5 Cara Mengatasi Writer's Block, Bisa Lancar Nulis Lagi!

5 Cara Mengatasi Writer's Block, Bisa Lancar Nulis Lagi!

Berikut adalah cara mengatasi writer's block, kamu sudah tahu? | Sumber: Unsplash (Steve Johnson)

Pernahkah SohIB mengalami writer’s block? Dalam kondisi ini, seseorang merasakan kesulitan dalam menuangkan ide, menghasilkan karyanya, dan menyelesaikan tugasnya yang dalam bentuk tulisan. Situasi ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya motivasi, tuntutan diri yang terlalu tinggi, banyak distraksi, kecemasan berlebih, hingga pola hidup yang kurang sehat.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa SohIB ikuti untuk mengatasi writer’s block. Simak bersama-sama, ya!

Istirahat Sejenak

https://unsplash.com/photos/ICE__bo2Vws Photo by Joshua Earle on Unsplash
Istirahat sejenak berguna untuk merilekskan diri | Sumber: Unsplash (Joshua Earle)

Sesekali, kita perlu merileks-kan diri, terutama saat pikiran sedang merasa tegang. Cobalah lakukan aktivitas yang bisa membuat SohIB senang, seperti pergi berbelanja, bertemu teman-teman, minum kopi, berkebun, dan lain sebagainya.

Pikiran yang segar akan membuat mood kembali on dan tubuh akan bersiap kembali untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Baca juga: WFH vs WFO, Pilih Mana?

Cari Inspirasi

Sebuah pepatah lama mengatakan, “Buku adalah jendela ilmu.” Nah, dengan membaca buku-buku yang bermanfaat, tidak hanya akan membangkitkan semangat untuk menulis lagi, tetapi juga menambah wawasan lebih luas lagi.

Bagi SohIB yang kurang senang membaca buku, mencari inspirasi juga bisa kita dapatkan lewat browsing internet atau menonton konten-konten di berbagai platform. Intinya, tidak ada kata sulit menemukan ide dengan berbagai kemudahan sekarang.

Baca Kembali Kerangka Tulisan

https://unsplash.com/photos/hopX_jpVtRM Photo by Yannick Pulver on Unsplash
Baca kembali kerangka tulisan kita, siapa tahu inspirasi baru muncul | Sumber: Unsplash (Yannick Pulver)

Banyak penulis yang memiliki kebiasaan baik dan sangat direkomendasikan, yaitu membuat kerangka tulisan. Mengapa? Karena dengan membuat listikal konsep, kita tidak hanya akan tahu alur karya kita, tetapi juga membantu saat pikiran sudah mulai terdistraksi atau dalam kondisi writer’s block.

Bila SohIB belum terbiasa membuat kerangka tulisan, catat secara acak ide apapun yang terlintas di kepala. Kemudian susun menjadi satu kesatuan yang rapi. Bila kebuntuan dalam menulis terjadi, buka kembali catatan SohIB sehingga kita menemukan kembali konsep tulisan kita. Jangan lupa dicoba, ya!

Baca juga: Ini 5 Alasan Mengapa Harus Bekerja Di BUMN

Diskusi

Jangan ragu untuk mendiskusikan masalahmu kepada sahabat atau rekan kerja. Selain bisa sedikit meringankan beban perasaan, hal tersebut bisa memperkaya sudut pandang kita. Siapa tahu, lo, SohIB, ide-ide segar pun bermunculan.

Berolahraga

https://unsplash.com/photos/mQVWb7kUoOE Photo by Jenny Hill on Unsplash
Olahraga bisa melepaskan hormon yang membuat kita bahagia | Sumber: Unsplash (Jenny Hill)

Lo, berolahraga bukannya akan membuat kita lebih lelah, ya? Eits.. jangan salah, guys! Ketika kita melakukan aktivitas yang menyehatkan ini, hormon bahagia alias endorfin akan dihasilkan secara alami oleh tubuh, SohIB!

Sekadar informasi, zat kimia tersebut memiliki peranan penting atas perasaan senang seseorang, bahkan juga memancarkan energi positif. Tentunya, tubuh akan semakin sehat dan pikiran menjadi fresh kembali.

Satu lagi, sebisa mungkin, pilihlah tempat berolahraga yang memiliki pemandangan yang indah. Dengan demikian, kita bisa sekalian self healing nih, SohIB!

Pindah Tempat

Salah satu kelebihan mereka yang memiliki waktu kerja lebih fleksibel dan WFH adalah bisa menyelesaikan tugasnya tanpa batas waktu dan lokasinya. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh SohIB yang sedang mengalami writer’s block.

Sesekali, memindahkan laptop dan kertas-kertas kita ke cafe dengan suasana yang hangat bisa sangat membantu untuk mengatasi kebuntuan ide. Namun, jangan lupa atur budget-nya ya, SohIB! Pastikan juga pekerjaan tetap selesai.

Mengatasi writer's block sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Karena pada hakikatnya, hal ini terjadi karena diri sendiri. Toh, meskipun kondisi tersebut disebabkan oleh pengaruh eksternal, cara kita merespon hal itu bisa membantu meringankan gejala writer's block. Bagaimana menurut kamu?

Baca juga: 5 Penyebab Writer's Block, Kamu Juga?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)