Aplikasi yang Paling Sering Diunduh Sepanjang 2022, TikTok Paling Atas

Aplikasi yang Paling Sering Diunduh Sepanjang 2022, TikTok Paling Atas

Media sosial media sudah menjadi bagian dari hidup kita | Sumber : Pexels (Rami Al Zayat)

Berdasarkan data dari Visual Capitalist, TikTok dinobatkan sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh masyarakat secara global tahun 2022. Bahkan, perusahaan yang berasal dari Bytedance ini telah di-download hingga 672 juta, lo! Selain itu, ada tiga produk dari Perusahaan Meta yang juga masuk ke dalam 10 aplikasi yang paling sering diunduh oleh penggunanya. SohIB penasaran apa saja yang lainnya? Cek artikel di bawah ini!

1. TikTok (672 Juta)

TikTok atau Douyin (dalam bahasa Mandarin) adalah aplikasi penyedia hosting video dengan durasi pendek yang dirancang oleh perusahaan dari China, ByteDance. Rilis September 2016, pengguna bisa mengunggah video dengan durasi minimal 3 detik hingga 10 menit. TikTok juga mempermudah kita membuat konten video sendiri dengan berbagai template, lagu, dan filter yang bisa digunakan secara gratis.

Di Indonesia sendiri, pada awalnya TikTok sempat ditolak oleh masyarakat karena banyak konten negatif dan kurang mendidik. Hal ini berbuntut pada pemblokiran aplikasi tersebut oleh Menkominfo. Namun, beberapa tahun kemudian, minat pengguna TikTok di negara kita semakin tinggi hingga menjadi primadona. Meskipun kemarin sempat mengalami masalah lagi karena TikTok Shop, hal itu tidak menyurutkan user untuk tetap menikmati layanan aplikasi ini.

2. Instagram (547 Juta)

Instagram adalah media sosial yang memungkinan pengguna untuk membagikan konten berupa foto dan video. Senada dengan TikTok, aplikasi ini juga menyediakan beragam template, stiker, hingga pilihan lagu yang bisa kamu gunakan untuk mengunggah konten. Bahkan, penikmat Instagram nggak hanya membagikan informasi saja di platform itu, melainkan juga bermain gim dari filter yang tersedia dan berjualan online.

Tadinya, Instagram diluncurkan untuk iOS di tahun 2010, sebelum kemudian diakuisisi oleh Facebook.Inc (kini Meta) milik Mark Zuckerberg. Oleh sebab itu, fitur Stories juga bisa ditampilkan di Story yang juga dipunyai Facebook.

3. Facebook (449 Juta)

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Dibuat oleh Mark Zuckerberg bersama teman-temannya semasa di Harvard College, tadinya Facebook dibuat hanya untuk kalangan terbatas, yakni mahasiswa Harvard College. Namun, dalam perkembangannya. media sosial yang satu ini dengan cepat mencuri perhatian masyarakat global untuk membuat akun di sana dan berjejaring dengan orang lainnya, ketika diluncurkan ke publik.

Kini menjadi bagian dari perusahaan Meta, Facebook tampak lebih digandrungi oleh generasi usia 40 tahunan ke atas atau wanita. Banyak juga yang memanfaatkannya sebagai platform jual beli online. Nggak heran, banyak anak muda mengatakan bahwa Facebook adalah media sosial untuk orang tua. Benar nggak, sih?

Aplikasi Editor Video untuk Pengguna Android, Apa Saja?

4. WhatsApp (424 Juta)

Satu lagi aplikasi paling populer di dunia yang juga berinduk perusahaan Meta. WhatsApp dibuat oleh Jan Koum dan Brian Acton yang dulunya adalah karyawan di Yahoo!. Meskipun tadinya sempat mengalami berbagai gejolak (termasuk membebankan pengguna WhatsApp dengan biaya tahunan), kini aplikasi dengan logo hijau terang tersebut menjulang tinggi dengan berbagai layanan yang semakin memberikan kenyamanan pengguna.

