Pray For Cianjur: Semua Unsur Lembaga di Kecamatan Cigombong Bersatu Wujudkan Misi Solidaritas

Pray For Cianjur: Semua Unsur Lembaga di Kecamatan Cigombong Bersatu Wujudkan Misi Solidaritas

Forum peduli Cianjur | Sumber : editor Canva/Karang Taruna Kecamatan Cigombong

#JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SobatHebatIndonesiaBaik 

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 skala richter, telah terjadi pada tanggal 21 November 2022, tepatnya pada pukul 13:21 WIB, berlokasi 10 km barat daya Kabupaten Cianjur.

Bencana tersebut dirasakan pula oleh para warga yang ada di Kecamatan Cigombong. Hal ini menimbulkan empati dari berbagai instansi atau lembaga untuk dapat berkontribusi sebagai bentuk kepedulian antarsesama dalam misi solidaritas peduli Cianjur.

"Forum Peduli Cianjur" pun dibentuk guna melakukan pemetaan tugas untuk mengkoordinir berbagai macam kebutuhan logistik yang dapat dikumpulkan untuk segera disalurkan ke lokasi bencana. Aktivitas ini diisi oleh beberapa gabungan antarlembaga, organisasi, atau komunitas yang ada di wilayah Kecamatan Cigombong, termasuk juga Karang Taruna, KNPI, TKSK, IPSM, GMFKPPI, Komunitas Mapeling, Paguyuban RT/RW, Bumdes, BPD, dan perangkat desa lainnya.

Forum Peduli Cianjur
Foto bersama berbagai unsur lembaga setelah melakukan musyawarah Forum Peduli Cianjur | Sumber Foto : Ditha/Karang Taruna Kecamatan Cigombong

Bertempat di aula Kantor Desa Cigombong (22/11/2022), Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Rudi Hendarsyah S.H, mengungkapkan bahwasanya pada hari esok mereka akan mulai membuka donasi. Semoga dalam kurun waktu 3 hari ke depan dapat memiliki hasil untuk segera disalurkan ke lokasi bencana. Terlebih lagi, ini bersifat urgent, sehingga kita tidak boleh menunggu terlalu lama.

Lebih lanjut, Rudi mengungkapkan bahwasannya mereka sudah memastikan terlebih dahulu di Kecamatan Cigombong ini terkena dampak bencana alam (gempa) atau tidak. Setelah memastikan bahwa tidak ada, mereka akan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Cigombong untuk menggelar aksi solidaritas dan kegiatan ini telah mendapatkan restu dari pemerintah kecamatan. Sistem dan informasi akan terus dilakukan kepada Polsek dan Danramil agar mereka membantu serta mengetahui usaha rekan-rekan semua dalam misi solidaritas ini.

Karang Taruna yang tersebar di 9 desa akan ditugaskan dan dikoordinir oleh para Ketua Karang Taruna Desa untuk membantu mensukseskan program ini. Tentu saja, partisipasi dalam kegiatan solidaritas peduli Cianjur sangat dibutuhkan.

Pihak yang terkait meminta para pemuda tersebut untuk mengonfirmasikan dan meminta izin terkait kegiatan aksi solidaritas "Forum Peduli Cianjur" ini kepada para Kepala Desa masing-masing. Mereka akan diarahkan untuk lebih berperan aktif membuka donasi bagi siapa saja yang ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Sementara itu, untuk kerja sama dengan para Ketua Karang Taruna Desa, pengurus Karang Taruna Kecamatan diwakili oleh Saudara Linggar dan Belgi sebagai koordinator. Sedangkan untuk juru bicara dengan berbagai lembaga KNPI serta Organisasi Masyarakat lainnya, ada Bapak Bayu untuk menjembatani. Hal ini dilakukan guna mendukung kegiatan tersebut, mengingat bencana bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja.

Forum Peduli Cianjur
Musyawarah forum solidaritas Cianjur | Foto : Ditha/Karang Taruna Kecamatan Cigombong

"Program ini bukan lagi mengatasnamakan satu atau dua lembaga, melainkan atas nama Kecamatan Cigombong, jadi yang melakukan pergerakan di setiap desa. Kami arahkan untuk berkoordinasi dengan Forum Peduli Cianjur yang ada kecamatan yang telah menetapkan Posko Bencana di Kantor Desa Cigombong. Jadi untuk logistik dan lainnya kami akan tampung di sini, " - Tambah Rudi dalam sesi wawancara

Ia mengungkapkan, bahwa pada prosesnya mereka akan mengerahkan Karang Taruna di 9 desa untuk ambil bagian dalam membuka dan mengumpulkan kebutuhan bantuan. Pemusatan titik donasi ada di Exit Tol Cigombong dengan memanfaatkan Divisi Seni dan Budaya untuk memainkan permainan musik tradisional Tarawangsa, hal ini juga sebagai bagian dari upaya memperkenalkan permainan Musik Tarawangsa kepada pengguna jalan.

Forum Peduli Cianjur
Gambar seruan untuk berdonasi | Sumber : editor Canva / Dokumentasi Karang Taruna Kecamatan Cigombong

Forum Peduli Bencana Gempa Cianjur ini telah menyepakati bahwa Posko Relawan Solidaritas Cianjur bertempat di Desa Cigombong. Untuk para relawan, donatur, atau pun simpatisan yang ingin ikut serta dalam kegiatan solidaritas ini, dapat mengunjungi posko relawan tersebut! 

"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan mempererat rasa persatuan dan persaudaraan yang diikat dalam kegiatan sosial. Semoga saudara-saudara kita yang berada di Cianjur dapat segera pulih dan yang membantu saudara-saudara kita yang ada di sana dapat tetap dalam keadaan sehat. Segala upaya yang dilakukan untuk membantu meringankan beban saudara kita yang terkena musibah dapat diganti oleh Allah SWT dan mendapat berkah," Tutup Rudi.