Plogging, Tren Olahraga yang Ramah Lingkungan

Plogging, Tren Olahraga yang Ramah Lingkungan

Plogging, olahraga yang menyehatkan badan dan lingkungan | Sumber: Unsplash (Greg Rosenke)

SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBMiniBootcamp

Belakangan ini, gaya hidup sehat di masyarakat semakin meningkat, terutama sejak munculnya pandemi COVID-19. Kesadaran terhadap pola seperti ini turut mendorong masyarakat melakukan berbagai usaha untuk menjaga kesehatan, salah satunya yaitu rutin melakukan olahraga.

Kegiatan olahraga di luar ruang saat ini mengalami peningkatan, terutama sejak diperbolehkannya kembali melakukan aktivitas outdoor. Kegiatan tersebut membuat banyak orang merasa lebih senang karena dapat menghilangkan kebosanan dan memperoleh kebaikan vitamin D, langsung dari sinar matahari.

Jogging termasuk salah satu olahraga yang masih banyak diminati masyarakat. Meskipun berjalan cepat ini bukan merupakan hal yang baru dalam olahraga, nyatanya, yang satu ini masih banyak digemari. Sebab, gerakannya mudah untuk dilakukan, baik secara individu maupun berkelompok dan dapat dilakukan di mana saja.

Sekelompok orang yang berolahraga sambil memungut sampah
Berolahraga sambil membersihkan lingkungan | Sumber: Unsplash (Kate Trifo)

Di Swedia, olahraga jogging berkembang menjadi tren gaya hidup sehat yang dipadukan dengan aksi menjaga lingkungan. Tren ini diberi nama plogging, yakni kegiatan berlari (bisa cepat atau lambat) sambil membersihkan tempat yang dilewati dengan cara memungut sampah.

Kata 'plogging' berasal dari Bahasa Swedia, diambil dari gabungan plocka-upp, artinya mengambil sampah sambil berlari-larian. Plogging mulanya diperkenalkan oleh seorang ahli lingkungan asal Swedia bernama Erik Ahlström pada tahun 2016 yang memulai aksi tersebut di Kota Stockholm, Swedia.

Sama seperti jogging umumnya, plogging ini tidak memerlukan pakaian maupun alat khusus. Pesertanya cukup dengan membawa kantong plastik dan sarung tangan untuk pengambilan sampah yang ditemui selama berlari nanti. Dengan plogging ini, kita dapat menjaga kesehatan sekaligus menjaga kebersihan lingkungan.