Cloud Engineer, Profesi Viral yang Bisa 'Mengatur Awan'

Cloud Engineer, Profesi Viral yang Bisa 'Mengatur Awan'

Cloud engineer berbeda dengan pawang hujan seperti yang kita ketahui | Sumber: Unsplash (Sigmund)

Beberapa waktu lalu, kejuaraan motor dunia, MotoGP digelar di negara kita, tepatnya di Mandalika, Pulau Lombok. Nah, salah satu yang mencuri perhatian pada ajang tersebut adalah kehadiran pawang hujan, yaitu Kak Rara Wulandari. Dalam halaman Linkedin-nya, tertulis ia berprofesi sebagai cloud engineer.

Sebagaimana yang kita ketahui, pawang hujan seseorang yang dipercaya bisa mengendalikan hujan atau cuaca dengan cara memindahkan awan. Hal ini disebut-sebut berhubungan dengan budaya dan ilmu ghaib.

Lantas SohIB, apakah pekerjaan cloud engineer ada? Apabila benar-benar exist, benarkah itu profesi yang sama dengan yang Kak Rara jalani?

Definisi Cloud Engineer

https://unsplash.com/photos/0qvBNep1Y04 Photo by Caspar Camille Rubin on Unsplash
Cloud engineer memiliki hubungan erat dengan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika | Sumber: Unsplash (Caspar Camille Rubin)

Dalam cloud computing, tim project cloud memiliki beberapa bagian, salah satunya adalah arsitek cloud. Nah, pada aplikasinya, cloud engineer merupakan orang yang bertugas untuk membangun infrastruktur cloud setelah rancangannya telah dikreasikan dan disetujui oleh arsitek tersebut.

Tugas pekerjaan ini beragam, seperti menangani cloud network engineer, security, system, administrator, dan lain sebagainya. Maka dari itu, biasanya orang-orang yang bergelut dengan bidang ini adalah mereka yang lulusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika.

Profesi tersebut berhubungan dengan banyak aspek dalam bidang IT, yaitu RAM, storage, operation system, CPU, hingga software. Tentunya, sangat berbeda dengan pawang hujan ya, SohIB!

Baca juga: Memulai Karier Sebagai Desain Grafis? Pastikan 5 Hal Ini!

Skill yang Wajib Dimiliki

Cloud engineer memiliki beberapa kualifikasi yang harus dikuasai saat berkecimpung di dunia pekerjaan ini. Apa saja, sih?

  • Paham Linux karena profesi ini sering menggunakan sistem operasi tersebut dalam ekosistem per-cloud-an.
  • Bisa bahasa pemrograman, seperti SQL, Phyton, R, GFM, Haskell, Clojure, dan RegEX.
  • Punya pengetahuan tentang vendor cloud, terutama yang populer seperti Amazon Web Service, Microsoft, Google Cloud, SAP, dan Salesforce.
  • Menguasai dan mampu mengatasi keamanan data karena biasanya, pengguna memiliki isu akan masalah tersebut.
  • Memiliki beberapa sertifikasi penunjang, seperti Microsoft Azure Certificatio.

Prospek Pekerjaan Cloud Engineer

https://unsplash.com/photos/kwzWjTnDPLk Photo by Mars Sector-6 on Unsplash
Profesi ini akan terus digunakan seiring dengan era digital | Sumber: Unsplash (Mars Sector-6)

Karena perkembangan teknologi semakin canggih, kebutuhan pasar akan cloud engineer juga semakin meninggi. Para teknisi ini biasanya ditujukan untuk mereka yang sudah berkecimpung di dunia IT 3-5 tahun. Sehingga, apabila SohIB tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, mulai sekarang jangan lupa dipersiapkan, ya!

So, itu tadi sekilas informasi mengenai cloud engineer. Kesimpulannya, pekerjaan tersebut jauh berbeda dengan pawang hujan, ya guys! Karena berhubungan dengan hitung-hitungan dan komputasi, profesi ini memerlukan sifat yang suka menerima tantangan untuk create something dan teliti. Apakah kamu salah satunya?

Baca juga: Tim WFH, Ini 5 Aplikasi Absensi Online Untuk Kamu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)