SohIB tidak hanya bisa mengirimkan pesan teks dan video, tetapi juga merekam suara, menambahkan WhatsApp Story yang akan hilang setelah 24 jam, menyematkan stiker-stiker lucu, hingga melakukan layanan video call lebih dari satu orang. Btw, sekarang telah ada WhatsApp Business yang bisa dimanfaatkan untuk layanan perpesanan yang lebih profesional. Kamu bahkan bisa menyematkan katalog di sana.

5. Telegram (310 Juta)

Bisa dibilang, Telegram tidak jauh berbeda dengan WhatsApp dalam hal fungsinya. Sebab, SohIB juga bisa menggunakannya untuk layanan chatting, mengirimkan voice note, dan video.

Namun, yang sedikit membedakan adalah karena Telegram memfasilitasi kita untuk mengirimkan file hingga video dengan ukuran yang sangat besar (hingga di atas 1 GB), yang mana WhatsApp dan media sosial lainnya belum punya itu. Selain itu, disebutkan bahwa Telegram memiliki fitur end-to-end encryption yang menjamin keamanan pesan kita dari hacker.

6. Subway Surfers (304 Juta)

Mobile game ini dilahirkan dari Denmark, yang dikembangkan oleh Kiloo Games dan Sybo Games. Kamu bisa memainkannya di Android, iOS, Kindle, dan Windows Phone.

Subway Surfers adalah permainan yang mana ada seorang remaja hooligan yang suka menggambar graffiti di kereta api tanpa izin. Kemudian seorang inspektur dengan anjingnya memergokinya dan mengejar remaja tersebut. Dari sinilah petualangan pemain dimulai.

Cara memainkannya sangat mudah, sebab SohIB hanya perlu menyentuhkan jari ke monitor untuk mengarahkan karakter tersebut untuk melompat, berpindah kanan dan kiri, atau menghindari rintangan. Terdapat beberapa koin dan benda yang bisa kamu ambil untuk memaksimalkan permainan. Tertarik mencoba?

Rekomendasi Website dan Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing, Serasa Main Game!

7. Stumble Guys (254 Juta)

Stumble Guys bisa dikatakan sebagai ‘pemain baru’ di antara 10 aplikasi populer lainnya, karena baru dirilis di tengah kecamuk pandemi COVID-19, yakni September 2020. Namun, hingga kini, permainan berbasis multiplayer royale tersebut sukses besar dengan 254 juta pengunduh.

Di sini, SohIB akan berkompetisi dengan sesama pemain lainnya untuk melewati berbagai rintangan. Siapapun yang bisa bertahan sampai babak terakhir, maka ia yang akan keluar jadi pemenangnya. Stumble Guys bergenre action dan battle royale, tetapi sangat santai. Kamu bisa menikmati permainan ini bersama keluarga.

8. Spotify (238 Juta)

Spotify adalah layanan musik, podcast, dan video dalam bentuk digital. Kamu bisa memutar lagu atau konten berbentuk audio lainnya dengan akses gratis maupun berbayar tanpa iklan (Premium). SohIB dapat memanfaatkan platform berwarna hitam biru ini pada berbagai gawai nih, misalnya smartphone, komputer, laptop, tablet, sampai mobil dan televisi.

9. SHEIN (229 Juta)

Meskipun di Indonesia mungkin kurang dikenal luas, aplikasi SHEIN adalah aplikasi belanja online terkemuka yang berasal dari China dan telah diunduh lebih dari 500 juta downloader di Google Play. Pengguna bisa menemukan berbagai kebutuhan seperti elektronik, produk kecantikan, aksesoris, sepatu, fashion, hingga perlengkapan peliharaan hewan di sini. Banyak sekali promosi yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna SHEIN. Tertarik mencoba?

10. Messenger (210 Juta)

Satu lagi produk perusahaan Meta yang juga masuk ke dalam jajaran top apps tahun 2022, yakni Messenger. Awalnya, aplikasi ini merupakan bagian dari Facebook Chat. Namun, di tahun 2018 ia berdiri sendiri dan bisa didapatkan pengguna yang memiliki gawai berbasis Android serta iOS.

Kita tunggu saja ya SohIB, siapakah aplikasi dengan unduhan tertinggi secara global versi tahun 2023!

Download Aplikasi Jangan Sembarangan, Waspada Sniffing!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

 

Sumber:

https://www.visualcapitalist.com/cp/most-popular-apps-by-downloads/