Agar Olahraga Tidak Mudah Bosan, Wajib Dicoba Cara Ini!

Agar Olahraga Tidak Mudah Bosan, Wajib Dicoba Cara Ini!

Workout membuat kita makin sehat dan bahagia | Sumber: Unsplash (Anastase Maragos)

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang tak hanya menyehatkan, tetapi juga produktif dan membuat mood menjadi bagus. Terdapat jutaan kebaikan yang didapatkan apabila kita rutin melakukan workout. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang secara rutin melakukan kegiatan yang satu ini demi kesehatan.

Sebenarnya, olahraga punya banyak pilihan. Bahkan, pada jam-jam pintar masa kini (smart watch), tercatat lebih dari seratus jenis workout yang tersedia untuk di-tracking. Kamu bisa memilih apapun yang sesuai dengan tubuh, kesenangan, dan kondisi lapangan. So, sebenarnya nyaris tidak ada alasan untuk kita mudah bosan atau lelah ketika beraktivitas. Sebab, banyak sekali ragam olahraga yang bisa kita terapkan.

Namun, yang namanya manusia, tentu saja suatu saat akan menemukan titik jenuh atau malas berolahraga. Bisa jadi disebabkan oleh kurang mood, tidak bertenaga, atau kesepian. Kondisi itu dapat dialami oleh orang yang baru mulai rutin berolahraga, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mereka yang sudah rajin juga.

Baca juga: Darebee.com, Situs Khusus Olahraga yang Wajib Kamu Coba!

Kali ini, Kak IBe akan berbagi tips yang bisa kamu coba untuk membangkitkan semangat workout lagi, sehingga tidak menjadi momok yang bikin mager. Cek bersama-sama, skuy!

Durasi Olahraga yang Singkat

Kalau kamu berpikir semakin lama durasi beraktivitas fisik adalah semakin banyak membakar lemak, ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, ketika kita berolahraga, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk dijadikan standar fat burning. Misalnya, pada berjalan-jalan di atas treadmill, incline dan kecepatan jalan juga mempengaruhi performa pembakaran kalori.

Akan tetapi, banyak orang juga yang akhirnya memilih tidak bergerak dengan alasan olahraga perlu komitmen punya waktu luang yang panjang. Padahal, sedikit workout jauh lebih baik daripada tidak melakukan sama sekali.

Nah, untuk menyalakan kembali mood olahraga yang mengendur, pilih saja olahraga yang berdurasi cukup singkat, tetapi sudah cukup membuat kita berkeringat. Di YouTube atau aplikasi olahraga masa kini, banyak lo, yang menyediakan program workout yang hanya perlu waktu sebentar, seperti zumba for 10 minutes, weight lifting for 15 minutes, dan lainnya. Ayolah, meluangkan beberapa menit saja dalam sehari bukan hal yang sulit bukan?

Pilih Jenis Olahraga yang Variatif

Yang dari kemarin berenang terus atau lebih sering jogging, mungkin sudah saatnya bagi SohIB untuk mencoba hal baru lainnya! Hal ini baik agar kita tidak semakin bosan bosan atau terlalu nyaman dengan satu aktivitas yang sama. Siapa tahu, kamu jadi menemukan gerakan baru yang ternyata juga menyenangkan untuk dilakukan!

Baca juga: Plogging, Tren Olahraga yang Ramah Lingkungan

Ajak Teman atau Keluarga

Mengajak teman dan keluarga menjadi jalan yang paling sering diterapkan bagi mereka yang mulai demotivation melakukan workout. Sebenarnya, dalam setiap diri seseorang selalu tahu bahwa olahraga tidak hanya sekedar hobi, tetapi memang menjadi kebutuhan. Hanya saja, beberapa perlu mendapatkan suntikan motivasi agar tidak lagi menunda-nunda.

Dengan kamu meminta sahabat atau keluarga turut beraktivitas bersama, kebiasaanmu ini malah menjadi pelecut yang positif bagi mereka. SohIB pun juga nggak jadi mager lagi, deh!

Dengarkan Musik Kesukaan

Terkadang, kejenuhan pada kegiatan yang menghasilkan banyak keringat ini disebabkan hal yang melibatkan emosional, seperti merasa kesepian. Bahkan, menunggu lima menit pun sebetulnya akan terasa lama jika kita tidak melakukan apapun, bukan?

Jika memang itu yang menjadi problem-mu, cobalah untuk mendengarkan musik favorit selagi sedang workout. Selain membuat kita lebih bersemangat, terkadang tubuh yang sedang lelah bisa ikut-ikutan bergoyang secara tidak sadar karena mengikuti tempo suara.

Kombinasikan dengan Aktivitas yang Menyenangkan

Pernahkah kamu berpikir, bahwa berjalan kaki di dalam rumah sambil menonton film kesukaan tetap bisa memberikan dampak yang luar biasa, lo? Melansir dari Hello Sehat, sebuah studi dilakukan selama 12 minggu untuk mengetahui manfaat dari berjalan kaki. Hasilnya, menurut Journal of Nutrition (2017), aktivitas tersebut akan membuat kita kehilangan banyak berat badan, apalagi jika dibarengi dengan diet sehat.

Nah, agar olahragamu tidak terasa berat, kombinasikan saja dengan kegiatan yang membuatmu enjoy. Menonton film adalah aktivitas menyenangkan bagi sebagian orang, tetapi akan lebih menyehatkan apabila kamu selingi dengan menggerakan anggota tubuh selama tayangan berlangsung. Jika satu episode drama korea saja bisa sampai satu jam, bayangkan berapa kalori yang terbakar selama kamu berjalan kaki selama itu tanpa disadari?

Beli Outfit atau Alat Workout Baru

Saran yang terakhir ini tidak ditujukan untuk dilakukan secara terus-menerus, ya! Biasanya, ketika kita mempunyai barang baru, tentu rasanya akan makin bersemangat, bukan? Hal ini disebabkan karena pada dasarnya, manusia suka penasaran dan atau menyenangi sesuatu hal yang baru. Perasaan tersebut dapat kamu jadikan alasan agar bangkit dan semangat lagi berolahraga.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan ketika workout terasa menjemukan! Ingat, olahraga adalah investasi pada tubuh di masa depan. Kesehatan adalah aset dan tidak bisa tergantikan begitu saja. So, jagalah dengan sebaik mungkin.

Baca juga: 5 Tanda Workout Kamu Berhasil, Makin Semangat Sehat!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)