7 Bentuk Investasi pada Diri Sendiri, Siap Jadi Pribadi yang Hebat dan Berdaya!

7 Bentuk Investasi pada Diri Sendiri, Siap Jadi Pribadi yang Hebat dan Berdaya!

Ilustrasi seorang wanita sedang memilih buku bacaan | Sumber: Pexels (Cottonbro)

Siapa bilang investasi hanya berjalan di seputar keuangan dan kekayaan saja? Kamu harus tahu bahwa ada ‘tabungan’ lain yang tidak kalah pentingnya, bahkan bisa SohIB mulai sejak dini. Apa itu? Yup, namanya adalah investasi diri sendiri!

Meningkatkan kualitas diri, termasuk dengan mengasah keahlian tertentu, menambah wawasan, dan memperluas koneksi pertemanan adalah bagian dari investasi tersebut. Terlebih lagi, persaingan kandidat kerja saat ini amatlah ketat, meskipun lapangan pekerjaan juga melimpah dan bidang-bidang baru bermunculan. Oleh sebab itu, banyak yang berbondong-bondong ‘mencerdaskan’ dirinya agar layak untuk bersaing dan berdaya di era terkini.

So, inilah dia 7 bentuk investasi diri sendiri yang patut kamu lakukan dari sekarang! Are you ready?

5 Tanda Workout Kamu Berhasil, Makin Semangat Sehat!

1. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat menjadi salah satu bentuk investasi diri sendiri
Healthy lifestyle adalah bentuk investasi diri sendiri yang harus diwujudkan | Sumber: Unsplash (Boxed Water Is Better)

Tentu saja, tubuh yang sehat menjadi aset pertama yang wajib kamu jaga. Sebab, bila apapun yang sedang kita upayakan berhasil, tetapi tubuh malah sakit, bagaimana cara kita menikmati hasilnya?

Jangan normalisasi kebiasaan buruk meskipun dalam rangka mengejar cita-cita, misalnya begadang, lupa makan karena terlalu bekerja keras, mengabaikan kesehatan mental, bahkan tidak menerapkan work-life balance.

Healthy lifestyle saat ini adalah trend yang sangat baik dan perlu kita ikuti. Rajinlah berolahraga, konsumsi makanan yang tak hanya lezat, tetapi juga bergizi, beristirahat yang cukup, dan bila perlu lakukan meditasi. SohIB nggak perlu iri dengan teman-teman di luar sana yang hobi minum kopi manis, jajan makanan viral, atau party hingga tengah malam. Sebaliknya, ‘cemburu’ pada mereka yang mampu menerapkan gaya hidup sehat dan konsisten dengan itu.

2. Memperluas Jaringan Pertemanan

Sudah bukan rahasia bila banyak perusahaan yang mempertimbangkan asas kedekatan atau rekomendasi dari orang tepercaya untuk kandidat pegawai di kantornya. Bukan sekedar kkn’ semata, tetapi menerima calon karyawan yang disarankan oleh ‘orang dalam’ bisa jadi lebih dipertanggungjawabkan kualitasnya. Lantas, bagaimana dengan yang non-priviledge?

Guys, daripada terus berpikiran negatif tentang mereka yang sudah beruntung karena koneksi ini, lebih baik bangun sendiri jaringan pertemananmu sejak sekarang! Setiap orang mungkin punya start yang berbeda-beda, tetapi bukan berarti tidak mungkin kamu mendapatkan kesempatan yang sama, bahkan makin tinggi lagi. Bagaimana caranya?

SohIB yang masih kuliah dapat mengikuti organisasi yang ada di kampus seperti BEM, DEMA, ataupun UKM. Tambah pertemananmu dari komunitas luar yang tak hanya memiliki minat yang sama, tetapi memungkinkan kamu punya jaringan profesional dari sana. Intinya, manfaatkan teknologi dan media sosial seluas mungkin dalam ranah yang positif.

3. Asah Skill Baru, Pertahankan yang Sudah Ada

Sebagian orang sukses di suatu bidang karena sudah passion-nya di jalur tersebut. Namun, sebagian besar lainnya justru berhasil karena melupakan kata passion dan menggantinya dengan usaha yang maksimal! Mindset inilah yang harus SohIB miliki bila ingin berkembang.

