audiens perusahaan.
  2. Pada media sosial, konten pilar berguna dalam hal konsistensi konten-konten yang akan ditayangkan. Sebagai contoh: tone yang digunakan dalam menyapa followers, warna ikon, tema besar, hingga ide konten.
  3. Menjadikan platform kita sebagai ‘wadah’ bagi audiens dalam pencarian informasi.
  4. Meningkatkan traffic dan brand awareness untuk perusahaan, khususnya produk.
  5. Konten evergreen alias bisa bertahan dengan jangka waktu yang panjang.

Baca juga: Mengenal Algoritma dalam Medsos, Sudah Tahu?

Bagaimana Sih, Cara Membuat Content Pillar?

https://unsplash.com/photos/Tk9m_HP4rgQ Photo by Adem AY on Unsplash
Terdapat beberapa step untuk membuat content pillar | Sumber: Unsplash (Adem AY)

Kesulitan dalam memetakan content pillar sebetulnya relatif, bergantung dengan bagaimana kita dapat menjelaskan secara terperinci tentang apa kebutuhan kita saat melakukan proses pemasaran. Langkah-langkah yang dapat dilakukan saat membuat konten pilar adalah:

1. Pahami siapa audiens kita

Dalam merancang marketing campaign, tentu kita harus tahu terlebih dahulu siapa target pasarnya. Posisikan diri SohIB sebagai calon konsumen dan pikirkan hal apa yang menarik untuk diikuti atau dicari tahu. Gunakan tools untuk memudahkan kita mengetahui yang sedang tren saat ini dan berpotensi menjadi nilai jual bagi perusahaan.

2. Kenali produk

Tidak mungkin seseorang menawarkan sesuatu apabila tidak memahami produk atau layanan apa yang dia bawakan. Pahami brand positioning SohIB sehingga akan menghasilkan kampanye yang tepat saat sedang merepresentasikan produk.

3. Bandingkan dengan kompetitor

Tidak selamanya membanding-bandingkan adalah hal yang buruk lo, SohIB! Dalam dunia perbisnisan, hal tersebut justru diperlukan karena kita bisa menganalisis strategi yang mereka gunakan untuk menggaet konsumennya. Dengan demikian, kita bisa memodifikasi cara kompetitor, atau bahkan mendapatkan ide yang lebih menarik untuk diterapkan.

4. Gunakan platform yang paling sesuai dengan kebutuhan kita

Tidak semua media sosial cocok untuk kita gunakan sebagai alat pemasaran. Misalkan, SohIB berencana untuk membuat konten tutorial kerajinan tangan, platform seperti TikTok, YouTube, atau Instagram akan lebih sesuai dikarenakan audiensnya yang lebih menyukai gambar dan video.

Baca juga: SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

Membuat konten tidak hanya perlu diperhatikan dari segi kualitasnya, akan tetapi perlu kita kerjakan secara konsisten. Apalagi, saat ini terdapat ribuan content creator dengan berbagai karyanya yang siap 'menggeser' milik kita sewaktu-waktu. Yang lebih penting lagi adalah bagaimana SohIB dapat menampilkan konten dengan ciri khas yang unik dan berbeda.

Menyusun konten pilar membutuhkan waktu dan pikiran yang mungkin tidak singkat. Belum lagi, hasil yang kita dapatkan bisa jadi belum sesuai ekspektasi kita di awal-awal. Sehingga, sangat perlu bagi SohIB untuk bersabar dan tidak menyerah karena konten pilar adalah investasi jangka panjang, bisa meningkatkan produktivitas marketing kita.

Baca juga: Cloud Engineer, Profesi Viral yang Bisa 'Mengatur Awan'

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)