SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

SEO tools ada yang berbayar dan ada yang disediakan secara gratis | Sumber: Unsplash (Stephen Phillip)

Berbicara mengenai optimasi website, tentunya SEO memiliki peran besar dalam pengaplikasiannya. Search engine optimization adalah teknik yang berupaya membantu sebuah situs dan blog agar teroptimasi dan menaikkan trafik pengunjung ke laman tersebut secara organik. Selain itu, perbaikan kualitas konten tulisan agar lebih baik lagi dan meningkatkan brand awareness menjadi alasan mengapa SEO penting.

Dewasa ini, sudah banyak perusahaan yang menerapkan SEO-friendly dalam pembuatan artikelnya pada media yang digunakan. Kita membutuhkan plugin atau alat untuk menerapkan SEO, mencari dan meriset keyword, analisis data hingga memantau kinerja domain kita. Singkatnya, tools ini sangat penting sebagai investasi jangka panjang pemilik website blog.

Nah, SohIB apakah sudah mengetahui SEO tools yang sering digunakan dalam optimasi tulisan? Beberapa di antaranya bahkan tidak berbiaya, lo! Agar tidak penasaran lagi, yuk, kita simak bersama-sama!

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Pembuatan CV yang Sering Kita Lakukan

Yoast SEO

https://unsplash.com/photos/rfNLa1HL7eY Photo by Fikret tozak on Unsplash
Yoast SEO dipasang pada WordPress dan memberikan informasi perbaikan konten dengan detail | Sumber: Unsplash (Fikret tozak)

Para pemain WordPress tentunya tidak asing lagi dengan yang satu ini! Yoast SEO adalah salah satu plugin terbaik di penyedia blog ini, keren, ya?

Meskipun butuh waktu untuk mengoperasikannya, Yoast SEO sangat nyaman digunakan untuk mengidentifikasi kekurangan pada konten tulisan kita dan saran-saran untuk memperbaikinya. Tak hanya itu saja, alat ini juga bisa memberikan informasi apakah meta description, readability, SEO title, keyword density, Alt gambar, dan lain sebagainya sudah cukup optimal untuk situs kita.

Terdapat tiga indikator warna dalam Yoast SEO, merah berarti terlalu banyak kekurangan atau artikel terlalu sedikit dan harus diperbaiki, oranye artinya masih kurang maksimal tetapi sudah mendekati SEO-friendly. Adapun untuk warna hijau berarti sudah dinyatakan lolos SEO.

Ubersuggest

Ubbersuggest sangat populer digunakan oleh kalangan content writer | Sumber: ubbersuggest
Ubersuggest sangat populer digunakan oleh kalangan content writer | Sumber: Ubersuggest

SEO tool tanpa Neil Patel bagaikan makan nasi tanpa lauk. Pakar digital ternama tersebut mengembangkan sebuah alat pencarian keyword dan menampilkan SERP peringkat teratas melalui Ubersuggest.

Seperti yang kita ketahui bahwa frasa kunci dengan tingkat volume tinggi menjadi salah satu komponen dalam pengoptimalan website blog. Ubersuggest dapat memberikan hingga ratusan rekomendasi keyword dan besar persaingannya, sehingga kita bisa tahu apakah layak untuk dijadikan kata kunci sebuah konten.

Google Analytics

https://unsplash.com/photos/shr_Xn8S8QU Photo by Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk on Unsplash
Google Analytics bisa melakukan tracking data website | Sumber: Unsplash (Stephen Phillip)

Bukan sulap, bukan sihir, Google Analytics memiliki berbagai keunggulan yang sangat keren, SohIB! Selain bisa melakukan tracking data website, dari alat ini kita juga bisa mengukur karakteristik dan perilaku audiens kita, lo! Data traffic tersebut bahka bisa diidentifikasi sumbernya, apakah dari organik, direct, referral, atau media sosial.

Tak hanya itu saja, bila SohIB perhatikan, grafik-grafik yang menampilkan performa situs kita secara real time memudahkan untuk melihat laporan detail kinerja website. Meskipun tampak lebih sulit dibandingkan SEO tool lainnya, Google Analytics masih sangat disarankan penggunaannya.

SEMRush

SEMRush adalah salah satu SEO tool yang menjadi primadona di kalangan pengguna SEO karena tampilan dan kemudahan yang ditawarkan. Alat dengan ciri khas warna oranye cerah ini memiliki beragam fungsi seperti perbandingan analisis domain, memantau peringkat website, melacak posisi SERP, menemukan saran keyword, pencarian organik, performa SEO On Page, dan masih banyak lagi.

SEMRush memang berbayar, tetapi SohIB dapat memanfaatkan fasilitas free trial selama 14 hari. Mantap, bukan?

Baca juga: Arti Kepribadian Berdasarkan Warna Favoritmu

Google Trends

Bagaimana sih, kalau sedang stuck mencari ide menulis atau deskripsi produk, tetapi harus senantiasa menampilkan berita terkini? Google Trends bisa menjadi solusi baik untuk masalah tersebut, karena bisa menampilkan ide-ide baru yang masih relevan dan membuat fokus tulisan lebih terarah.

Selain memberi informasi seputar kata kunci yang sering dicari pengguna Google, alat yang satu ini memberikan pengetahuan bagus tentang topik yang sedang hangat di masyarakat. Dengan demikian, konten yang dihasilkan berpeluang lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan populer. Cangkupannya sangat luas dari segi geografi, daily search trends, realtime search trends, kueri yang terkait, dan grafik peminatan.

Alat ini sangat mudah digunakan dan gratis, kok! Cukup ketikan “Google Trends” pada laman utama mesin pencarian dan masukkan kata kunci yang ingin kamu cari. Selamat mencoba, ya!

Ahrefs

Ahrefs menyediakan layanan free trial sebelum dikenakan biaya untuk menikmati fasilitasnya | Sumber: Ahrefs
Ahrefs menyediakan layanan free trial sebelum dikenakan biaya untuk menikmati fasilitasnya | Sumber: Ahrefs

Sudah merasa optimal dari segi tulisan, tetapi kenapa trafik pengunjung masih rendah, ya? Ahrefs adalah salah satu SEO tool yang bisa memberikan kita informasi mengenai bagian mana dari website kita yang perlu dimaksimalkan lagi. Meskipun berbiaya cukup tinggi, alat ini sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang ingin mendapatkan performa lengkap dari SEO tool yang mereka punyai.

5 komponen utama Ahrefs adalah sebagai berikut:

  • Site Explorer: menganalisis backlink yang masuk ke dalam situs kita.
  • Ahrefs Keyword Explorer: mengetahui kata kunci yang paling tinggi volume-nya dan menelusuri ide keyword yang relevan.
  • Rank Tracker: mendapatkan laporan harian, mingguan, bahkan bulanan tentang ranking laman kita pada lokasi tertentu. 
  • Site Audit: Mengecek status kesehatan website dan memahami permasalahan yang ada dalam platform kita.
  • Content Explorer: Menganalisis kinerja konten dan menemukan topik yang sedang tinggi perhatiannya di masyarakat.

Ilmu search engine optimization memang sangatlah luas dan mencangkup banyak hal. Tools-nya pun beragam dan memiliki banyak fungsi. Oleh sebab itu, sebelum mengaplikasikannya dalam kontenmu, ada baiknya SohIB mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Baca juga: Ketahui 5 Hal Mendasar Tentang SEO

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)