5 Penyebab Writer's Block, Kamu Juga?

5 Penyebab Writer's Block, Kamu Juga?

Writer's block adalah kondisi yang bisa dialami siapa saja | Sumber: Unsplash (Ryan Snaadt)

Bagi seseorang yang berprofesi sebagai penulis di berbagai sektor, istilah writer’s block pasti bukan lagi hal yang asing di telinga kita. Kondisi ini merujuk pada kesulitan yang dialami oleh penulis dalam menuangkan idenya ke dalam kata-kata atau produk tulisnya.

Bisa bersifat sementara hingga permanen, situasi ini bisa dirasakan oleh penulis baru maupun yang sudah profesional, lo, SohIB! Fenomena tersebut bahkan sudah terjadi pada satu abad silam.

Writer’s block adalah fase yang wajar untuk penulis kok, guys. Setiap jalan yang kita pilih atau tekuni memang akan diberikan tantangan pada masanya, bukan?

Nah, biasanya penulis yang mengalami writer’s block memiliki beberapa gejala di bawah ini:

1. Susah konsentrasi meski sudah dikerjakan dalam waktu yang lama.

2. Stress banget sampai burnout karena ide tidak kunjung keluar dan menyebabkan penundaan waktu yang lebih lama lagi.

3. Mengalami kelelahan otak alias brain fog, sehingga akan mudah bingung dengan pekerjaannya.

4. Menjadi tidak produktif, terutama dalam kegiatan menulis.

5. Apabila dipaksakan untuk berkarya, kualitas tulisan tidak maksimal atau banyak kesalahan yang sebelumnya jarang dilakukan.

6. Kehabisan ide, blank, dan tidak termotivasi.

Waduh, apabila tidak diatasi dengan baik, bisa berbahaya juga, nih! Apalagi untuk writer yang menjadikan kegiatan tersebut sebagai karier.

https://unsplash.com/photos/LDcC7aCWVlo Photo by Magnet.me on Unsplash
Writer's block bisa menyebabkan seseorang merasa down dan tidak berguna | Sumber: Unsplash (Magnet.me)

Nah, untuk menghindari hal tersebut dan sebagai langkah antisipasi, yuk, kenali 5 penyebab writer’s block!

Cemas yang Berlebihan

Poin pertama ini paling sering menyerang mereka yang masih menulis dalam tahap pemula atau sedang bekerja di lingkungan baru. Takut bila hasil akhirnya kurang memuaskan atasan, khawatir akan dinilai buruk, sampai deg-degan yang berujung panik. Apakah SohIB juga demikian?

Perasaan-perasaan negatif ini lama-kelamaan akan menggerogoti kepercayaan diri kita dan bisa menyebabkan kebingungan saat menghasilkan karya selanjutnya.

Baca juga: Tertarik Bekerja Di Startup? Ini 5 Keuntungannya!

Perfeksionis

Obstacle terbesar pada diri seseorang yang ingin berkembang, acap kali disebabkan oleh dirinya sendiri. Bersikap perfeksionis bukanlah hal yang buruk. Akan tetapi, bila dilakukan terus-menerus, hal tersebut akan membentuk kita menjadi pribadi yang anti kritik, takut dengan kegagalan, dan menjadi terlalu keras untuk diri sendiri agar menjadi sempurna.

Pola Hidup yang Tidak Sehat

Tentunya menjaga stamina tubuh adalah penting untuk kita semua. Jika kita memiliki pola hidup yang buruk, tidak hanya mengantarkan diri dalam kondisi writer’s block juga, tetapi juga memengaruhi aspek keseharian lainnya.

Bosan dengan Rutinitas

https://unsplash.com/photos/lPX6-ee-1zU Photo by Steve Johnson on Unsplash
Writer's block membuat seseorang mudah kesal dan jenuh dengan rutinitas | Sumber: Unsplash (Steve Johnson)

Bagi mereka yang menyenangi tantangan, ‘hanya’ duduk seharian dan menulis di depan layar tentunya bisa menjadi kegiatan yang amat membosankan. Bila tidak cepat diatasi, poin ini dapat menyebabkan kebingungan dalam menulis dan kehilangan motivasi.

Dalam Tekanan

Dewasa ini, banyak perusahaan yang menuntut pegawainya untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan bisa menguasai diri meski dalam tekanan. Hal ini sangat memungkinkan bagi penulis menjadi blank saat menerima tugas yang diberikan.

Baca juga:Mau Negosiasi Gaji? Kamu Pelamar Wajib Tahu!

Terlalu Banyak Distraksi

Terdapat beberapa tipe orang di dunia ini yang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Mendengarkan musik bagi si auditori mungkin dapat membangkitkan ide untuk menulis, sedangkan yang lain dapat terganggu dengan itu.

Distraksi juga paling banyak dialami oleh para WFH yang notabene menyelesaikan pekerjaan dari rumah atau di luar kantor. Bayangkan saja SohIB, saat sedang serius menulis, tiba-tiba adik kita minta dibelikan permen di warung, sangat mungkin ide yang sudah di kepala menguap begitu saja, bukan?

Writer's block bisa kita atasi dengan beberapa cara, lo! Carilah inspirasi dari buku-buku, mencari referensi di video atau blog, atau membuat deadline diri sendiri agar semakin terpacu untuk menyelesaikan tulisan kita. Yang lebih terpenting lagi, jangan lupa untuk istirahat sejenak sebelum memulai 'pertempuran' kembali.

Ingat ya kondisi ini sangat alami bisa dialami siapa saja! Jangan menyalahkan diri saat pikiran sedang stuck dengan ide-ide menulis. Bisa mengatasi masalah dengan baik sama saja dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tersebut suatu saat nanti.

Baca juga: Temukan Versi Terbaik Dirimu dengan 3 Langkah Ini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)