Mengenal Algoritma dalam Medsos, Sudah Tahu?

Mengenal Algoritma dalam Medsos, Sudah Tahu?

Algoritma dalam media sosial sedang menjadi trend digital marketing | Sumber: Unsplash (Jeremy Bezanger)

Istilah algoritma dalam media sosial memang bukan hal baru di era teknologi digital. Sekarang, bahkan beberapa profesi memiliki kaitan erat dengan sebutan tersebut. Algoritma sering disangkut pautkan dengan cara meningkatkan engagement dalam bisnis daring kita.

Nah, sebetulnya, apa sih, definisi dari algoritma ini? Bagaimana cara kerjanya?

Baca juga: Ketahui 5 Hal Mendasar Tentang SEO

Proses Kerja Algoritma dalam Memahami Audiens

https://unsplash.com/photos/SYTO3xs06fU Photo by Marvin Meyer on Unsplash
Algoritma merekam aktivitas media sosial kita sehingga bisa membombardir pengguna dengan informasi yang relevan | Sumber: Unsplash (Marvin Meyer)

Jika SohIB sedang mencari informasi handphone terbaru di platform jual beli online, maka akan muncul berbagai toko dengan ragam barang yang relevan. Namun, beberapa saat kemudian, saat SohIB berseluncur ke halaman-halaman penelusuran di Google, iklan-iklan tentang gadget ter-update ikut bermunculan. Dan ini bisa terus-menerus kita temui beberapa hari kemudian, seakan entah siapa ‘membuntuti’ dunia maya kita dengan beraneka macam info seputar telepon genggam.

Jika SohIB sering menjumpai kejadian di atas, inilah yang dinamakan algoritma. Sebutan ini sendiri adalah sekumpulan proses yang mengatur arus pesan yang beredar dalam sosial media. Jadi, istilah tersebut memiliki semacam ‘memori’ terhadap kata kunci yang kita cari. Selain itu, media sosial juga memiliki sistemnya masing-masing guys, dalam memanajemen algoritma yang bekerja.

Karena itulah, bila kita ‘terekam’ sedang mencari keyword tertentu, mekanisme tersebut akan memahami aktivitas ini sebagai sebuah pola dan kebiasaan audiens-nya dalam mencari informasi.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan masa lalu, di mana kita tetap mendapatkan beragam pesan meskipun kita tidak tertarik sama sekali. Algoritma menjadi filtrasi tersendiri sehingga calon konsumen tersaring sesuai minatnya. Tentunya, ini memudahkan audiens untuk menemukan informasi atau toko yang tepat sasaran.

Dari segi bisnis, proses tersebut memberikan kesempatan pada pemilik bidang usaha agar lebih mudah ditemukan oleh konsumen yang prospektif.

Baca juga: SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

Faktor yang memengaruhi Algoritma

https://unsplash.com/photos/tLZhFRLj6nY Photo by Austin Distel on Unsplash
Terdapat 4 faktor yang memengaruhi algoritma sosial media | Sumber: Unsplash (Austin Distel)

Terdapat setidaknya 4 (empat) poin yang memengaruhi bagaimana algoritma berjalan, yakni:

Interest

Ketika kita sedang scrolling di Instagram atau mencari barang di toko online yang serupa dengan secara terus-menerus, maka algoritma akan menangkapnya sebagai sesuatu yang sedang kita senangi dan membantu kita untuk menemukan pilihan yang seragam lebih banyak lagi.

Relationship

Ranking feed pada Instagram sangatlah penting sebagai bagian dari seberapa banyak akun-akun berinteraksi dengan kita. Semakin sering kita melakukan aktivitas seperti like, views, atau berkomentar di akun mereka, maka akan lebih sering lagi nama mereka akan muncul pada beranda kita.

Timeliness

Informasi ter-update biasanya akan tetap disajikan oleh media sosial, meskipun sebenarnya sudah tidak sesuai kronologi waktu lagi. Sebab itulah, kita bisa saja menemukan gambar atau video yang sudah lama diunggah.

Frequency

Jika SohIB sedang membuka media sosial platform apapun dalam kurun waktu tertentu, biasanya visual yang muncul adalah yang menurut algoritma merupakan postingan terbaik.

Dewasa ini, algoritma digunakan oleh berbagai sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, hingga YouTube. Meski memiliki prinsip yang kurang lebih sama, mekanismenya bisa berbeda-beda karena karakteristik user yang juga berbeda.

Selain itu, meskipun algoritma bisa membantu kita dalam menghasilkan pendapatan bisnis, sistem tersebut tidaklah bisa berdiri sendiri, karena perlu strategi konten yang mendukung. 

Bagi pengguna media sosial sendiri, hati-hati dengan 'terpaan algoritma' dari medsos. Karena, dengan sistem yang cerdas ini, kita berpotensi untuk kesulitan berhenti scrolling. Sebabnya, informasi-informasi yang berkaitan dengan topik yang sedang dicari akan terus memburu kita untuk membuka laman yang lain.

Baca juga: Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)