Siap-Siap Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Uji Coba Dimulai Bulan Mei 2023

Siap-Siap Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Uji Coba Dimulai Bulan Mei 2023

Kereta Cepat Jakarta Bandung | Sumber: https://kcic.co.id

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SohIB, ada kabar gembira, nih! Bagi kamu yang sering bepergian antara Jakarta dan Bandung, kini kamu bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan cepat, lo! Iya! Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung atau KCJB akhirnya dimulai bulan Mei 2023 sekarang. Wah, seru banget, kan? Ini merupakan proyek ambisius yang telah ditunggu-tunggu selama bertahun-tahun, dan akhirnya akan menjadi kenyataan.

KCJB ini akan menjadi moda transportasi yang lebih efisien dan ramah lingkungan yang menghubungkan Jakarta dan Bandung. Selain itu, kereta cepat ini juga bisa mengurangi kemacetan di jalan raya dan membuat perjalanan kamu menjadi lebih lancar dan nyaman. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kita bahas tuntas apa yang perlu kita ketahui tentang kereta cepat terbaru milik Indonesia ini!

Apa itu Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Kereta Cepat pertama di Indonesia
Kereta Cepat pertama di Indonesia | Sumber: Liputan6.com

Kereta cepat Jakarta-Bandung atau KCJB adalah proyek kereta cepat pertama di Indonesia yang memiliki kecepatan maksimal 420 km/jam. Dengan jarak sekitar 304 km, kereta cepat ini hanya perlu 46 menit saja dari Stasiun Halim, Jakarta menuju Stasiun Tegalluar, Bandung. Waktu yang ditempuh sangat singkat daripada menggunakan transportasi lain yang bisa menghabiskan 2—3 jam di jalan, dan belum dengan macetnya. 

Tahu tidak SohIB, kalau perencanaan KCJB ini sudah menjadi rencana dari bapak Presiden Joko Widodo dari tahun 2016, lo! Bahkan, jika kita tidak kena pandemi Covid-19, peresmian kereta cepat ini akan selesai dan beroperasi di tahun 2021. Walau sempat mengalami kendala waktu peresmian, tapi kita harus bersyukur karena di tanggal 18 Agustus 2023 atau 1 hari setelah perayaan hari kemerdekaan Indonesia, kereta ini akan resmi beroperasi! Dalam Konferensi Pers Kerjasama Indonesia-Tiongkok, di Jakarta kemarin pun, Menko Luhut mengatakan bahwa kereta cepat ini adalah hadiah HUT RI ke-78. Duh, keren banget!

Ngabuburit Sambil Ngintip Sejarah Kereta Api di Sulawesi, Keren Abis!

Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung

Bulan Mei 2023 akan menjadi awal dari uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung ini. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan bahwa ia ingin tokoh pimpinan dari Pemerintah Tiongkok untuk ikut serta menghadiri seremonial peresmian operasi KCJB ini. Selain itu, proses uji coba ini bertujuan untuk mengetahui apakah kereta cepat sudah sesuai atau belum. Sehingga jika terdapat masalah, pihak kereta bisa mengetahui dan memperbaiki sistem untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan aman untuk kita nanti. Gak sabar, ya!

Keuntungan Menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kunjungan Menteri untuk melihat perkembangan kereta cepat
Kunjungan Menteri untuk melihat perkembangan kereta cepat | Sumber: Kemenhub.doc

Jika kamu sudah mulai tertarik menggunakan transportasi umum seperti kereta, maka kamu sudah ikut serta dalam mengurangi emisi karbon, lo! Seperti yang disebutkan di laman resmi KCIC, kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan menggunakan kereta tipe CR400AF yang memiliki lebar 3,36 meter, tinggi 4,05 meter, panjang kepala kereta 27,2 meter dan intermediate kereta 25 meter.  Selain itu, kereta ini juga menggunakan sumber daya listrik jenis overhead catenary system/OCS yang lebih ramah lingkungan dibandingkan jenis diesel. Tentunya ini adalah kabar baik karena bisa mengurangi emisi karbon yang akan berdampak pada pemanasan global, SohIB!

Berapa Biaya Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung, nih SohIB. Namun, jika kita melihat proyek kereta cepat lainnya di dunia, harga tiket kereta cepat cenderung akan lebih mahal daripada harga tiket kereta biasa. Namun, harga tersebut tentunya sebanding dengan kecepatan waktu dan kenyamanan yang akan kita rasakan nanti. Jadi pasti worth it, deh SohIB!

Sulawesi Punya Kereta Api Baru yang Gak Kalah Sama Jakarta, lo!

Nah, itu dia informasi mengenai uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan dimulai bulan Mei 2023 sekarang. Meskipun negara yang pertama kali meluncurkan kereta cepat di Asia Tenggara adalah Laos, tapi kita boleh berbangga diri bahwa Indonesia sudah bisa merasakan sebuah terobosan besar dalam bidang transportasi. Tentunya, dengan adanya kereta cepat Jakarta-Bandung ini, kita bisa menikmati perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan efisien di masa depan. Selamat mencoba nanti, ya SohIB!