Dari Empowerment ke Equality: 4 Peran Media Massa dalam Mendukung Pemberdayaan Perempuan

Dari Empowerment ke Equality: 4 Peran Media Massa dalam Mendukung Pemberdayaan Perempuan

Dari Empowerment ke Equality: 4 Peran Media Massa dalam Mendukung Pemberdayaan Perempuan

Pemberdayaan perempuan merupakan proses di mana perempuan diberikan kontrol atas kehidupan mereka sendiri, memperoleh kemandirian, dan memperoleh akses yang setara dalam bidang pendidikan, pekerjaan, kesehatan, dan keputusan-keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka. Dengan adanya pemberdayaan perempuan ketimpangan gender dan diskriminasi di masyarakat akan berkurang. Selain itu, dapat menciptakan lingkungan yang membuat perempuan dapat mengambil peran aktif dalam pembangunan masyarakat dan memperjuangkan hak-hak mereka.

Sejalan dengan adanya perkembangan zaman, media massa memiliki peran dan kekuatan yang besar dalam membentuk opini publik hingga dapat memengaruhi keputusan dan perilaku masyarakat. Dengan jangkauan media massa yang luas, media massa memiliki tanggung jawab dalam menyajikan informasi mengenai pemberdayaan perempuan. Dengan demikian, media massa merupakan salah satu alat yang tepat untuk mendukung pemberdayaan perempuan. 

Berikut merupakan peran media massa dalam mendukung pemberdayaan perempuan:

  • Mengedukasi

Media massa dapat menjadi alat untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai hak-hak perempuan, meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender, dan memberikan informasi tentang sumber daya dan kesempatan yang tersedia bagi perempuan. Pemberian edukasi dan informasi ini berguna agar masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam menyuarakan isu pemberdayaan perempuan.

  • Pemberitaan Isu-isu Perempuan

Media massa dapat menginformasikan berita yang luas terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan, seperti kesenjangan gender, kekerasan terhadap perempuan, dan akses terhadap pendidikan dan pekerjaan, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tantangan yang dihadapi oleh perempuan.

  • Memberikan Narasi Inklusif

Narasi inklusif merupakan cara penyampaian informasi dalam bentuk cerita atau pesan dengan memasukkan beragam perspektif, pengalaman, dan identitas. Mengacu pada isu pemberdayaan perempuan, narasi inklusif berguna untuk menghindari stereotip gender yang merugikan. Bentuk dari narasi inklusif dapat berupa penggambaran yang tidak memihak, menghormati, dan mewakili berbagai latar belakang, jenis kelamin, dan pengalaman yang dimiliki perempuan.

  • Representasi Positif 

Media massa dapat menggambarkan representasi positif perempuan di mata masyarakat sebagai tokoh yang kuat, cerdas, dan berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan adanya representasi tersebut stereotip gender yang ada di masyarakat dapat berubah dan perempuan dapat memiliki citra yang kuat, mandiri, dan berdaya. 

  • Mendorong Pembentukan Opini Publik

Media massa memiliki kekuatan untuk membentuk opini publik, sehingga dapat mendorong berbagai kebijakan yang mendukung pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Melalui berbagai informasi dan pemberitaan yang mendalam, media massa dapat membentuk opini masyarakat untuk memperjuangkan hak-hak perempuan hingga mengubah kebijakan yang telah ada. Dengan demikian, media massa tidak hanya menjadi pengawal perubahan sosial, tetapi juga menjadi penggerak dalam perjuangan untuk mencapai masyarakat yang lebih adil.

Dari ke empat peran di atas dapat disimpulkan bahwa  media massa memiliki memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung pemberdayaan perempuan dan memajukan kesetaraan gender. Dengan demikian, media massa diharapkan dapat memberikan representasi yang positif dan penyiaran isu-isu yang relevan sehingga mempercepat perubahan sosial menuju masyarakat yang lebih inklusif dan adil bagi semua individu, tanpa memandang jenis kelamin.

Mari berkontribusi bagi Indonesia dan sebarkan berita positif bagi sesama. Ayo jadi bagian dalam gerakan Indonesia Baik dengan bergabung bersama Komunitas Sobat Hebat Indonesia Baik (SohIB) di sini. Ikuti juga Instagram @Indonesiabaik.id dan @id_sohib untuk informasi lengkap lainnya.