Rekomendasi Website dan Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing, Serasa Main Game!

Rekomendasi Website dan Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing, Serasa Main Game!

Belajar bahasa asing saat ini bukan sulit lagi! | Sumber: Unsplash (Leonardo Toshiro Okubo)

Siapa bilang belajar bahasa asing itu sulit dan mahal? Dengan kecanggihan teknologi masa kini, mempelajari berbagai bahasa bukan lagi sebuah rintangan. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi dan website berbayar atau gratis sebagai media menimba ilmu. Bahkan, tinggal menggunakan smartphone dan laptop saja, klik.. langsung bisa menyimak materi. Selama SohIB berkomitmen untuk berusaha dan konsisten, tidak ada yang tidak mungkin bukan?

Kali ini, kita akan sama-sama melihat berbagai rekomendasi website dan aplikasi untuk belajar bahasa asing. Kesemuanya dapat kamu unduh di Google Play atau Apps Store dan mendapatkan predikat “Editor’s Choice” di Google. Selain super komplit, ada yang berasa sedang main game, lo! Apa aja, nih?

Baca juga: Bahasa Tersulit di Dunia, Berani Terima Tantangan?

1. Duolingo

Duolingo menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa terbaik selama peluncurannya. App berwarna dominasi hijau muda yang segar ini menyediakan berbagai banyak bahasa untuk dipelajari, seperti bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, Arab, Yunani, Arab, Vietnam, bahkan yang sangat langka dan bersifat fiksi seperti Valyrian.

Cara belajarnya pun asyik dan sangat interaktif. Duolingo memadukan tiga kompetensi utama bahasa, yakni listening, reading, dan speaking agar peserta terbiasa selama proses pembelajaran. Kamu seperti bermain gim pada setiap sesi yang dihadirkan. Poin-poin yang dicapai dapat kamu tukarkan dengan membeli ‘ramuan’ seperti booster, heart, dan penambahan waktu.

SohIB juga dapat berkompetisi dengan orang lain di setiap liga, sehingga memicu untuk berlama-lama berlatih bahasa di Duolingo. Btw, aplikasi ini diakses gratis, tetapi dikenakan biaya bila kamu mau fasilitas lebih lengkap dan noniklan. Sertifikat Duolingo juga diakui secara internasional, lo!

2. Memrise

Memrise agaknya diambil dari kata “memorize” yang berarti mengingat. Nggak hanya belajar listening dari suara yang terdengar sangat robot dan kaku, SohIB dapat belajar bahasa asing dengan video-video dari penutur asli! Sehingga terkesan real dan membuat kita lebih terbiasa dengan bahasa yang dipelajari di kehidupan sehari-hari.

Terdapat 23 bahasa asing yang disediakan, termasuk bahasa Mongolia dan Inggris versi british. Hayo-hayo, siapa nih, yang penasaran banget sama bahasa bule ala-ala Harry Potter? Cobain deh, aplikasi Memrise!

3. Tandem: Language exchange

Berbeda dari yang lain, Tandem punya cara unik untuk melatih keterampilan bahasa! Memiliki lebih dari 300 jenis bahasa yang ada, kamu bisa belajar bersama local Tandem partners atau sesama pengguna Tandem di area sekitarmu. Selain semakin lancar berbahasa asing, bisa memiliki teman baru juga!

Nggak hanya itu saja, di sini SohIB bisa melakukan private chatting dengan tutor yang native speaker dan siap mengoreksi pronunciation yang kurang tepat. Waduh, serasa punya pacar pintar ini, sih!

Baca juga: Bahasa Paling Mudah di Dunia Untuk Dipelajari

4. Learn 33 Language - Mondly

Bila diperhatikan, Mondly ini 11:12 dengan Duolingo, tetapi versi tampilannya yang lebih profesional (Duolingo banyak animasi lucunya). Diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play, aplikasi besutan ATi Studios ini juga nggak boleh kamu lewatkan!

Mondly menyediakan hingga 33 bahasa dan semuanya bisa digunakan secara gratis. Salah satu fitur yang sangat menarik adalah mengisi percakapan dua tokoh di sini sehingga menjadi serangkaian conversation yang baik dan nyambung. Sudah banyak respon positif dari penggunanya, lo!

5. Busuu: Learn Languages

Busuu memang tidak memiliki tutor bahasa sebanyak yang lain. Menyediakan hingga 15 bahasa yang paling populer dipelajari, language learning app tersebut diklaim setara dengan 1 semester di perkuliahan untuk 22 jam belajar, nih!

Interface-nya yang serba biru-putih sangat nyaman dan eye-friendly. Cocok untuk digunakan sebagai panduan belajar bahasa asing bersama anak-anak dan keluarga. Kamu mau mencoba?

6. HelloTalk - Learn Languages

Belajar bahasa di aplikasi memang nggak biasa, tetapi bisa sambil chatting dengan native speaker baru luar biasa! Bila kamu memperhatikan, HelloTalk mempunyai tampilan dan fitur yang mirip dengan sosial media.

SohIB dapat membagikan berbagai momen di lamanmu untuk di-like, diberi komentar, bahkan juga saling mengobrol dengan orang-orang di dalamnya. Tidak hanya menambah skill berbahasa asing, pengguna juga bisa bertukar pikiran dan kebudayaan selama proses belajar berlangsung. Gimana-gimana, udah download belum?

Baca juga: Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris, Fun Banget!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)