Cobalah banyak hal baru hingga kamu tahu seperti apa dirimu, keahlianmu, dan dunia mana yang paling cocok untukmu. Eits.. menemukan skill saja juga belum cukup! Peliharalah kemampuanmu itu agar level SohIB tidak hanya berkutat pada basic saja, melainkan hingga mahir atau expert.

Contohnya, bila kamu yakin ingin mendalami bidang kepenulisan, jangan hanya berpuas diri karena bisa menyusun kalimat dengan rapi. Tambahkan skil relevan lainnya sehingga value diri semakin tinggi, misalnya bisa menghasilkan artikel yang SEO-friendly, tahu cara mencari keyword dengan tools tertentu, atau menguasai CMS untuk blog.

4. Ikuti Pelatihan yang Membangun Kompetensi Diri

Beberapa training memang membutuhkan dana yang tidak sedikit karena beberapa hal, seperti mentor yang mumpuni, materi yang mendalam, praktek langsung, durasi waktu, hingga sertifikat profesional. Namun, bukan berarti yang gratis kurang diperhitungkan ya, guys!

Sekarang banyak kok, kelas-kelas pelatihan dan upskilling yang tidak merogoh kocek, bersertifikat, dan tentunya diisi oleh tutor-tutor yang berpengalaman. Salah satunya di kelas SohIB! Di sini, kamu nggak cuma mendapatkan materi-materi yang berguna bagi self development, tetapi juga komunitas anak muda dengan berbagai kegiatan yang positif, suportif, dan menyenangkan. Sudah join?

4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas, Anak Milenial Wajib Ikut!

5. Circle yang Positif

Ilustrasi sekelompok remaja sedang berkumpul, bentuk investasi diri yang penting
Miliki pertemanan yang positif sebagai bentuk investasi diri jangka panjang | Sumber: Unsplash (Melissa Askew)

Punya lingkungan yang toxic dan tidak membawa kebaikan rasanya sudah semakin old style ya, guys? Sekarang, orang sudah lebih sadar masalah kesehatan mental dan dampaknya bagi diri, sehingga proteksi untuk mendapatkan circle positif lebih kuat.

Meninggalkan drama-drama nggak penting di pertemanan tidak hanya akan menjaga kita dari situasi nggak nyaman, tetapi juga membuat pikiran lebih sehat. Tantangan di depan mata akan semakin menuntut diri untuk lebih fokus, bijaksana, dewasa, dan kuat. Sehingga butuh adanya waras tidak hanya dari tubuh, tetapi juga mental.

6. Berusaha Menggapai Impian

Bayangkan betapa bahagianya kita dan orang-orang di sekitar kita apabila suatu saat kamu berhasil mencapai impianmu! Berusaha sekuat mungkin dan tidak patah semangat merupakan modal diri yang sangat-sangat penting untuk selalu kamu pegang teguh. Abaikan kalimat-kalimat bernada menjatuhkan karena merekapun tidak bisa memprediksi masa depanmu.

Catatlah plan-plan apa saja yang ingin SohIB raih, lebih baik apabila ditulis secara detail bersama strategi dan timeline-nya. Sementara itu, bijaksanalah dalam berpikir, bahwa bila rencana itu berjalan tidak sesuai harapan, selalu ada jalan untuk memperbaikinya atau mengganti dengan yang lebih baik.

7. Berpendidikan Setinggi-tingginya

Salah satu hadiah terbesar yang dapat kamu berikan untuk diri adalah mampu mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Tidak ada batasan seberapa tinggi kamu perlu belajar, karena pada hakikatnya nggak ada usia yang expired untuk menuntut ilmu.

Semakin kita diperkaya oleh pengalaman dan pendidikan, harapannya SohIB akan semakin berdaya dan bermanfaat luas bagi sekitar, termasuk menularkan kembali ilmu yang sudah diperoleh.

Tidak ada kata rugi ketika kita berinvestasi pada diri, karena yang akan terkena dampak baiknya pertama kali adalah diri sendiri. Mulai dari sekarang, yuk, bersemangat untuk menjadi pribadi yang matang, cerdas, dan berbudi!

Self Love, Penting tetapi Sering Diabaikan

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)