Masih Remaja Sudah Jompo? Kenali Penyebab dan Solusinya!

Masih Remaja Sudah Jompo? Kenali Penyebab dan Solusinya!

Remaja Jompo | Sumber: Pexels.com (Andrea Piacquadio)

Salam sehat, SohIB! Selama beraktivitas atau bekerja, kamu pernah tidak ngerasa sakit punggung? Atau seenggaknya selalu menyediakan minyak kayu putih, minuman sachet penghalau masuk angin, hingga koyo di meja kerja? Bisa jadi, SohIB sudah punya predikat ‘remaja jompo’. Waduh, masih muda kok, sudah tua, sih?

Kata “Jompo” biasanya ditujukan bagi orang yang lemah fisik dan renta. Dilansir dari Kompas.com, Dien Kalbu Ady, selaku dokter dan direktur rumah sakit PKU Muhammadiyah Prambanan, mengatakan bahwa istilah ‘remaja jompo’ merujuk kepada para remaja yang mudah mengalami kelelahan, pegal, sakit punggung dan pinggang, badan lemas, serta sering pusing.

Apakah SohIB sering merasakan gejala tersebut? Coba deh, simak artikel berikut yang akan mengupas penyebab ‘jompo’ di usia muda dan solusi terbebas dari masalah ini. Selamat membaca!

Penyebab Remaja Jompo

Salah satu penyebab remaja menjadi cepat lelah fisik adalah terlalu banyak pikiran atau istilah gaulnya adalah overthinking. Charles Goodstein, profesor klinis psikiatri New York University, mengatakan bahwa perasaan dan pikiran akan memicu pelepasan sistem endokrin yang mengatur pelepasan hormon dan mempengaruhi sistem kerja organ tubuh seseorang.

Dalam arti sederhananya, kesehatan mental yang buruk juga akan berdampak pada penurunan kesehatan fisik. Selain overthinking, berikut penyebab lain yang membuat fisik kalian cepat lelah.

Kualitas Tidur yang Kurang Baik

Mengantuk | Sumber: Pexels.com (Andrea Piacquadio)

Tidur mempengaruhi kesehatan fisik untuk beraktivitas di keesokan hari. Menurut studi, rata-rata orang dewasa membutuhkan tidur sebanyak 7–9 jam setiap hari. Jika SohIB suka begadang atau kurang tidur, maka akan menyebabkan kelelahan, tidak fokus, bahkan perubahan mood di hari esok. Boleh begadang asal imbangi dengan istirahat yang cukup, ya!

Kebiasaan Makan Junk Food (Makanan Cepat Saji)

Junk food | Sumber: Unsplash.com (@robinstickel)

Bila boleh menyebutkan brand fast food ternama seperti KFC, McD, Burger King, Pizza Hut, dan sebagainya, siapa sih, yang nggak mau? Siapa pun pasti ingin menyantap karena selain enak, juga efisien waktu.

Namun, SohIB perlu tahu kalau menyantap makanan cepat saji terlalu sering, bahkan dalam porsi besar dapat meningkatkan kadar gula hingga diabetes. Bisa jadi kamu tuh cuma lapar mata aja, tapi kelewat nggak bisa mengontrol diri.

Kurang Minum Air Putih

Kurang minum | Sumber: Pexels.com (Andreea Ch)

Berapa liter air putih yang SohIB minum dalam sehari? 3–4 gelas? Enggak heran nih, kamu mungkin merasa pusing dan tidak fokus karena kekurangan kandungan mineral di tubuh.

Sebenarnya, air putih merupakan minuman yang baik bagi tubuh, terutama bagi organ ginjal, karena tidak mengandung pencampuran zat apapun. That’s why, dokter sering menyarankan untuk minum air putih ketika tubuh terasa tidak nyaman dan jatuh sakit.

Kurang Gerak dan Jarang Olahraga

Malas gerak | Sumber: Unsplash.com (@a_d_s_w)

Mana suaranya, tukang rebahan? Tubuh yang terlalu nyaman di kasur perlu berhati-hati. Salah posisi berbaring aja bisa mempengaruhi sirkulasi darah hingga pergeseran sendi.

Apabila kamu cepat mengalami pegal dan kaku di bagian punggung serta pinggang, bisa jadi SohIB salah posisi tidur atau saat bekerja, jarang melakukan peregangan otot, bahkan tidak berolahraga dalam seminggu.

