5 Tanda Workout Kamu Berhasil, Makin Semangat Sehat!

5 Tanda Workout Kamu Berhasil, Makin Semangat Sehat!

Salah satu posisi workout yang berguna untuk menguatkan otot perut | Sumber: Unsplash ( Jonathan Borba)

Menerapkan gaya hidup sehat dimulai dari banyak hal, salah satunya adalah rutin berolahraga. Dimulai dari langkah kecil, bila dilakukan secara konsisten, maka kebaikan dari workout akan segera kita dapatkan.

Berbicara masalah manfaatnya, banyak orang yang berpikir bahwa kunci keberhasilan workout adalah tubuh menjadi lebih fit atau bila sedang dalam program weight loss, berat badan akan berkurang. Hal ini nggak sepenuhnya salah ya, SohIB! Terlebih lagi, sebuah kalimat yang selama ini digaungkan sangat jelas, “Tubuh yang sehat dan indah tidak dihasilkan dari orang-orang yang pemalas.”

Namun, bila hanya dua parameter ini menjadi ciri kesuksesannya, wah, bisa-bisa orang menjadi lebih mudah menyerah saat merasa tidak ada perubahan apapun dari dirinya. Padahal, terdapat tanda-tanda lain yang bisa kamu notice untuk mengetahui apakah workout SohIB berhasil. Apa saja?

Baca juga: Aquascape, Karena Hewan Laut Juga Butuh Rumah yang Indah!

Lebih Happy!

Olahraga membuat mood menjadi lebih baik dan bahagia | Sumber: Unsplash (Antonino Visalli)

Olahraga rutin memang sudah secara ilmiah terbukti bisa meningkatkan suasana hati kita karena menurunkan kadar hormon yang membuat kita stres. Oleh sebab itu, bila sedang merasa frustasi atau sedih, mungkin menggerakkan tubuhmu adalah solusinya. Ini sama dengan ketika kita sedang melakukan dance sambil mendengarkan musik. Kamu akan merasa lebih bahagia dan positif, bukan? Coba deh, SohIB buktikan!

Kualitas Tidur Membaik

Biasanya, ketika seseorang sudah seharian melakukan aktivitas, saat malam tiba tubuh akan merasa kelelahan dan mudah tidur cepat. Inilah yang juga terjadi ketika workout SohIB sudah dilakukan secara konsisten, lo!

Kegiatan tersebut dapat membantu tubuh kita berfungsi lebih baik, termasuk untuk pengatur jam tidur. Dengan demikian, kita secara tidak langsung menghindarkan diri dari begadang dan bangun kesiangan. Waktu pun menjadi lebih berkualitas dan produktif.

Badan Terasa Sakit

Hah, serius? Yup, salah satu tanda keberhasilan workout kamu adalah badan merasa pegal atau sakit setelah beraktivitas fisik, terutama pada bagian tubuh yang kita fokuskan. Perhatikan baik-baik saat SohIB sedang melakukan suatu gerakan dengan tujuan tertentu. Bila terasa nyeri, kemungkinan memang kamu sudah sesuai instruksi. Biasanya, efek ini akan berlangsung hingga 3-5 hari ke depan, tetapi akan berangsur sembuh.

Baca juga: Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

Tubuh Menjadi Terbiasa dengan Olahraga

Jika sudah terbiasa olahraga, tubuh akan mudah menerima gerakan selanjutnya | Sumber: Unsplash (Jonathan Borba)

Memang sih, mengubah sesuatu di luar kebiasaan kita tidak semudah niatnya saja. Perlu konsistensi dan kedisiplinan yang tinggi agar tidak mudah goyah. Sama dengan tubuh kita, bila di awal workout rasanya sangat berat dan melelahkan, itu adalah hal yang lumrah.

Namun, SohIB akan segera beradaptasi dan menerima manfaat dari aktivitas yang menyenangkan ini. Tubuh menjadi lebih ringan dan tidak mudah merasa kelelahan lagi. Dan paling mengejutkannya lagi, itu artinya, usaha kamu untuk memiliki pola yang sehat sudah berhasil!

Merasa Bugar dan Berenergi

It’s true! Upaya berolahraga rutin bisa dikatakan sukses saat tubuh terasa lebih bugar dan berenergi. Sekali lagi, karena fungsi tubuh telah mulai diperbaiki, sehingga kita tidak lagi gampang sakit, capek, bahkan mageran. Lihat saja, ada nggak yang suka olahraga tapi pemalas 

dan mudah uring-uringan? Hmm.. kalaupun ada, sepertinya cuma sepersekian persen di dunia, deh!

Bagaimana SohIB, apakah sekarang kamu sudah lebih paham? Apabila kamu belum banyak merasakan manfaatnya dari beberapa poin di atas, bersabar saja! Apa yang sedang kita upayakan, tentu tidak ada yang sia-sia, bukan? Tetap semangat, menjadi sehat, dan jangan mudah menyerah!

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)