Garuda Indonesia Dinobatkan Menjadi Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu, Bikin Bangga!

Garuda Indonesia Dinobatkan Menjadi Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu, Bikin Bangga!

Penampakan pesawat Garuda Indonesia di bandara | Sumber: Garuda Indonesia

Siapa bilang semua orang Indonesia suka ngaret?

Baru-baru ini, maskapai kebanggaan negeri kita, Garuda Indonesia, dinobatkan sebagai maskapai penerbangan global paling tepat waktu sepanjang tahun 2022 atau “The Most Punctual Global Airline”, lo! Perolehan tertinggi tersebut diambil berdasarkan data dari Official Guide (OAG) Flightview.

Garuda Indonesia Kalahkan Maskapai Terbaik di Dunia

Untuk mencapai posisi ini, Garuda Indonesia mendapatkan capaian tingkat ketepatan waktu hingga 95,63 persen dan tingkat pembatalan keberangkatan atau cancellation-rate sebesar 0,62 persen sepanjang tahun 2022.

Praktis, prestasi itu membuat salah satu penerbangan terbaik dalam negeri tersebut mengalahkan beberapa maskapai top lainnya. Beberapa di antaranya adalah SafAir dari Afrika Selatan (95,30 persen), Eurowings dari Jerman (95,26 persen), Thai AirAsia asal Thailand (92,33%), dan Jeju Airlines dari Korea Selatan (91,84 persen). Bahkan, All Nippon Airways milik Jepang yang menduduki posisi maskapai penerbangan terbaik nomor dua tahun 2022 di dunia ‘hanya’ unggul di ranking keenam sebagai yang paling on time tahun ini.

Btw, di tahun 2019, perusahaan berlogo warna biru tersebut juga sudah berpartisipasi dalam penilaian data punctuality league dan berhasil menyabet peringkat kedua. Tentu saja, dengan adanya peningkatan posisi ini, kita semua turut berbangga!

Baca juga: Mengenal Busok, Kucing Ras Indonesia yang Punya Indera Keenam!

Penilaian Maskapai Paling Tepat Waktu

garuda indonesia maskapai paling on time
Penerbangan Indonesia menorehkan prestasi yang membanggakan | Sumber: Indonesiabaik.id

Melansir dari Katadata, OAG menjelaskan bahwa standar ketepatan waktu atau OTP yaitu penerbangan yang berangkat atau tiba dalam kurun waktu 15 menit dari jadwal yang sudah ditetapkan. Adapun pembatalan penerbangan juga masuk dalam perhitungan OTP dan dikategorikan sebagai ‘penerbangan terlambat’.

OAG juga harus memiliki data status penerbangan minimal 80 persen yang diambil dari semua jadwal penerbangan.

Garuda Indonesia Maskapai Lokal Pertama di SkyTeam

Kalau di SMA ada geng-geng anak populer, ternyata di dunia penerbangan juga ada, nih, namanya adalah SkyTeam! Berdasarkan situs resminya, Garuda Indonesia secara resmi telah bergabung dengan aliansi SkyTeam, di mana grup ini beranggotakan berbagai maskapai besar di dunia untuk mengembangkan ruang lingkupnya di kawasan Asia Tenggara.

Itu artinya, perusahaan ini telah menyediakan lebih dari ribuan kota destinasi penerbangan secara global. Nggak hanya sekedar aksesnya aja yang lebih besar, tetapi konektivitas rute dan frekuensi penerbangannya juga makin lebar.

Keuntungan eksklusif lainnya adalah proses transit terbilang cepat, mendapatkan layanan prioritas untuk check-in, loket, hingga penanganan bagasi, dan lounge di seluruh maskapai SkyTeam untuk anggota SkyTeam Elite Plus.

Kerennya lagi, fasilitas tersebut sudah mulai ada sejak Maret 2014 lalu. Siapa yang sudah tahu?

Baca juga: SIM Indonesia Bisa Dipakai di Luar Negeri, Kamu Wajib Tahu 5 Hal Ini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)