5 Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Hidup Lebih Bahagia

5 Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Hidup Lebih Bahagia

Memaafkan adalah perbuatan yang berjiwa besar | Sumber: Unsplash (Brett Jordan)

Disakiti seseorang tentu saja bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Seringkali, kita merasa sedih, marah, hingga kecewa setelah mendapat perlakuan yang tidak mengenakkan. Oleh karena itulah, memaafkan kesalahan seseorang menjadi hal yang terkadang sulit dilakukan.

Padahal, memberi maaf tidak hanya demi orang yang menyakiti kita, lo, SohIB, melainkan juga untuk diri kita sendiri. Sejatinya, dia yang menyimpan dendam justru yang paling tersiksa. Selain memberikan sedikit ruang kosong agar hatimu menjadi lebih lega, siapa juga sih, yang mau berlama-lama bermusuhan? Berikut ini adalah 5 cara agar SohIB dapat lebih tulus dalam memaafkan kesalahan orang lain! Yuk, hidup bahagia!

Baca juga: Suka Mengalami Monday Blues? Ini Cara Mengatasinya!

1. Jangan Menahan Apa yang Kamu Rasakan

Validasi perasaan adalah hal pertama yang penting untuk kamu lakukan. Tidak sedikit orang yang justru memilih nggak jujur dengan hatinya dan akhirnya kekecewaan itu menjadi bom waktu yang nggak terhindarkan.

Akui saja bahwa SohIB memang sedang tidak baik-baik saja. Hal ini penting agar proses berdamai dengan keadaan menjadi lebih mudah. Jujur dengan apapun yang sedang dirasakan mampu membuat kita merasa lebih baik, sehingga jika kamu ingin melepaskannya dengan menangis, menyendiri, atau curhat, kamu tahu itu tidaklah salah.

2. Ingat Kebaikan Orang yang Berbuat Salah

dua anak bergandengan tangan
Manusia tidak ada yang sempurna, selalu ada dua sisi di balik dirinya | Sumber: Unsplash (Andrea Tummons)

Manusia nggak ada yang sempurna. Tentunya, seseorang punya sisi baik yang menjadikan ia layak dikenang bukan sebagai sosok yang buruk. Namun, poin kedua ini tidak mudah untuk dilakukan. Hanya orang-orang spesial nan bijaksana yang mampu lolos dari ujian itu. Sebaliknya, jika SohIB berhasil menerapkan hal tersebut, tentunya kamu sudah mulai tumbuh menjadi orang yang bijaksana dan dewasa.

Baca juga: Temukan Versi Terbaik Dirimu dengan 3 Langkah Ini!

3. Pahami Bahwa Proses Memaafkan Butuh Waktu

Memaafkan adalah perbuatan yang berjiwa besar. Tidak perlu terburu-buru untuk memberi maaf orang yang telah menyakiti SohIB, bila memang belum siap. Jangan terpengaruh pada omongan sekitar yang dirasa kurang tepat menjadi solusi bagi permasalahanmu. Akan tetapi, perlu diingat, bahwa kamu tetap berniat untuk “membebaskan” diri dari perasaan menyiksa tersebut suatu saat nanti.

4. Bahagiakan Dirimu!

bermain gitar
Cari aktivitas yang membuatmu senang dan bisa lupa dari rasa dendammu | Sumber: Unsplash (Samsung UK)

Setelah atau ketika masih dalam proses penyembuhan diri ini, jangan lupa untuk membahagiakan dirimu sendiri! Anggaplah itu sebagai reward karena mau berjuang menghadapi sesuatu yang tidak mudah bagi semua orang.

Dunia ini begitu luas, tetapi terlalu sempit untuk hanya melihat satu pintu kesedihan berlaru-larut. Lakukan kegiatan yang menyenangkan dan positif. Disarankan untuk tidak sendiri di waktu-waktu galau seperti ini. Namun, jangan juga menyibukkan diri dengan menceritakan kejadian tidak mengenakkan tersebut ke sana-sini. Bukannya mau move on, eh malah semakin ingat!

5. It’s Okay Jika Kamu Belum Mau Bertemu Dengannya

Lo, katanya sudah mulai membuka hati, kok tidak mau bertemu? Eits, jangan langsung men-judge begitu! Boleh-boleh saja bila belum siap bertemu tatap muka dengan dia yang menyakiti kamu.

Memaafkan secara hati membawa pada kedamaian diri, sedangkan kesiapan mental adalah cara kita memberanikan diri menghadapi trauma tersebut. Itu adalah dua hal yang bersinggungan, tetapi sedikit berbeda. Yang terpenting, kamu sudah berusaha.

Waktu akan menjadi saksi bagaimana kita berjuang keras dalam proses pendewasaan, salah satunya dengan memaafkan kesalahan orang lain secara tulus. Yakinlah, membuka hati setelah dikecewakan bukanlah pilihan yang merugikan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Crab Mentality, ya?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)