4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas, Anak Milenial Wajib Ikut!

4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas, Anak Milenial Wajib Ikut!

Komunitas membuat kita memiliki perspektif yang lebih luas | Sumber: Unsplash (Omar Lopez)

Join komunitas, memangnya perlu?

Memasuki tahun ketiga pandemi COVID-19, mobilisasi di luar rumah masih sedikit terbatas meski wabah dikabarkan hampir usai. Selama #dirumahaja, kegiatan apa yang sering SohIB lakukan untuk mengisi waktu luang? Adakah yang pernah bergabung atau aktif dalam komunitas?

Yup, komunitas merupakan sekelompok orang yang tergabung dalam satu grup karena adanya minat, wilayah, kondisi, dan atau tujuan yang sama. Karena merupakan inisiatif dari individu saat memutuskan masuk ke dalam tim tersebut, maka biasanya orang-orang di dalamnya menyepakati aturan-aturan yang berlaku.

Jika dulu grup diskusi ‘hanya’ tersedia di milis, dengan banyaknya aplikasi media sosial yang inovatif saat ini, komunitas dapat kita temukan pada berbagai platform, seperti Telegram, Whatsapp, Line, hingga Kaskus.

Tidak banyak yang menyadari, bahwa ikut komunitas memiliki banyak manfaat, lo! Terutama untuk investasi diri dalam jangka panjang, berikut ini adalah keuntungan saat kita bergabung dalam komunitas!

Baca juga: Ragam Aroma Essential Oil dan Manfaatnya

Ikut Komunitas, Peluang dan Relasi Jadi Luas

https://unsplash.com/photos/t0BavJY0M-U Photo by Kylie Lugo on Unsplash
Mencari pekerjaan bisa lebih mudah dengan adanya relasi | Sumber: Unsplash (Kylie Lugo)

Apa yang menjadi keputusan pertama SohIB saat bergabung dengan grup diskusi? Yes, minat yang sama menjadi alasan utama seseorang ingin ikut dalam sebuah kelompok! Berada di tengah-tengah orang yang satu ‘frekuensi’ dengan kita tentu merupakan anugerah tersendiri, bukan?

Selain itu, komunitas dapat menjadi jalan menuju pekerjaan impian, lo! Siapa yang mengingkari, bahwa agar kita dapat bertahan di era pencarian kerja yang kompetitif, membangun network sangat penting untuk dilakukan. Saat ini, banyak perusahaan yang lebih mengutamakan ‘rekomendasi’ dibandingkan melakukan rekrutmen yang bisa memakan waktu lebih lama.

Biasanya, saat grup diskusi berjalan lancar dan aktif, para anggota yang bekerja tak segan-segan mengirimkan informasi penting seperti pelatihan, magang, beasiswa, hingga pekerjaan. Eits… tetapi saat kita memutuskan bergabung dalam grup diskusi, usahakan untuk berperan aktif, ya!

Sharing Ilmu dan Perspektif Baru

Dengan bergabung komunitas, sohIB bisa berkesempatan untuk bertemu dengan para expert di bidang yang kita minati dan mendapatkan akses-akses yang tadinya tidak bisa kita jangkau. Perspektif kita akan semakin luas karena mendapatkan ilmu-ilmu baru yang relevan dengan bidang yang kita sukai.

Melatih Skill Bersosialisasi

https://unsplash.com/photos/S_VbdMTsdiA Photo by Mike Erskine on Unsplash
Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan join komunitas | Sumber: Unsplash (Mike Erskine)

Memiliki hard skill penunjang karier saja tidak cukup. Seorang bijak mengatakan, “Ilmu itu penting, tetapi tanpa attitude, kita layaknya pohon berbuah tetapi tidak bisa dimakan.”

Meskipun dominasi komunitas berbasis online lebih banyak, tidak lantas membuat kita mengabaikan nilai dan kesopanan ya, sohIB! Gunakan bahasa yang santun dan jangan takut untuk terus meng-upgrade public speaking kita.

Bertemu banyak orang dengan berbagai perbedaan dan budaya sangat mengasyikan, lo! Kita jadi terbiasa untuk bergaul dan saling bersinergi dengan sekelompok orang. Tentunya saat bekerja nanti, ada situasi yang membuat kita harus bekerja dalam tim, bukan?

Apabila SohIB mengikuti forum diskusi secara daring, jangan lupa atur waktu agar tidak berlama-lama. Bersosialisasi secara nyata juga penting untuk menjaga keseimbangan pertemanan kita. Akan lebih baik lagi, jika suatu saat teman-teman komunitas bisa saling bertemu alias ngopi darat.

Baca juga: Mengenal Toxic Positivity dan Cara Menghindarinya

Poin Plus Untuk Portofolio

Dan yang terakhir, kegiatan berkomunitas bisa kita cantumkan sebagai aktivitas berorganisasi, lo! Saat akan melamar pekerjaan nanti, HRD akan mempertimbangkan para jobseeker yang aktif memanfaatkan waktunya dengan kegiatan positif.

Untuk itu, seleksi komunitas mana yang benar-benar membuat kamu berkembang dan memberi insight. Jangan mengikuti terlalu banyak grup, melainkan pilih satu dua dan produktif di dalamnya. Akan lebih baik lagi jika forum yang diikuti sudah dikenal oleh khalayak karena nama baik dan manfaatnya.

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget SohIB baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)