Wah, ternyata aktivitas sepele aja bisa menyebabkan kejompoan dini ya, guys! Kira-kira kalau sudah terlanjur, apa bisa diperbaiki? Bisa dong, pastinya! Selagi belum terlambat banget, SohIB masih bisa memperbaiki gaya hidup kurang sehat dengan beberapa healthy lifestyle untuk mengatasi pegalmu selama ini.

Atasi Pegalmu dengan Melakukan Kegiatan Ini!

Mencegah lebih baik daripada mengobati, terdengar klise tapi berdampak, terutama tentang kesehatan. Yuk, atasi pegalmu dengan melakukan aktivitas ini!

Perbaiki Jam Tidurmu

Cukup tidur | Sumber: Pexels.com (Andrea Piacquadio)

Kualitas tidur yang baik dapat menunjang asa semangat saat beraktivitas. Artinya, SohIB perlu waktu tidur yang sehat dan disiplin waktu tidur. Misalkan, mulai jadwalkan waktu tidur sekitar jam 9 malam dalam rentang 7–9 jam. Dengan demikian, SohIB dapat menyambut pagi dengan penuh semangat.

Bagi kamu pecinta minuman berkafein, bisa mengurangi porsi konsumsi minuman sejenis di malam hari. Sebab, kandungan kafein membuat rasa kantuk hilang. Kalau SohIB masih belum bisa tidur, sebaiknya bisa melakukan peregangan ringan agar lebih rileks.

Pola Makan Sehat dengan Tinggi Serat

Serat tinggi | Sumber: Pexels.com (Wendy Wei)

Ga asing dengan slogan ‘4 sehat, 5 sempurna’ kan, guys! Slogan tersebut merujuk pada makanan yang baik bagi tubuh, yaitu nasi, lauk, sayur, buah, dan susu. Karbohidrat yang terkandung dalam nasi bisa kamu temui juga pada roti, gandum, kentang, dan singkong.

Sementara lauk dengan kandungan protein, baik nabati maupun hewani, dapat SohIB peroleh dari telur, tahu, tempe, ayam, daging, ikan, dan seafood. Tak lupa dengan sayur dan buah sebagai makanan tinggi serat dan vitamin yang diperlukan bagi tubuh, serta susu sebagai pelengkap yang berguna bagi kalsium pada tulang.

Bagi kamu yang susah makan sayur maupun buah, coba deh, mempraktikkan resep olahan makanan berbahan dasar sayur dan atau buah yang banyak tersebar di reels Instagram atau TikTok sehingga kebutuhan tubuh dapat seimbang.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih | Sumber: Pexels.com (Kenex Media sa)

Apa sih, minuman favorit kalian? Boba? Sebenarnya tidak masalah, asal konsumsi air putih tetap seimbang .

Tubuh manusia setidaknya membutuhkan 1 hingga 2 liter atau setara dengan 8 gelas per harinya untuk memenuhi kebutuhan mineral bagi tubuh. SohIB bisa langsung merasakan kebaikan air putih, seperti kulit menjadi lembap, wajah menjadi segar, dan meredakan kering tenggorokan.

Agar semakin bersemangat, kamu dapat menggunakan tumbler lucu yang dijual di berbagai e-commerce untuk menampung atau menakar air putih per hari.

Berolahraga

Olahraga Jogging | Sumber: Pexels.com (cottonbro)

Weekend enaknya nonton Netflix dan pergi hangout bersama teman-teman, ya gak? Boleh aja sih, tetapi, akan lebih baik sesekali mengganti rutinitas tersebut dengan olahraga.

Biar nggak bosen, SohIB bisa mengajak orang-orang dekat untuk jogging bareng. Atau kalau kamu tidak bisa meluangkan waktu yang banyak untuk olahraga, gunakan ruangan kecil untuk melakukan gerakan stretching selama 15-30 menit guna meregangkan otot yang tegang dan memperbaiki persendian saat menopang lama di meja.

Dengan sedikit peregangan, SohIB perlahan akan terbebas dari sakit pinggang. Sebab, saraf otot yang menegang akan melentur dan menambah efek relaksasi.

Setelah di-spill penyebab dan pencegah dari kejompoan dini, mana nih, aktivitas yang mau dilakuin SohIB terlebih dahulu? Mencoba pola hidup sehat tidak dilakukan secara drastis kok guys, melainkan dengan cara memperbaiki pola sebelumnya menjadi lebih baik secara perlahan.

Dengan melakukan pola hidup sehat, berarti SohIB sudah berinvestasi pada diri sendiri di masa depan agar selalu sehat dan bugar. So, sudah siap mengucapkan selamat tinggal untuk starter pack remaja jompo?

Your body hears everything your mind says

-Naomi Judd-